7 Cara Menghidupkan HP Samsung tanpa Tombol Power

Cara Menghidupkan HP Samsung tanpa Tombol Power berikut ini semoga dapat menjawab beberapa keluhan pengguna smartphone sangat banyak mulai dari kerusakan pada screen hingga tombol power.

Smartphone merk samsung memang lebih dikenal selain desainnya yang sederhana dan mewah mesinnya juga lumayan kuat, namun beberapa kasus banyak kerusakan pada tombol powernya.

Baca juga : Cara Mudah Memperbaiki Remot TV yang Rusak dengan Aman

Berikut ini beberapa penyebab terjadinya kerusakan pada tombol power smartphone samsung yang seringkali terjadi pada pengguna samrtphone samsung di indonesia.

Penyebab kerusakan tombol power

Cara menghidupkan hp samsung

Kerusakan pada tombol power smartphone samsung memang sering terjadi, namun hal ini bukan karena mesinnya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi sebagai berikut.

Korsleting Arus Listrik

Yang menjadi salah satu tanda jika terjadi Short pada tombol power adalah HP smartphone akan hidup sendiri dan mati sendiri tanpa perintah dari jari kita.

Untuk mengatasinya kalian harus cari tahu dulu apa yang membuat short pada jalur powernya. lalu gantikan part tersebut dengan yang masih berfungsi normal atau yang baru.

Kabel Power Terputus

Beberapa kasus costumer samsung adalah kerusakan karena jalur tombol power tidak terhubung atau terputus itu bisa dikarenakan banyak hal.

  1. Smartphone terkena cairan seperti Air atau minyak sehingga menimbulkan kerak atau karat yang mengakibatkan jalur tidak bisa terhungung dengan sempurna.
  2. Switch tombol power yang sudah aus sehingga tembaga didalam switch sudah tidak lagi menyalurkan listrik saat ditekan.
  3. Terjadi karena ada jalur tombol power yang terbakar sehingga jalur listrik menuju power terputus.

Kerusakan pada IC Power

IC Power adalah salah satu komponen yang bertugas untuk mengatur sumber Power dari smartphone. Sedangkan tombol power adalah tangan dari IC Power ini.

Jika tombol power ditekan maka akan memberikan signal kepada IC Power untuk menghidupkan jalur kelistrikannya menuju ke screen dan sistem smartphone.

Karena komponen ini fital maka jika mengalami kerusakan pada IC power maka smartphone kalian tidak akan menyala karena tidak ada yang mengatur power kelistrikan dari smartphone.

Untuk mengatasi ini maka jalan satu satunya adalah dengan cara mengganti IC Power ini, tapi harganya lumayan ya, bisa ratusan ribu untuk satu IC Power aja. Ngeri ga tuh?

Cara Menghidupkan HP tanpa Tombol Power

Cara menghidupkan hp samsung tanpa tombol power

Apabila hal diatas terjadi pada kamu maka jangan sedih dulu, kamu bisa lakukan langkah dibawah ini agar HP anda tetap bisa digunakan, sambil nabung buat benahin ya.

Menggunakan Volume Unlock Button

Aplikasi ini berfungsi untuk merubah tombol volume kalian menjadi tombol power tanpa menghapus fungsi aslinya artinya tombol volume memiliki 2 fungsi, sebagai power dan volume.

Baca juga : Cara Mudah Memperbaiki Kartu Sd yang rusak dengan Aman

Namun cara ini tidak berfungsi jika HP kalian dalam keadaan mati seperti habis baterai. Karena ketika HP mati kehabisan daya, aplikasinya tidak akan bisa berfungsi.

Tombol volume yang sudah ditambahkan fungsinya menjadi penghidup daya HP hanya bisa berfungsi jika HP dalam keadaan hidup dan kalian hanya ingin menghidupkan layarnya.

Untuk penggunaan aplikasi ini kalian bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Kalian download dulu aplikasi Volume Unlock Power Button di Playstoe
  2. Kemudian kalian buka aplikasinya lalu centang opsi ‘Aktifkan / Nonaktifkan Screen Wake’.
  3. Kemudian kalian klik opsi ‘Gunakan Tombol Volume Untuk Mengunci’, jika muncul pesan meminta aktifkan Administrator kalian aktifkan saja.
  4. Nah sampai disini tombol volume kalian memiliki fungsi untuk menghidupkan layar HP.

Menggunakan Tombol Home

Cara ini hanya bisa kalian lakukan pada HP yang memiliki tombol home yang timbul, seperti HP samsung dan HP jadul lainnya. Cara ini dilakukan agar kita tidak sering menggunakan tombol power.

Menggunakan Charger HP

Cara ini juga bisa kalian lakukan untuk menghidupkan layar HP kalian. Setahu admin disemua jenis HP ketika HP dicolokan ke pengisi daya maka layar HP tersebut akan menyala.

Cara ini juga bisa kalian lakukan dengan menggunakan pengisi daya, atau power bank. Atau perangkat yang memiliki fungsi untuk mengisi daya HP.

Removable Baterai dengan Cepat

Cara menghidupkan hp samsung tanpa menggunakan tombol power

Cara ini bisa kalian lakukan jika HP kalian masih menggunakan batre removable atau HP yang baterainya bisa dilepas. Dan cara ini bisa kalian lakukan jika HP kalian mati karena kehabisan daya.

Menggunakan Tusuk Gigi atau Jarum

Kebanyakan masalah pada tombol power yang tak berfungsi tidak karena rusak. Melainkan dikarenakan tombol kecil yang ada didalam ponsel hilang.

Bila hal ini terjadi, maka kamu bisa memakai benda lain untuk menekannya. Misalnya dengan menggunakan tusuk gigi maupun jarum yang digunakan untuk menekan benjolan di tombol power tersebut.

Cara ini akan sangat efektif dan berhasil jika tombol power pada ponsel kamu tidak rusak. Rusak dalam arti ada sedikit trobel pada jalur sistem menuju tombol powernya.

Menggunakan USB ke PC

Namun kamu juga bisa mencobanya siapa tahu berhasil. Caranya ialah dengan menghubungkan ponsel pada PC menggunakan kabel USB terlebih dahulu.

Bila daya baterai pada ponsel kamu nol, biarkan dulu sampai baterai terisi sedikit. Setelah bateraikamu terisi, dan bisa dihidupkan, maka ponsel akan nyala dengan sendirinya.

Menggunakan FastBoot Mode / Bootloader

Apabila beberapa cara diatas tidak berfungsi,dan masih tetap tidak bisa maka kamu bisa menggunakan langkah selanjutnya dengan booting perangkat dengan ADB tools.

  1. Langkah pertama, ialah install terlebih dahulu aplikasi ADB melalui computer kamu.
  2. Setelah kamu usai menginstal ADB & alat Fastboot, hubungkan langsung ponsel pada Bootloader.
  3. Kemudian tekanlah tombol volume bagian atas ataupun bawah kemudian sambungkan ponsel ke PC

Demikianlah cara menghidupkan HP samsung tanpa tombol power yang dapat kamu lakukan untuk sedikit membantu kamu menggunakan smartphonemu.

Baca juga : Cara mudah Setting Konfigurasi Internet Download Manager (IDM)

Dan jika cara menghidupkan HP samsung tanpa tombol power diatas masih belum bisa membuat smartphonemu menyala.

Maka ada 2 pilihan yang dapat kamu lakukan, kamu bisa mengganti IC power dengan harga yang lumayan mahal. Atau kamu harus beli handphone baru yang lebih normal.

Jangan lupa share informasi ini kepada media sosial kamu ya, selamat mencoba dan semoga HP kamu tidak mengalami masalah yang cukup serius. Terimakasih

Jika anda masih belum jelas mengenai tutorial diatas anda bisa melihat video dibawah ini.

Tinggalkan komentar

Contact Us