2+ Cara menggunakan Google Drive melalui Fitur Pendidikan

Ketika anda ingin meningkatkan skill teknologi pada bidang pendidikan, anda butuh tempat yang nantinya bisa digunakan. Nah, berikut ini adalah cara menggunakan google drive.

Salah satu penyedia layanan cloud computing adalah Google. Google dengan layanan Google Drive memfasilitasi penggunanya untuk berkolaborasi, membuat, menyimpan dan membagi dokumen dengan pengguna lainnya.

Untuk layanan simpan, Google Drive memberikan layanan penyimpanan dengan kapasitas cukup besar, yaitu 5 GB dan bisa ditambah dengan berbayar.

Adanya layanan manajemen dokumen online oleh Google memberikan kemanfaatan yang besar untuk dunia pendidikan. Nah, inilah cara menggunakan Google Drive.

Sebelum itu lebih lengkapnya kita mengenal tentang google drive ini. yuk cek it up.

Fitur Utama Google Drive

cara menggunakan google drive

Secara umum Google Drive mempunyai beberapa fitur canggih sebagai berikut:

Kapasitas penyimpanan gratis sebesar 5 GB

Google Drive memberikan kapasitas penyimpanan secara cuma-cuma kepada penggunanya sebesar 5 GB. Pengguna bebas untuk menyimpan dokumennya, baik yang berbentuk gambar, video, atau file-file lainnya.

Jika penguna menginginkan penambahan kapasitas simpanan, pengguna dapat meng-upgrade kapasitas penyimpanan Google Drive ke ukuran tertentu dengan harga yang tidak mahal.

Fasilitas untuk membuat dokumen

Google Drive memungkinkan penggunanya untuk membuat dokumen dengan pengolah kata, pengolah angka, media presentasi, formulir dan dokumen-dokumen lainnya.

Berbagi (sharing) dokumen

Dokumen yang sudah dibuat di Google Drive dapat di-share, sehingga memungkinkan banyak orang dapat menggunakan secara bersamaan, bekerja pada dokumen yang sama meski tidak berada pada satu tempat,. Pengguna bebas memilih kepada siapa saja dokumen tersebut akan di-share.

Terintegrasi dengan layanan Google lainnya

Para pengguna yang biasa menggunakan layanan lainnya dari Google akan merasakan kemudahan dengan menggunakan Google Drive.

Bagi pengguna layanan email Gmail, pengguna tidak akan lagi menghadapi masalah dengan pembatasan kapasitas attachment.

Jika file yang dilampirkan melebihi batasan kapasitas attachment, pengguna cukup mengirimkan link tempat menyimpan file di dalam email yang akan dikirim.

Begitu juga apabila pengguna menginginkan foto/gambarnya terpasang di lingkaran Google+, pengguna tidak perlu bersusah payah mengunggah foto-fotonya di Google+.

tetapi cukup menyimpan di Google Drive dan secara otomatis foto akan tepasang di Google+.

Fasilitas Pencarian

Google Drive memberikan layanan pencarian yang lebih baik dan lebih cepat dengan kata kunci tertentu. Google Drive juga dapat mengenali gambar atau teks dari dokumen hasil scan.

Kemampuan menampilkan berbagai tipe file

Google Drive dapat membuka lebih dari 30 tipe file berbeda dengan browser, termasuk file video, file image, dan lain-lain tanpa mensyaratkan pengguna untuk menginstal software yang sesuai dengan tipe atau ekstensi file tersebut.

Kemampuan menjalankan aplikasi

Google Drive juga mempunyai kemampuan untuk membuat, menjalankan dan membagi file aplikasi favorit yang dimiliki oleh pengguna.

Fitur Google Drive untuk Pendidikan

Berbagai fitur yang dimiliki Google Drive membuat layanan yang satu ini mempunyai peluang potensi yang sangat besar untuk dunia pendidikan, diantaranya adalah sebagai berikut.

Support untuk proses belajar mengajar

Para pendidik dapat melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas melalui Google Drive dengan cara-cara diantaranya seperti berikut:

  1. Siswa diberikan bahan tayang (atau semacam video), kemudian siswa diminta untuk mempelajari secara mandiri dan siswa diminta untuk memberikan tanggapan berupa pertanyaan atau pernyataan.
  2. Guru memberikan topik pelajaran dan siswa diminta untuk memberikan respon baik pertanyaan maupun pernyataan yang sesuai, sehingga terjadi diskusi yang interaktif. Sesama siswa dapat saling memberikan pendapatnya. Dari respon siswa yang masuk guru dapat memberikan penilaian terhadap keaktifan siswa maupun kualitas pendapat siswa. (Baca : cara membuat google form)

Merekam aktivitas siswa

Google Drive dapat digunakan untuk merekam aktivitas siswa di kelas, diantaranya adalah merekam kehadiran, nilai, dan aktivitas siswa.

Guru dapat memanfaatkan spreadsheet untuk merekam kehadiran dan nilai peserta. Untuk melacak aktivitas
siswa, guru dapat memberikan tugas, sehingga dari tugas tersebut dapat terlihat bagaimana kreativitas, keaktifan/peran serta, dan pendapat siswa.

Evaluasi Belajar

Google Drive dapat digunakan untuk melakukan evaluasi pendidikan, diantaranya evaluasi belajar. Guru dapat melakukan evaluasi dengan cara membuat kuis online dan kemudian memberikan penilaian secara otomatis.

Kerja kelompok (Team Work)

Google Drive sangat mendukung untuk kerja tim. Guru dapat memberikan tugas yang dikerjakan secara tim. setiap siswa yang tergabung dalam tim tersebut, bisa mengakses dan mengedit pada dokumen yang sama secara bersamaan.

Dengan demikian siswa terlatih untuk bekerja dalam tim. dalam hal ini kita bisa menggunakan fitur Google Classroom, bagaimana caranya? Yuk, kunjungi cara menggunakan Google classroom.

Merangsang kreativitas siswa

Melalui Google Drive guru terlatih untuk memberikan pendapatnya. Hal ini dapat merangsang kreativitas siswa, di mana siswa dapat bebas mengutarakan ide dan gagasannya.

Selain itu siswa juga belajar dari ide orang lain dan belajar memahami pendapat orang lain.

cara menggunakan google drive

Layanan pengolah kata/Dokumen (Google Doc)

Google Drive memfasilitasi penggunanya untuk membuat berbagai dokumen, baik dokumen berupa naskah
umum ataupun naskah yang ditujukan untuk kebutuhan-kebutuhan khusus, misalnya untuk pembelajaran matematika. Pengolah kata Google Drive juga bisa digunakan untuk menuliskan rumus atau simbol matematika, fisika, dll.

Layanan Presentasi (Google Slide)

Layanan Presentasi memberikan fasilitas pengguna untuk membuat file-file presentasi untuk pendidikan ataupun pembelajaran di kelas.

Layanan Pengolah angka (Google Spreadsheet)

Spreadsheet yang dimiliki Google Drive secara fungsi hampir sama dengan pada aplikasi perkantoran lainnya. Spreadsheet pada Google Drive juga bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran, diantaranya untuk evaluasi belajar, survey pendidikan, model-model pembelajaran.

Layanan Penangkap Gambar (Google Picture)

Layanan gambar memberikan kesempatan pengguna Google Drive untukmembuat objek yang bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran. Misalnya membuat objek matematika berupa bidang datar, bangun ruang, dll.

Layanan Formulir (Google Form)

Layanan Formulir memungkinkan seseorang untuk membuat formulir-formulir untuk kepentingan pendidikan. dari google form ini anda bisa membuatnya menjadi sebuah Quis pendidikan yang seru.

Jika anda minat membuat Quiz dari Google form ini coba lihat cara membuat Google Form untuk Quiz.

Demikianlah cara menggunakan google drive yang dapat anda ketahui dari beberapa fungsi tool dan fiturnya.

Terlebih anda adalah seorang pendidik yang sedang mengajar di kelas jauh, anda akan sangat terbantu dengan cara menggunakan Google drive ini.

Selamat belajar cara menggunakan google drive dari berbagai macam fitur-fiturnya, jika masih bingung bisa langsung hubungi contact Us atau tinggalkan di kolom komentar ya!.

Tinggalkan komentar

Contact Us