4 Cara Cek Imei Samsung Online melalui Situs Resmi Kemenperin RI

Banyak para pengguna SAMSUNG mempertanyakan tentang cara cek imei samsung online, nah, pada kesempatan kali ini buka ilmu akan membahas tentang beberapa cara cek IMEI SAMSUNG.

Sebelumnya tahukah anda apa itu IMEI? Jadi, IMEI adalah kepanjangan dari International Mobile Equipment Identity yang berisikan kode-kode berupa angka berjumlah 14 sampai 16 digit.

Memang pada dasarnya untuk kode IMEI pada setiap smartphone berbeda. Meskipun memiliki merek yang sama. Mengapa? Karena digit angka tersebut akan terdaftar sebagai identitas smartphone tersebut.

Sehingga dengan membuktikan apakah smartphone anda tergolong illegal atau tidak, dapat dilihat atau dicek menggunakan IMEI Ini.

Lalu bagaimanakah cara cek IMEI pada smartphone SAMSUNG? Jadi, untuk cara cek IMEI SAMSUNG ini ada 3 cara, yakni melalui kode Dial Keypad, Menu pengaturan atau Setting dan Melalui website resmi kemenperin. Berikut penjelasannya.

Cek Kode IMEI dengan Dial Pad Samsung

cara cek imei samsung online

Cara cek IMEI yang pertama ini adalah cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah smartphone samsung anda itu palsu atau original. berikut langkah-langkahnya.

  1. Terlebih dahulu buka menu keypad atau biasa disebut dengan Dial Pad (Langkah ketika anda mau cek pulsa)
  2. Setelah itu ketikkan *#06#
  3. Selanjutnya klik Call (panggil)
  4. Tunggu loadingnya, dan anda akan ditampilkan kode IMEI pada layar smartphone samsung milik anda.
  5. Jika anda menggunakan smartphone dual sim anda akan menemukan IMEI untuk SIM 1 dan SIM 2.

Baca juga : 6 Cara Cek IMEI Iphone Resmi secara Langsung dan Online

Cek Kode IMEI melalui menu Settings HP Samsung

cara cek imei samsung online

Cara cek IMEI smartphone selanjutnya adalah dengan menggunakan menu pengaturan pada HP milik anda. Ini adalah cara termudah, karena ini adalah fitur wajib smartphone anda. berikut caranya.

  1. Buka menu pada smartphone SAMSUNG milik anda, dan buka menu pengaturan atau Settings
  2. Setelah itu scroll kebawah cari about phone atau tentang telepone
  3. Disitu akan tertera beberapa spesifikasi dan informasi tentang smartphone anda termasuk kode IMEI SAMSUNG

Cek Kode IMEI melalui Dosbook SAMSUNG

Apabila anda adalah tipe orang yang males ruwet, anda bisa melakukan pengecekan IMEI SAMSUNG pada DusBook samsung.

Biasanya ada keterangan pada label berwarna putih tentang spesifikasi dan keterangan tentang smartphone samsung anda.

Dan disitu juga tertera kode digit IMEI dari SAMSUNG milik anda, biasanya terdapat barcode juga. Kalau anda ingin mengetahuinya tinggal scan barodenya.

Perlu diingat jika anda melakukan pembelian smartphone bekas, usahakan smartphone yang masih ada dusbooknya. Mengapa? dengan begitu anda bisa melakukan pengecekan keaslian smartphone samsung anda.

Baca juga : 3 Cara Back Up Data HP tanpa Root yang Aman

Cara Cek IMEI Samsung Online melalui Situs Resmi Kemenperin RI

cara cek imei hp

Untuk melakukan pengecekan IMEI melalui situs resmi kemenperin (Kementrian Perindustrian RI) anda terlebih dahulu  harus mengetahui digit angka dari IMEI SAMSUNG anda.

Bagaimana cara mendapatkan angka digitnya? anda bisa lakukan dengan cara yang sudah dibahas diatas. Setelah itu ikuti langkah berikut ini.

  1. Buka website Resmi Kemenperin RI http://kemenperin.go.id/imei
  2. Masukan digit angka yang sudah anda dapatkan dengan cara diatas
  3. setelah anda masukan tekan enter atau klik cari
  4. Apabila berhasil maka akan muncul informasi mengenaik Smartphone SAMSUNG yang anda gunakan, mulai dari perusahaan, Tipe model, Merek dan juga Nomor IMEI
  5. Apabila tidak keluar apapun atau invalid, maka sangat disayangkan bahwa smartphone anda adalah smartphone illegal yang diperoleh dari Black Market.

Lalu bagaimana ketika saya melakukan pengecekan, tapi kok hasilnya malah website dari kemenperin error? apa yang harus saya lakukan?

Tenang, jika website kemenperin Error anda bisa melakukan pengecekan melalui website Cek IMEI SAMSUNG Online di https://www.imei.info.

Lakukan dengan cara yang sama diatas dan tampilan indikatorpun juga sama dengan tampilan keaslian IMEI milik kemenperin RI.

Itulah cara cek IMEI SAMSUNG Online yang wjib anda lakukan para pengguna smartphone samsung agar kalian dapat mengetahui apakah smartphone SAMSUNG kalian Asli atau malah Illegal. Selamat mencoba.

Oh iya, apabila anda pecinta SAMSUNG anda bisa melihat beberapa Smartphone SAMSUNG terbaru dengan Spesifikasi Istimewa. Lihat : Rekomendasi HP samsung terbaru dengan harga Fanstastis

Apabila anda masih bingung dengan beberapa cara diatas anda dapat melihat tutorialnya brikut ini.

Contact Us