2+ Cara Membuat Google Form dengan Mudah dan Lengkap

Berbicara Cara Membuat Google Form seperti telah saya utarakan pada artikel saya sebelumnya tentang cara menggunakan Google classroom, untuk mengisi Google Classroom ini, dapat kita gunakan google form. Nah, berikut ini cara membuat google form.

Cara Membuat Google Form pada dasarnya berfungsi untuk men-generate (membuat) form isian yang dapat diguakan untuk kepentingan pendataan, survey, pengumpulan data, dan aktifitas sejenisnya.

Namun dari fungsi dasar tersebut kita bisa memanfaatkan fitur – fitur yang ada untuk membantu penilaian proses
pembelajaran yaitu untuk membuat soal online serta penilaian online.

Dengan memodifikasi fungsi dasar google form menjadi aplikasi pembuat soal dan penilaian online, maka kita bisa membuat soal online dengan berbagai jenis bentuk soal, seperti Soal pilihan ganda, Soal jawaban ringkas, Soal essay, Soal penugasan.

Maka inilah cara membuat google form yang mudah dan lengkap, cocok untuk anda praktikan cara membuat google form ini. selamat mencoba ya!

Memulai Google Form

cara membuat google form

Cara Membuat Google Form untuk membuat soal online dengan tipe soal apapun, proses memulainya adalah sama, perbedaannya adalah pada proses pembuatan soal berdasarkan jenis soal. Berikut adalah langkah-langkah memulai google form :

  1. Jalankan browser anda (direkomendasikan adalah Google chrome)
  2. Akses google drive dengan https://www.google.com/drive/, pada landing page google drive klik tombol Go To Google Drive.cara membuat google form
  3. Setelah mengklik tombol Go To Google Drive, silahkan isi username akun google anda, kemudian klik tombol Next.cara membuat google form
  4. Tahap selanjutnya silahkan isi password akun google anda, kemudian klik tombol Next.cara membuat google form
  5. Jika username dan password akun google anda benar, maka anda akan dibawa ke dashboard google drive seperti tampak pada gambar dibawah ini.cara membuat google form
  6. Untuk membuat soal baru (form sebagai soal online), klik tombol New pada sudut kanan atas dibawah logo google drive, kemudian pilih more -> Google Forms -> dan pilih blank Form.2+ Cara Membuat Google Form dengan Mudah dan Lengkap
  7. Setelah memilih blank form pada saat membuat form, maka anda sudah disiapkan tampilan form kosong untuk dikerjakan.cara membuat google form

Sampai pada langkah cara membuat google form ini anda sudah siap untuk membuat soal-soal baru dengan berbagai jenis tipe soal, seperti pilihan ganda , jawaban ringkas, essaay, pengumpulan tugas, dll.

Langkah 1 (satu) sampai dengan 7 (tujuh) merupakan langkah awal yang harus anda lakukan setiap akan membuat soal ulangan online, tahap selanjutnya akan berbeda tergantung dari jenis soal yang dibuat.

Baca juga : 2 Cara Install Android Studio dan Spesifikasi Laptop yang diperlukan

Pengaturan Soal Online

Secara standar, form yang dibuat tidak dalam mode soal tetapi hanya berupa form biasa, perbedaan form biasa dan form untuk soal adalah terletak adanya kunci jawaban jika form yang dibuat diubah mode nya menjadi soal.

Berikut adalah pengaturan google form yang akan kita ubah fungsinya menjadi soal online, perhatikan kembali soal yang telah kita buat sebelumnya sebagai berikut.

2+ Cara Membuat Google Form dengan Mudah dan Lengkap

Cara merubah judul soal di Google Form

Untuk cara merubah judul soal pada bagian Untiteld Form merupakan nama default form, untuk  merubahnya klik judul Untitled form kemudian ketik nama soal online sesuai dengan mata pelajaran kompetensi dasar yang akan diujikan.

cara menggunakan google form

Baca juga : 2 cara auto like di Instagram online yang direkomendasikan secara gratis

Pengaturan Formulir pada Umumnya

sepengetahuan saya cara untuk melakukan pengaturan umum klik icon gerigi (gear) .  Kemudian tampil popup Settings, dan pilih tab General. Seperti gambar dibawah ini.

2+ Cara Membuat Google Form dengan Mudah dan Lengkap

Dengan beberapa fungsinya sebagai berikut.

Collect email address; Cek pilihan ini untuk mengaktifkan soal  agar peserta ujian diwajibkan mengisi email, hal ini wajib dilakukan untuk mengidentifikasi peserta didik yang telah ulangan dan untuk mengirimkan hasil penilaian online.

Requires sign in; Cek pilihan ini agar peserta yang akan mengerjakan soal diharuskan login dulu dengan akun google, jika menginginkan satu peserta didik hanya boleh mengerjakan satu kali celist  pilihan Limit to 1 response.

Edit after submit; Jika pilihan ini di cek maka peserta tes diizinkan  untuk memperbaiki jawaban yang telah dikerjakan, sebaiknya pilihan ini  tidak di pilih.

See summary charts and text responses : Jika pilihan ini dipilih  maka setelah semua soal dikerjakan maka peserta didik yang mengerjakan  soal online akan dapat melihat hasil pekerjaan dan umpan balik dari hasil test.

Saran dari saya sebaiknya bagian ini tidak dipilih untuk menghindari kecurangan yang dilakukan oleh peserta ulangan pada saat pengerjaan soal.

Baca juga : 4 Cara memperbanyak view story Instagram Organik tanpa Aplikasi Cobain Yuk!

Cara merubah Mode pada Google Form

Cara merubah mode ini berfungsi untuk mengatur mode form klik pada icon untuk menampilkan jendela pengaturan.

Kemudian klik tab Quizzes, kemudian geser slider pada pilihan make this a quiz sehingga menjadi aktif.

Kemudian klik Save. Jika anda masih bingung lihat gambar dibawah ini.

cara menggunakan google form

Cara mengatur setting penayang soal pada google form

Berikut ini adalah Cara Membuat Google Form dengan mengatur settingan pada penayangan soal , masing menggunakan kotak dialog setting, perhatikan gambar berikut :

2+ Cara Membuat Google Form dengan Mudah dan Lengkap

Untuk selanjutnya silahkan sesuaikan instruksi dibawah ini:

  1. Silahkan klik tab presentation
  2. Ceklist Show progress bar untuk menampilkan progress bar di soal
  3. Ceklist shuffle question order, jika menginginkan soal diacak urutan penampilannya kepada setiap peserta didik.
  4. Check show link to submit another respon, jika ingin menampilkan hyperlink menuju ke soal yang lain.
  5. Isi confirm message dengan pesan yang ingin ditampilan dilayar peserta didik ketika selesai mengerjakan soal.

Itulah langkah-langkah pengaturan umum untuk memulai google form yang akan dijadikan soal online, langkah tersebut harus selalu anda lakukan setiap anda akan membuat soal baru.

Nah, untuk cara membuat google form sampai sini dulu ya. jika anda masih bingung dengan suatu hal tentang google form ini bisa bertanya di contact us.

Atau bisa juga anda tinggalkan pertanyaan di kolom komentar ya, jangan sungkan – sungkan untuk bertanya.

mungkin beberapa artikel tentang menggunakan zoom atau video conference juga anda butuhkan bisa langsung anda klik di Cara mudah menggunakan Video conference cisco webex meetings.

Tinggalkan komentar

Contact Us