8 Cara membuat Filter Instagram milikmu Sendiri yang bisa kamu viralkan

Para pecinta Instastory tentunya ingin banget menginspirasi yang lain dengan filter baru kan? Baiklah, bagi anda yang bingung bagaimana sih, cara membuat filter Instagram yang Good?

Nih, sebelum saya jelaskan tentang bagaimana cara membuat filter instagram anda terlebih dahulu harus mendownload dan mengisntall aplikasi yaitu Spark AR Studio.

Kenapa harus Spark AR Studio? karena aplikasi ini bisa membuat filter yang bagus dan jika passion kamu adalah editing, hasilnya akan jadi lebih baik lho!

Namun, kamu harus menggunakan aplikasi Spark AR Studio ini di Laptop atau Perangkat Komputer. Karena, dengan segala fitur hebatnya Aplikasi ini bukan untuk Smartphone.

Mendownload Aplikasi Spark AR Studio

cara membuat filter instagram

Seperti yang sudah dijelaskan tadi ya, kalau dalam membuat filter instagram terlebih dahulu kamu haus mendownload aplikasi Spark AR Studio.

Kamu bisa mendownloadnya dengan laptop atau perangkat Komputer melalui website resmi Spark AR Studio yang sudah kamu sediakan dibawah.

Download Spark AR Studio

Kamu jangan khawatir kalau aplikasi ini tidak kompatibel dengan laptop kamu, soalnya aplikasi Spark AR Studio ini dapat digunakan disistem Operasi Windows 10 dan Mac.

Jadi silahkan kamu klik tombol diatas kamu akan dibawa ke website download Spark AR Studio, kemudian ikuti cara membuat filter instagram berikut ini.

Melihat Contoh Filter Ada

Setelah kamu mendownload aplikasi Spark AR Studio, cara membuat filter instagram selanjutnya yaitu melihat contoh dari beberapa filter yang ada.

Ini harus anda lakukan sebagai wawasan filter yang sudah digunakan dalam arti anda harus mencari referensi filter yang pas terlebih dahulu.

Bagaimana caranya? kamu bisa mengklik Samples dan akan muncul beberapa contoh filter, jika kamu sudah menemukan yang pas kamu klik dan itu bisa menjadi awal filter buatanmu.

Sebagai contoh, kamu memilih filter wajah, atau gambar melayang di latar, gerak cahaya dan kamu juga bisa mengubah bentuk wajah juga.

Jadi, Pilihlah filter yang ingin kamu buat terlebih dahulu, jika sudah tinggal klik dan mulailah membuat.

Menyunting Filter

cara membuat filter instagram

Jika melihat gambar tersebut kamu bisa melakukan perubahan filter agar berbeda dari filter oada contoh awal, caranya adalah.

  1. Klik atau tab Scene lalu pilihlah fitur yang mana untuk menambahkan filter buatanmu.
  2. Setelah selesai kamu bisa melihat sementara hasil filter buatanmu dengan klik Preview

Melihat Hasil Filter di Video

Jika kamu sudah selesai menyunting filter buatanmu, kamu bisa melakukan percobaan dengan menggunakan video milikmu.

Kamu bisa mencoba melalui klik pada bagian kiri layar pada Icon Kamera, Jika kamu klik Icon kamera tesebut kamu bisa mengecek filter buatanmu melalui webcam dilaptopmu.

Atau kamu juga bisa cek filte melalui contoh yang sudah tersedia di Instagram, setelah kamu selesai membuat filter kamu bisa menyimpannya.

Mengekspor Filter Buatanmu

cara membuat filter instagram

Sudah puas membuat filtermu sendiri? cara membuat filter instagram selanjutnya yaitu mengekspor filter hasil buatanmu tadi, caranya sebagai berikut.

  1. Pilih File atau hasil filter buatanmu
  2. Klik Export untu mengekspor filter Instagram yang sudah kamu buat
  3. Klik Semua jenis Smartphone agar semua orang dapat menggunakan filter instagram yang sudah kamu buat.
  4. Kemudian Klik Export dan pilih .arexport

Mengunggah Filter di Instagram

Setelah kamu mengeksport filter buatanmu sendiri langkah membuat filter instagram selanjutnya adalah mengunggah filter buatanmu di Instagram. Berikut caranya.

  1. kamu terlebih dahulu harus login instagram di komputer atau laptop melalui browser (gunakan Google Chrome)
  2. Atau jika kamu bingung silahkan klik di tombol ini Unggah Karyamu
  3. Kemudian Klik Uplod Effect
  4. Setelah itu kamu pilih Instagram beri nama filter karyamu
  5. Klik Effect Icon untuk memilih gambar yang akan kamu pakai untuk ikon karyamu tadi.
  6. Jika sudah klik Upload kemudian Continue

Melakukan Pratinjau

cara membuat filter instagram

Jika filter buatanmu sudah terupload sempurna, cara membuat filter instagram selanjutnya adalah melakukan pratinjau atau bisa dikatan testimoni.

Jadi, kamu dapat melakukan cek melalui aplikasi instagram dengan cara klik Preview in App, kamu juga bisa membagikannya dengan cara Klik Get a Preview Link.

Membuat Demo Video

Jika kamu sudah melakukan cek atau membagikan filter buatanmu langkah selanjutnya adalah membuat demo dari filter buatanmu.

caranya yaitu kamu dapat mengunjungi kembali laman pengaturan filter Spark AR Studio di Facebook, pilih kategori filter yang sudah kamu pilih.

Kemudian gunakan link tautan yang sudah kamu dapatkan ketika pratinjau kemudian rekam demo video filtermu dengan ponsel.

Jika Kamera ponselmu memiliki kualitas yang bagus, pastinya akan menambah performa filter yang kamu buat. Jika kamu ingin tau Smartphone dengan kamera terbaik. Lihat di HP dengan Kamera terbaik di 2020

Fungsi dari merekam video ini adalah jika seseorang akan menggunakan filter buatanmu maka video ini akan muncul sebelum memulainya.

Kamu juga bisa mengatur kapan filter karya mu keluar di Instagram dengan cara Review Information ini dengan tujuan karena filter buatanmu akan dicek terlebih dahulu sebelum bisa di publikasikan.

Jika filter buatanmu sudah di terima oleh Instagram maka siapa saja dapat menggunakan filter yang kamu buat sendiri.

Itulah cara membuat filter instagram yang dapat kamu lakukan untuk membuat inovasi filter unik milikmu sendiri.

Jika filter buatanmu sudah terkenal keuntungan yang dapat kamu peroleh adalah bertambahnya followermu dan pastinya kamu juga akan terkenal. So, selamat berkreasi.

Jika anda masih bingung bisa lihat video berikut ini ya!

Contact Us