buka ilmu

6 Cara memperbaiki pesan suara di WA yang paling mudah

Hallo Sobat Ilmu, kali ini Buka Ilmu akan membahas mengenai beberapa masalah yang sering terjadi pada aplikasi media sosial yang paling banyak digunakan di dunia, yakni WhatsApp, dan kali ini Buka Ilmu akan berbagi informasi mengenai Cara memperbaiki pesan suara di WA.

Beberapa kali mungkin pernah sobat Ilmu alami maslah yang terjadi pada aplikasi whatsApp sobat, seperti menutup sendiri, error, lemot dan masih banyak lagi, dan buat sobat yang sering mengalami masalah pada peasn suara di WhatsApp, berikut ini adalah 6 Cara memperbaiki pesan suara di WA yang bisa langsung sobat coba.

Merestart Smartphone

Cara memperbaiki pesan suara di WA

Apabila Voice Note Sobat Ilmu maka Cara memperbaiki pesan suara di WA yang pertama adalah dengan melakukan restart smartphone Sobat. Cara ini sangat efektif dan mudah dilakukan, kenapa kok harus direstart? Karena untuk menghapus cache-cache yang ada di smartphone adalah dengan merestart.

Setelah melakukan restart tadi silahkan sobat buka dan dengarkan apakah pesan suara pada WhatsApp Sobat sudah berfungsi normal atau belum. Jika belum berarti ada masalah lain yang harus sobat cari tahu.

Baca juga : 6 Cara mendapatkan uang melalui wattpad yang harus dicoba!

Cek Setting Izin Aplikasi WhatsApp

Cara memperbaiki pesan suara di WA

Selain melakukan restart, kadang yang menjadi masalah bukan karena banyaknya cache, tapi settingan pada aplikasi WhatsApp yang bermasalah atau bisa dikata kurang lengkap karena belum diaktifkan atau diberikan izin aplikasi, Nah, untuk cara mengaktifkannya adalah sebagai berikut.

  1. Masuk menu settings -> Apps & Notification
  2. Cari dan Pilih Aplikasi WhatsApp
  3. Pilih menu lainya -> Pilih Permissions
  4. Pastikan Microphone sudah mendapatkan izin, Jika belum silahkan di centang
  5. Silahkan Pesan suaranya di Coba

Baca juga : 5 Cara memperbaiki Keyboard HP Error yang paling Mudah

Bersihkan Cache

Cara memperbaiki pesan suara di WA

Mungkin buat sobat yang setelah melakukan restart smartphone dan sudah juga cek settingan izin aplikasi whatsApp dan masih saja tidak bisa. Mungkin Cara memperbaiki pesan suara di WA dengan melakukan pembersihan cache bisa dicoba, caranya sebagai berikut.

  1. Masuk ke Pengaturan -> Pilih Apps & Notification
  2. Pilih WhatsApp -> Pilih Storage & Cache
  3. Tap Clear Cache
  4. Restart smartphone sobat

Baca juga : 8 Cara dapat uang dari nonton tiktok yang harus kamu coba!

Cek Kapasitas Memori Smartphone

Cara memperbaiki pesan suara di WA

Cara memperbaiki pesan suara di WA selanjutnya adalah dengan cara melihat atau cek kapasitas memori smartphone. Hal ini ditandai biasanya dengan muncul peringatan atau notifikasi “ Sorry, Cannot Load This Audio Right Now”. Ini terjadi akibat memori smartphone kamu udah penuh sehingga pesan suara tidak bisa diputar.

Nah, yang harus sobat lakukan adalah dengan menghapus pada beberapa berkas yang ada di memori telepon sobat, jika sudah silahkan buka pesan suaranya dan coba dengarkan. Buka Ilmu saranin untuk rutin menhapus data-data yang tidak penting di WhatsApp.

Baca juga : 8 Cara memperbaiki Keyboard Laptop Error Paling Simpel

Cek Update WhatsApp di Playstore

Cara memperbaiki pesan suara di WA

Cara memperbaiki pesan suara di WA yang satu ini memang jarang disadari oleh pengguna WhatsApp. Masalah yang paling sering jika sobat jarang mengupdate whatsApp adalah sering terjadinya BUG atau Error. Dan BUG atau Error yang paling sering adalah pesan suara tidak berfungsi.

Nah, solusi yang dapat sobat ilmu lakukan adalah dengan cara membuka aplikasi Playstore dan pada Search pilih WhatsApp atau juga dapat dilihat di lihat pada menu playstore pilih Aplikasi saya dan pilih whatsApp. WhatsApp yang harus di perbarui akan ada Tombol yang berbunyi “Update” silahkan sobat Klik dan tunggu hingga selesai.

Baca juga : 9 Aplikasi editan foto selebgram yang wajib kamu coba di Instagram

Uninstall dan Install lagi WhatsApp

Cara memperbaiki pesan suara di WA

Cara memperbaiki pesan suara di WA terakhir apabila cara-cara diatas masih tidak bisa adalah dengan cara menginstall kembali whatsApp sobat. Hal ini harus dilakukan agar dapat membenahi error system yang mungkin terjadi karena kurangnya update atau support system yang kurang.

Namun, perlu diingan sebelum melakukan uninstall pastikan semua chat dan semua kontak sudah di cadangkan, dan yang paling penting adalah nomor telepon yang terdaftar di WhatsApp adalah nomor telepon yang masih aktif atau masih bisa menerima pesan untuk kode verfikasi. Jika misal nomor telepon sobat sudah di blokir maka alangkah lebih baiknya di ganti dulu dengan yang aktif.

Demikianlah 6 Cara memperbaiki pesan suara di WA yang dapat sobat ilmu lakukan semoga berhasil, dan apabila sobat ilmu mengalami masalah-masalah terkait penggunaan media bisa langsung bertanya pada DM Instagram atau langsung di kolom komentar yang ada. Jangan Lupa untuk share artikel ini agar bisa bermanfaat. Selamat mencoba..

Bantu share post ini ya :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest

Artikel Terbaru

Contact Us