3+ Cara Mengatur Margin di Microsoft Word dengan Mudah

Berbicara tentang Cara Mengatur Margin yang sebelumnya kita sudah membahas beberapa cara dalam menata halaman di microsoft word. Nah, pada kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mengatur margin yang mudah?

Memulai Halaman Baru di Microsoft Word

Cara mengatur margin

Saat anda memulai aplikasi microsoft word , secara otomatis dokumen baru yang masih kosong yang diberi nama Document 1 akan ditampilkan dan siap anda gunakan.

Dokumen baru yang masih kosong tersebut titik sisip (insertion point) akan muncul disudut kiri atas dari daerah pengetikan teks.

Setiap teks yang anda ketik akan muncul di posisi titik sisip. Jika teks yang sedang anda ketik mencapai akhir dari baris maka teks tersebut akan dilipat dan titik sisip secara otomatis akan pindah ke awal baris berikutnya (word wrap).

Anda dapat menggunakan tombol enter untuk memindahkan titik sisip ke baris berikutnya, jika anda memulai pengetikan di baris baru sebelum mencapai batas kanan, membuat baris kosong atau memulai paragraf baru.

Dalam pengetikan teks mengatur format dokumen atau halaman seperti mengubah ukuran kertas, orientasi pencetakan, mengatur ukuran margin dan spasi, jenis huruf atau paragraf adalah beberapa hal yang mendukung dalam pengetikan teks.

Berikut ini akan dijelaskan tentang beberapa langkah mudah tentang cara mengatur margin pada microsoft word dengan mudah dan tepat.

Cara Mengatur Margin di Microsoft Word

cara mengatur dokumen

Pada Cara Mengatur Margin, Margin merupakan jarak antara tepi daerah pengetikan teks dengan tepi halaman kertas. Pengaturan margin akan berlaku untuk seluruh dokumen.

Kecuali anda telah memilih teks tertentu atau membagi dokumen ke dalam beberapa bagian. Untuk mengatur margin ikuti langkah berikut:

Page Layout –> Margins –> Pilih Margin yang sudah disediakan atau atur margin manual dengan memilih Custom Margins –> OK

Ketika anda memilih untuk Custom Margins maka anda harus menentukan dan melengkapi kotak isian yang tersedia :

  • Top, berfungsi untuk menentukan batas margin atas.
  • Bottom, berfungsi untuk menentukan batas margin bawah.
  • Left, berfungsi untuk menentukan batas margin kiri pengetikan.
  • Right, berfungsi untuk menentukan batas margin kanan pengetikan.
  • Gutter, berfungsi akan memberi jarak tambahan pada bagian dalam (marginn kiri untuk halaman ganjil dan margin kanan untuk halaman genap). Jarak ini biasa dipakai untuk daerah penjilidan jika anda memilih kotak cek Mirror Margins.
  • Gutter Position : terdapat beberapa ribbon seperti Left untuk meletakkan gutter di sebelah kiri atau Top untuk meletakkan gutter di bagian atas.
  • Hasil pengaturan dapat dilihat langsung di kolom preview.

Cara mengatur kertas di Microsoft Word

Cara membuat halaman di microsoft word

Untuk mengubah ukuran kertas dan orientasi pencetakan dapat dilakukan langkah berikut:

Pilih tab Page Layout —> Size –>Pilih ukuran kertas yang sudah disediakan atau aturukuran kertas manual dengan memilih More Paper Sizes —>OK

Ketika memilih More Paper Sizes maka anda harus menentukan ukuran Width untuk lebar kertas dan Height untuk menentukan tinggi kertas sesuai dengan keinginan anda.

Pada tab daftar pilihan Apply To, pilih dan klik bagian dokumen yang akan memakai ukuran kertas dan orientasi yang baru.

  • Whole Document, bila pengaturan ingin berlaku untuk seluruh halaman.
  • This Point Forward, dengan pemilihan ini Word 2007 akan menyisipkan tanda pemisah Continues pada posisi titik sisip dan pengaturan yang anda pilih akan berlaku mulai dari bagian ini.

Untuk mengubah orientasi maka langkah yang harus dilakukan adalah:

Pilih tab Page Layout –> Orientation –> Pilih Portrait Portrait untuk pencetakan dengan posisi tegak atau Landscape untuk pencetakan dengan posisi tertidur –> OK

Nah, demikianlah cara mengatur margin dengan mudah, jika anda mengalami kesulitan anda bisa baca beberapa artikel yang mungkin bisa membantu anda.

Namun, jika misalkan anda memiliki masalah yang lain anda bisa langsung bertanya pada Contact us atau anda juga bisa untuk meninggakan pertanyaan di kolom komentar.

Buat anda selamat belajar cara mengatur margin di microsoft word semoga cepat bisa, dan selalu untuk mau mengingkatkan pengetahuan tentang belajar. terimakasih

Contact Us