4 Cara Back Up Data HP tanpa Root sebelum melakukan Reset Factory

Solusi terbaik yang dapat dilakukan ketika ingin berganti atau ingin membersihkan smartphone, langkah terbaik yang harus dilakukan adalah melakukan back up dahulu. Nah, bagaimanakah cara back up data hp yang baik?

Back Up adalah suatu proses menyimpan hal-hal yang telah dilakukan berupa dokumen-dokumen ataupun gambar bahkan berbentuk file.

Jadi, disini akan dibahas cara back up data hp baik berupa dokumen, gambar maupun file dari penyimpanan internal ke penyimpanan eksternal.

Penyimpanan eksternal disini terdapat beberapa macam yaitu Google back Up (platform cloud milik Google), Local Back Up, Back Up ke komputer (PC) dan menggunakan Aplikasi Back Up. berikut cara back Up data HP.

Cara Back Up data Hp menggunakan Google Back Up

cara back up data hp

Seperti pada umunya, Google back Up sendiri adalah aplikasi yang pasti ada disemua platform android, yang akan melakukan penyimpanan pada beberapa history pemakaian.

Seperti back up otomatis password Wifi, Penggunaan data Aplikasi yang login dengan Gmail dan pengaturan dibeberapa Aplikasi. Baca : 14 Fitur Google Terbaru dan Gratis

Penggunaan Back Up nya cukup simpel karena secara otomatis akan tersimpan oleh Google ini dan kamu dapat melihatnya dengan buka menu pengaturan kemudian Klik Backup & Reset.

Didalam menu Backup & Reset tersebut anda akan menemukan berbagai history penggunaan berbagai hal mulai dari password-password, Data Aplikasi, Situs yang pernah dikunjungi, bahkan history penggunaan Aplikasi.

Hal ini kenapa terjadi? karena. ketika anda akan menggunakan beberapa aplikasi penting android, anda terlebih dahulu harus Login menggunakan Gmail.

Dari sinilah Google akan melakukan back Up data HP yang anda gunakan, dan akan lebih baik jika anda melakukan sinkronisasi setiap bulannya.

Baca juga : Cara reset factory HP VIVO yang Mudah dan Aman bagi System

Cara Back Up data HP menggunakan Local Back Up

cara back up data hp

Cara backup data pada smartphone selanjutnya yaitu menggunakan local Back Up, yakni salah satu fitur smartphone android yang akan melakukan back up otomatis pada perangkat secara berkala.

Dikatakan Lokal Back Up karena fitur ini memang bawaan asli dari smartphone android milik kamu, dan berikut ini cara mengaktifkan Lokal Back Up pada Smartphone milikmu.

  1. Pertama-tama silahkan buka menu Settings pada smartphone android milikmu
  2. Dibeberapa smartphone terdapat menu system.(Jika ada silahkan masuk menu system dan jika tidak lanjut ke cara yang ke 3)
  3. Klik Backup & Reset
  4. Klik Local Backup
  5. Tunggu beberapa menit untuk melakukan pencadangan dokumen, file yang akan dibackup.

Di beberapa smartphone fitur local back up tidak bekerja untuk platform aplikasi, sehingga anda harus menyiapkannya dengan cara yang tiga berikut ini.

Baca juga : Cara mudah menghidupkan Bluetooth di Laptop dan Komputer

Menggunakan Aplikasi Easy Backup & Restore

cara back up data hp

Aplikasi Backup & Restore adalah platform yang dibuat untuk melakukan pencadangan file atau data pada HP andaroid secara cepat dan aman.

Caranya sangat mudah kamu bisa melakukan download Aplikasi Backup & Restore di Playstore dan ikuti saja alurnya untuk melakukan back up.

Aplikasi satu ini sangat mudah digunakan kok! karena, memiliki navigasi yang mudah. sehingga anda tidak akan kesulitan dalam menggunakannya.

Data anda akan disimpan dan jika sewaktu-waktu anda membutuhkannya kembali anda tinggal melakukan restore, cukup simpel dan sederhana bukan?

Namun, perlu dicatat bahwa aplikasi Easy Backup & Restore ini hanya bekerja untuk backup kontak, kalender, data aplikasi, dan Riwayat panggila.

Sedangkan untuk file, dokumen dan foto pada Aplikasi ini tidak akan terbackup. Sehingga anda bisa melakukan cara back up data hp dengan cara selanjutnya.

Download Aplikasi Backup & Restore

 

Cara Backup Data Android Ke PC

4 Cara Back Up Data HP tanpa Root sebelum melakukan Reset Factory

Jika beberapa cara diatas masih memiliki kekurangan, atau ada suatu hal yang anda kesulitan melakukannya. maka cara terakhir adalah memindahkannya ke komputer (PC)

dengan memindahkan ke komputer keuntungan yang akan anda dapat adalah penyimpanan yang besar. sehingga jika data atau file kamu sangat banyak lebih baik gunakan cara ini.

untuk langkah-langkahnya sangat mudah, kamu tinggal hubungkan android atau smartphone milikmu dengan menggunakan USB.

nanti akan muncul penyimpanan internal dan eksternal yang ada pada smartphone kamu. lalu carilah data atau File yang akan dibackup kemudian pindahkan ke Local Disk pada komputer kamu. mudahkan?

Baca juga : Cara memperbaiki mesin jahit yang rusak atau bermasalah

Itulah 4 cara back up data hp yang dapat kamu lakukan untuk mengamankan semua data milikmu dari kehilangan data akibat hal-hal yang tidak diinginkan.

Penulis sarankan agar anda melakukan backup data secara berkala, sebisa mungkin sinkronkan setiap seminggu sekali atau sebulan sekali agar data anda aman dan terkendali. Selamat mencoba!

Contact Us