8 Cara Memperbaiki Kartu Sd Rusak yang Mudah dan Aman

Cara Memperbaiki Kartu Sd Rusak akan sangat penting bagi kamu yang sedang mengalami kerusakan parah pada kartu memori eksternal kamu.

Karena salah satu komponen yang terdapat pada smartphone adalah kartu SD, beberapa permasalahan adalah rusak dan tidak terbaca, berikut ini adalah cara memperbaiki kartu SD rusak.

Pengertian kartu SD

Kartu Secure Digital (SD) adalah sebuah format kartu memori flash. Kartu Secure Digital (Kartu SD) digunakan dalam alat portabel, seperti PDA, kamera digital dan telepon genggam.

Kartu SD dikembangkan oleh SanDisk, Toshiba, dan Panasonic berdasarkan Kartu Multi Media (MMC) yang sudah lebih dulu ada.

Baca juga : Cara Setting konfigurasi Internet Download Manager yang Aman dan tepat

Selain memiliki sistem pengaman yang lebih bagus daripada MMC, SD Card juga bisa dengan mudah dibedakan dari MMC karena memiliki ukuran yang lebih tebal dibanding kartu MMC standar.

Penyebab Kerusakan pada Kartu SD

Sebelum kamu melakukan Cara Memperbaiki Kartu Sd Rusak kamu harus tahu beberapa penyebab kerusakan pada kartu sd berikut ini yang sering terjadi, kerusakannya baik berupa faktor Internal ( dari Kartu sd itu sendiri) dan faktor eksternal atau faktor luar.

Kerusakan fisik

Mungkin hal ini jarang terjadi tapi namanya benda elektronik bila terjatuh atau terbentur, tercebur air, terkena panas dalam waktu lama.

Apalagi terkena medan magnet atau listrik statis maka ada kemungkinan akan bermasalah atau bahkan rusak.

File Corrupt

Jangan sekali – kali mencabut SD card tanpa dieject, unmount atau safely remove setelah digunakan. Apalagi saat terjadi aktivitas penulisan atau akses lain ke dalam kartu memori.

Besar kemungkinan akan terjadi kerusakan data dan file yang tersimpan didalamnya menjadi file Corrupt atau file korup yang tidak bisa diakses bahkan tidak bisa dipakai lagi.

Hardware yang terbatas

Kapasitas setiap hardware memiliki masa pakai masing – masinh, dan memori berbasis flash seperti USB Flashdisk dan SD card diperkirakan dari jumlah kegiatan baca dan tulis data.

Jadi pada dasarnya semakin sering anda gunakan terutama untuk menambahkan data baru kedalamnya maka akan semakin cepat aus memorinya, dan ini mempercepat usianya.

Pada umumnya bisa melakukan read and write puluhan ribu kali, dan untuk penggunaan standar bisa dalam beberapa tahun baru benar – benar mati.

Kesalahan Koneksi USB ke Kartu SD

Ini jarang terjadi sebenarnya, tapi saya pernah menemukan adanya card reader yang voltasenya terlalu tinggi hingga menyebabkan kelebihan tegangan listrik ke sd card yang terpasang.

Jelas tidak bisa dipakai lagi setelah. Kabel USB (atau mungkin port USB komputer) pun sama, ini malah korbannya adalah harddisk eksternal. Saya melihat sendiri kejadiannya di depan mata.

Baca juga : Cara menghidupkan HP samsung yang mati total dengan Mudah dan Aman

Ciri – ciri jika SD card anda sudah rusak atau Aus adalah tidak dikenali lagi oleh perangkat tempatnya terpasang dan tidak bisa diformat namun juga tidak terbaca.

Namun, terkadang juga sama dengan beberapa jenis SSD kalau mati yaitu cuma bisa dibaca tapi tidak dimasukkan data baru seperti terkena virus.

Cara Memperbaiki Kartu SD

Cara memperbaiki kartu sd rusak

Jika anda mengalami beberapa indikasi kerusakan seperti diatas, maka anda bisa melakukan beberapa Cara Memperbaiki Kartu Sd Rusak dibawah ini, yang mungkin bisa membantu anda untuk mengatasinya.

Membersihkan Kartu SD

Cara Memperbaiki Kartu Sd Rusak termudah mengatasi kartu memori error, tidak terbaca dan minta diformat yakni dengan membersihkan kartu memori tersebut, caranya :

  • Cabut kartu Sd dari handphone anda, pastikan handphone sudah dimatikan sebelumnya untuk mencegah terjadinya kerusakan lain.
  • Bersihkan lempengan tembaga yang berwarna kuning keemasan dengan penghapus pensil, atau barang lembut lainnya hingga bersih.
  • Bersihkan dengan searah agar kotoran tidak kembali lagi ke lempengan tersebut.
  • Jika anda merasa bahwa kartu sd sudah bersih, masukkan kembali ke slot memori handphone dan nyalakan handphone anda.
  • Kemudian silahkan cek apakah kartu memori sudah terdeteksi apa belum.

Memformat Kartu SD

Cara memperbaiki kartu sd rusak

Jika setelah dibersihkan ternyata masih error, coba format kartu memori anda. Maka kamu harus tahu Cara Memperbaiki Kartu Sd Rusak yang satu ini :

  • Masuk ke menu Setting > Storage, gulir kebawah, nanti akan ada pilihan Erase SD Card.
  • Klik pilihan tersebut dan tunggu proses selesai, jika selesai coba akses kembali kartu memori tersebut.
  • Jika penyimpanan sudah kosong berarti kartu memori sudah berhasil di format.

Memformat Kartu SD melalui Komputer

Cara Memperbaiki Kartu Sd Rusak dibawah ini dilakukan khusus untuk memory card tidak terbaca di android jika 2 cara diatas tidak berhasil. Cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca di android yakni :

  • Tancapkan kartu memori ke pc/komputer/laptop anda.
  • Buat folder di hardisk komputer dan beri nama yang mudah anda ingat, folder ini digunakan untuk menyimpan semua isi/back up kartu memori yang sudah ditancapkan tadi/yang tidak terbaca di android.
  • Copy atau pindahkan semua isi kartu memori ke folder baru yang dibuat tadi tanpa terkecuali.
  • Jika sudah kemudian format kartu memori.
  • Setelah andaformat, memori akan kembali fresh dan penyimpanan terlihat kosong.
  • Kembalikan lagi file yang ada di folder buatan anda di hardisk yang berisi file tadi ke kartu memori.
  • Eject dan cabut kartu memori dari komputer kemudian masukkan ke slot kartu sd handphone dan nyalakan.
  • Cek kartu memori sudah terbaca atau belum.

Menggunakan Aplikasi Drive Boot Utility

Cara memperbaiki kartu sd rusak

software HP Drive Boot Utility ,kemampuan dalam menangani flashdisk bermasalah lebih baik dari dua software Cara Memperbaiki Kartu Sd Rusak berikut :

  • Download software tersebut, cari di google ya.
  • Instal softwarenya.
  • Masukkan kartu memori milik anda yang error tadi, lalu buka softwarenya.
  • Pilih drive micro sd kemudian pilih pilihan Create New Or Replace Existing Configuration.
  • Eject dan cabut kartu memori apakah sudah terdeteksi atau belum

Cek menggunakan HP lain

Untuk memeriksa kerusakan kartu sd anda bisa mencoba mengecek menggunakan hp lain. Untuk mengetahui kerusakan ini memang sedikit membantu memperbaiki kartu memori.

Dengan menggunakan Cara Memperbaiki Kartu Sd Rusak ini anda bisa mengetahui dibagian mana kartu Sd anda yang rusak antara kartu memori atau slot memori pada hp kamu.

Baca juga : Cara Menggunakan Internet Gratis tanpa Kuota yang Aman dan Mudah

Cara Memperbaiki Kartu Sd Rusak yaitu cukup masukkan kartu Sd memori anda ke hp lain yang terdapat slot memorinya, apakah di hp tersebut kartu Sd terbaca (error) atau tidak.

Apabila kartu memori terbaca di hp lain, kemungkinan slot memori hp kamu yang rusak.
Sedangkan, kalau kartu memori tidak terdeteksi di hp lain, mungkin saja memori kamu yang rusak.

Format menngunakan CMD

Cara memperbaiki kartu sd rusak

CMD adalah singkatan dari command promt yang berfungsi untuk mengakses program lewat line/ baris kode.

Kalau hanya melakukan format data SD Card, menggunakan CMD pun bisa dilakukan dengan mudah. Berikut cara format SD card dengan CMD :

  • Buka program CMD.
  • Masukkan kode : FORMAT c:/FS:FAT
  • NB : c disini ialah letak SD Card kamu, misalnya kalau SD Card kamu terletak di drive A, maka ganti tulisan c menjadi A.
  • Klik enter

Membeli Kartu SD yang baru

Cara Memperbaiki Kartu Sd Rusak yang terakhir untuk memperbaiki kartu Sd rusak yaitu dengan cara membeli kartu sd yang baru ini langkah terakhir ketika kerusakan yang dialami sudah parah.

Keuntungan dari Cara Memperbaiki Kartu Sd Rusak ini adalah anda bisa membeli dengan kapasitas yang lebih besar, juga kartu Sd yanh baru lebih aman dari kerusakan jadi anda bisa menjaga dari kerusakan.

Cara memperbaiki kartu SD yang tidak terbaca

  • Pasangkan kartu memori anda pada Card Reader.
  • Hubungkan ke perangkat PC/Laptop.
  • Cari Drive Memori tersebut di komputer/PC kemudian Klik Kanan dan pilih “Properties”.
  • Selanjutnya klik “Tools” dan kemudian klik “Check Now”.
  • Ceklis bagian “Scan for and attempt recovery of bad sectors” dan “Automatically sistem for error”.
  • Jika sudah tinggal klik “Start” dan tunggu sampai proses selesai.
  • Lepas kartu memori dari card reader dan pasangkan kembali di HP kamu.

Demikianlah cara memperbaiki kartu sd rusak yang biasa terjadi pada penggunga Hp atau smartphone, bagi anda yang mengalaminya gunakan langkah – langkah diatas dengan benar ya.

Ketika anda melakukan Cara Memperbaiki Kartu Sd Rusak diatas dengan benar mungkin kartu sd anda berhasil di perbaiki, namun jika tidak anda bisa beli lagi yang baru, info ini silahkan anda share ya agar bermanfaat. Terimakasih.

Bagi anda yang ingin lebih jelas bagaimana Cara Memperbaiki Kartu Sd Rusak bisa liat video dibawah ini.

Tinggalkan komentar

Contact Us