Cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis

4 Cara memperbaiki baterai HP yang cepat habis paling mudah

Memiliki smartphone yang baterainya cepat habis memang tidak mengenakkan. Apakah itu karena baterai yang rusak atau karena yang lain. Nah, kali ini Buka Ilmu akan berbagi bagaimana cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis.

Smartphone keluaran terbaru mayoritas sudah menggunakan baterai tanam, atau baterai yang ketika sudah ngedrop atau error perbaikannya sangat mahal. Nah, buat sobat yang mengalami masalah baterai smartphone yang boros. Berikut ini cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis.

Meminimalisir waktu Aktif Layar HP

Cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis

cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis pertama adalah dengan Meminimalisisr waktu Aktif Layar HP. Hal ini karena layar HP merupakan salah satu komponen smartphone yang mengonsumsi sangat banyak daya.

Hal ini dapat dibukikan ketika sobat melihat statistik penggunaan daya pada smartphone yang sobat miliki, nomor satu penggunaan daya terbesar yaitu layar (screen smartphone). Walaupun sobat tidak menggunakannya untuk suatu hal, dengan menyala saja tetap smartphone akan membutuhkan daya.

Oleh karena itu, alangkah lebih baik menghindari menyalakan HP apabila tidak ada kebutuhan. Tidak perlu sering mengecek media sosial atau menonton video dalam jangka waktu yang panjang. Sebaiknya gunakan HP seperlunya saja, terutama jika sobat sedang berada di perjalanan dan tidak ada power bank untuk re-charge smartphone sobat. Juga jangan lupa untuk mengatur nyala layar secara otomatis, maksimal 15 detik agar lebih hemat daya.

Baca juga : 4 Cara mengatasi keyboard hp error paling mudah

Kurangi Refresh Rate yang Tinggi

Cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis

cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis kedua yaitu dengan mengurangi Refresh rate yang tinggi. Hal ini karena refresh rate akan menunjukkan seberapa banyak ponsel memperbarui tampilan layar per 1 detiknya. Ponsel lama biasanya memiliki standar refresh rate 30-60 Hz.

Standart refresh Rate pada umumnya adalah 30-60 Hz. Namun, terkadang pada penggunaan smartphone sobat untuk bermain game ratenya sangat tinggi sekitar 90-144 Hz. Ini juga akan menyebabkan baterai cepat habis. Sehingga alangkah lebih baiknya jika sobat menurunkan refresh ratenya menjadi standart 60 Hz.

Baca juga : 50 kode tersembunyi HP samsung yang wajib kamu tahu

Menonaktifkan Bluetooth, Wifi, dan GPS yang tidak digunakan

Cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis

cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis selanjutnya yaitu dengan menonaktifkan layanan pelacak lokasi yang menggunakan daya besar. Tiga aplikasi ini sering menjadi penyebab baterai HP cepat habis padahal tidak digunakan.

Jika sobat check bluetooth yang aktif tapi tidak terpakai akan menghabiskan daya hingga 1,8% kapasitas baterai dalam satu hari. Jika Bluetooth digunakan, penggunaan daya bisa mencapai 6,6% kapasitas baterai dalam satu hari.

Sedangkan, Wifi mengonsumsi daya sebesar 16% kapasitas baterai dalam satu hari. Lebih besar dari penggunaan bluetooth. Nah, yang paling boros di antara ketiga layanan berbasis lokasi ini adalah GPS. GPS aktif akan dapat menghabiskan 13% daya baterai. Tetapi juga dapat membengkak hingga 38% daya baterai jika sobat berada daerah dengan sinyal lemah.

Alangkah lebih baiknya jika sobat matikan tiga layanan berbasis lokasi ini jika tidak digunakan terlalu penting. Juga yang paling penting adalah jangan menggunakan sinyal data dengan wifi dalam waktu yang bersamaan.

Baca juga :  4 Cara meningkatkan kualitas foto secara offline dan Online paling mudah

Nonaktifkan Aplikasi yang Aktif di Latar Belakang

Cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis

cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis yang terakhir adalah dengan menonaktifkan Aplikasi yang Aktif di Latar Belakang. Hal ini karena aplikasi yang aktif di latar belakang menjadi salah satu penyebab baterai HP cepat habis.

Salah satu aplikasi yang paling banyak mendapat keluhan pengguna smartphone adalah Google App. Dimana aplikasi yang seharusnya memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna smartphone justru menghabiskan daya paling besar.

Sobat bisa cek aplikasi apa saja yang sangat banyak menghabiskan daya yaitu di menu Setting> Battery> Battery usage. Jika sudah ketemu aplikasi mana saja yang menghabiskan banyak daya, silahkan nonaktifkan atau uninstall jika aplikasi tersebut tidak terlalu penting.

Solusi terbaiknya adalah sobat jangan kebiasaan memencet tombol “Home” untuk berganti aplikasi satu ke aplikasi yang lain. Kerna hal Ini dapat menyebabkan smartphone sobat panas dan baterai cepat habis. Lebih baik sobat pencet tombol keluar atau Kembali untuk menutup aplikasi yang barusan digunakan.

Demikianlah 4 cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis untuk sobat lakukan agar baterai sobat menjadi awet dan tidak boros baik saat digunakan maupun tidak digunakan. Selamat mencoba, jangan lupa untuk menshare artikel ini agar manfaatnya makin bertambah.

Bantu share post ini ya :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest

Artikel Terbaru

Contact Us