Buka Ilmu

5 Cara Memperbaiki Keyboard Hp Error yang paling mudah

Hallo Sobat Ilmu, pada kali ini Buka Ilmu akan berbagi informasi mengenai Cara Memperbaiki Keyboard Hp, karena banyak request-request yang dikirim lewat instagram maupun fanspage Buka Ilmu di Facebook.

Mungkin akhir-akhir ini banyak dari sobat ilmu yang mengalami masalah keyboard HP ya, mungkin informasi dari Buka Ilmu berikut ini dapat menjadi solusi untuk sobat ilmu yang mengalami masalah keyboard HP.

Cara Memperbaiki Keyboard Hp berikut ini lebih ke pengguna Android ya, tapi mungkin Ios juga bisa kok, berikut caranya.

Restart HP

Cara memperbaiki pesan suara di WA

Cara Memperbaiki Keyboard Hp yang pertama kali bisa sobat ilmu lakukan adalah dengan merestart HP sobat. Cara ini bisa dibilang sebagai langkah pertama setiap permasalahan yang terjadi di Android dan HP yang lain.

Karena, dengan me-reboot smartphone sobat, akan dapat menghapus cache-cache yang bisa membuat smartphone sobat panas dan lemot, maka dengan melakukan restart atau reboot ini akan membuat kondisi android sobat fresh lagi.

Baca juga : 7 Trik keren dalam whatsApp yang harus kamu coba

Update Aplikasi Keyboard

Cara Memperbaiki Keyboard Hp

Selain melakukan restart terkadang sudah normal tapi gak lama, kadang keyboard kembali bermasalah, maka Cara Memperbaiki Keyboard Hp selanjutnya yaitu dengan mengupdate aplikasi keyboard sobat, karena tidak diupdatenya keyboard juga membuat keyboard jadi lemot. Untuk cara updatenya sebagai berikut.

  1. Buka Google Play atau iOS milik sobat
  2. Pilih Ikon garis Tiga (menu) pada Pojok kana atas
  3. Kemudian pilih Aplikasi & Game
  4. Selanjutnya Cari dan Pilih Aplikasi Keyboard yang sedang sobat gunakan (biasanya ada versi orinya, khusus pengguna samsung versi orinya ada di Galaxy Store)
  5. Pilih Update dan Tunggu hingga selesai

Baca juga : 6 Cara Memperbaiki Pesan Suara di WA yang paling Mudah

Hapus Cache dan Data Aplikasi Keyboard

Cara Memperbaiki Keyboard Hp

 

Setelah melakukan update tapi keyboard masih belum normal, maka Cara Memperbaiki Keyboard Hp selnjutnya adalah dengan menghapus data keyboard dan cache-cache yang membuat keyboard lemot bahkan tidak berfungsi dengan baik. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Buka Pengaturan atau settings pada smartphone sobat
  2. Kemudian Pilih Pengaturan Aplikasi
  3. Lalu cari dan pilih Aplikasi Keyboard yang sobat pakai
  4. Selanjutnya Pilih Hapus Data -> Konfirmasi penghapusan semua data (secara otomatis cache akan terhapus)
  5. Selesai

Maksud menghapus semua data pada keyboard bukan menghapus keyboardnya, melainkan menghapus teks-teks yang telah disimpan aplikasi keyboard secara otomatis, apakah ini aman? Tentu, karena tidak akan berpengaruh pada data-data sobat.

Baca juga : 2 Cara Install Youtube Vanced Premium versi Gratis Lengkap

Hard Reset Android

Cara Memperbaiki Keyboard Hp

Cara Memperbaiki Keyboard Hp yang satu ini tergolong cara yang harusnya dihindari karena ada beberapa resiko yang terjadi seperti semua data sobat akan terhapus habis, dll. Jadi, silahkan sobat lakukan apabila memang benar-benar terpaksa melakukan cara ini.

Hard reset atau biasa disebut dengan reset data pabrik adalah cara yang paling ampuh selain mereboot atau restart smartphone sobat. Nah, apabila sobat tidak yakin menggunakan cara yang satu ini. Lebih baik jangan. Untuk cara reset data pabrik sebagai berikut.

  1. Buka Pengaturan Android Sobat
  2. Simpelnya langsung saja sobat ilmu ketikkan di kolom search pengaturan “Reset data Pabrik” atau “Hapus data Pabrik”
  3. Silahkan klik, dan tunggu Smartphone sobat akan reboot dan jika sudah selesai maka Smartphone sobat akan seperti baru lagi.

Baca juga : 4 Cara cek HP Samsung Normal yang wajib kamu tahu

Gunakan Aplikasi Keyboard Pihak ke-3

Cara Memperbaiki Keyboard Hp

Selain melakukan reset data pabrik, dan jika sobat ilmu ragu untuk melakukannya. Sobat dapat melakukan cara yang satu ini, yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ke-3. Alias sobat menggunakan aplikasi keyboard dari Playstore untuk android dan iOs untuk Iphone.

Ada beberapa rekomendasi aplikasi keyboard yang sudah Buka Ilmu pilih khususus buat sobat, tapi mohon maaf belum bisa mereview aplikasinya cuma Buka Ilmu tunjukkin saja yah, (review aplikasi keyboardnya di artikel selnajutnya saja ya!)

  1. Go Keyboard
  2. Gboard
  3. Google Keyboard

Sementara 3 dulu ya rekomendasinya heheh, untuk keunggulan yang lain nunggu ada kesempatan bakal Buka Ilmu rangkum untuk sobat.

Demikian Cara Memperbaiki Keyboard Hp yang bisa Buka Ilmu paparkan untuk sobat, untuk selanjutnya jangan lupa support dan share artikel informasi ini agar nilai manfaatnya bisa lebih besar baik untuk sobat ilmu maupun sobat-sobat yang lain. Sampai Jumpa dan selamat mencoba!

Bantu share post ini ya :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest

Artikel Terbaru

Contact Us