3 Cara Update Android Samsung ke versi OS terbaru

Tutorial cara update android samsung berikut akan sangat berguna bagi kamu yang saat ini menggunakan gadget produk samsung.

Melakukan updating pada OS (Operating System) smartphone merupakan suatu keharusan. Terlebih pada HP samsung milik kamu.

Memang sedikit ada kesamaan untuk cara update android samsung dengan smartphone android yang lain. dan untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Update Android Samsung menggunakan OTA di HP

Cara Update Android Samsung

Sebelumnya yang perlu kamu ketahui OTA atau Over The Air biasanya berbentuk notifikasi ketika smartphone samsungmu mengharuskan updating.

Sehingga, cara update android samsung yang paling muadah yaitu kamu tinggal mengklik notifikasi tersebut dan akan ditampilkan pemberitahuan updatenya.

Dan misalkan kamu tidak sengaja menghapus notifikasi OTA tersebut kamu bisa elihatnya kembali dengan cara dibawah ini.

  1. Langkah pertama silahkan klik Settings
  2. Kemudian klik Software Updates atau System Updates jika tidak ada bisa dilihat di About Phone.
  3. Selanjutnya Klik Check for Updates
  4. Klik lagi Check for Updates
  5. Pilih Update untuk download dan menginstal versi Android terbaru.
  6. Tunggu prosesnya hingga selesai dan smartphone samsung miliku mengupdate OS android yang terbaru
  7. Apabila berhasil dan selesai Smartphone samsungmu akan melakukan rebooting secara otomatis.

Untuk cara ini adalah gambaran secara umum di smartphone samsung. Apabila terdapat perbedaan tentang letak-letak pengaturannya kamu tinggal menyesuaikan.

Baca juga : 3 Cara keluar dari grup whatsapp tanpa ketahuan peserta yang lain

Cara Update Android Samsung Menggunakan Software di PC atau Laptop

Cara Update Android Samsung

Selain mengupdate melalui OTA, anda bisa melakukan upsdate OS android menggunakan laptop atau PC yang sudah disediakan software resmi dari brand gadget yang kamu gunakan.

Apabila saat ini kamu menggunakan samsung, bisa langsung kamu instal software samsung Kies di Komputer. berikut ini cara update android samsung melalui Kies PC.

Download dan Instal Samsung Kies

Pertama-tama kamu harus mendownload samsung kies di Komputer atau PC, tunggu hingga proses selesai lalu ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Download Samsung Kies

Koneksikan HP Kamu ke PC yang sudah terinstall Kies Samsung

Apabila Samsung Kies selesai diinstal, buka samsung kies tersebut. Kemudian, hubungkan Smartphone kamu ke komputer hingga Terkoneksi dengan Samsung Kies tersebut.

Cek dan Mulailah Update ke Android 10

Apabila smartphone kamu sudah terkoneksi dengan Samsung Kies di Komputer, terlebih dahulu kamu back up semua data yang terdapat di memori SD (sd card).

Setelah itu, cek notifikasi firmware information, apabila terdapat notif available klik firmware update, dan ikuti langkah-langkahnya.

Hingga smartphonemu melakukan proses upgrade Operating System android selesai. Tanda jika upgrading selesai adalah smartphone mu melakukan rebooting otomatis.

Baca juga : 3 Cara menonaktifkan komentar IG agar terhindar dari netizen jahat

Cara Update Android Samsung melalui Rooting ROM

Cara Update Android Samsung

Cara update android samsung yang terakhir ini bisa dibilang cara yang sulit, karena cara ini bisanya dilakukan oleh orang yang benar-benar mengerti tentang smartphone samsung.

Apabila kamu masih mau coba-coba penulis sarakan untuk tidak menggunakan cara yang satu ini. Mengapa? karena resiko yang ditimbulkan adalah Hp samsung kamu akan error atau malah tambah parah.

Tapi bagi kamu yang sudah berpengalaman dengan cara ini kamu akan mendapat beberapa keuntungan yaitu kamu dapat mengakses super administrator ke sitem HP samsung milikmu.

Namun, jika kamu sudah siap menanggung resiko yang sudah penulis sebutkan tadi silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Download kemudian Install aplikasi root dikomputer
  2. Koneksikan gadget samsungmu melalui USB ke komputer tersebut
  3. Mulailah melakukan rooting sesuai prosedur
  4. Rebooting smartphone kamu agar dapat mengakses android versi terbaru

Demikianlah cara update android samsung yang dapat kamu lakukan untuk mengupgrade Operating System (OS) android milikmu.

Selamat mencoba, saran aing, gunakan cara yang sangat mudah untuk kamu lakukan. Jangan sekali-kali mencoba yang belum pernah kamu lakukan karena resikonya sangat tinggi. Jadi, berhati-hati bila mencoba ya!

Jika apabila anda bingung bagaimana cara melakukan update samsung ke versi yang paling baru, anda bisa melihat tutorial videonya diibawah ini.

Contact Us