3 Cara instal ulang hp paling mudah

Halo Sobat Ilmu, buat sobat yang sedang mengalami masalah pada smartphone atau HP seperti sring ngelag, sering ngeframe, atau mungkin lemot dan suka ngeblank. Kali ini Buka Ilmu akan membahas mengenai Cara instal ulang hp.

Tentunya Cara instal ulang hp yang akan Buka Ilmu bahas kali ini adalah handphone secara umum tidak terikat merek dan tutorial khusus untuk melakukan install ulang. Nah, Jadi dengan beberapa Cara instal ulang hp berikut ini dapat sobat lakukan di semua handphone ya!

Cara Reset Ulang Ulang HP

Cara instal ulang hp

Cara instal ulang hp yang pertama adalah dengan melakukan reset ulang atau factory reset  dimana dengan cari ini handphone atau smartphone sobat akan seperti baru lagi. Alias kosongan seperti awal sobat beli HP baru. Hal ini karena dengan cara ini akan mengembalikan system pada pengaturan awal atau pengaturan pabrik (Default System).

Sudah pasti ketika sobat sudah melakukan Cara instal ulang hp yang satu ini HP sobat akan memiliki kinerja yang cepat. Tapi perlu diingat sebelum melakukan reset ulang atau factory reset ini silahkan selamatkan dahulu data-data penting sobat. Jika sudah lakukan caranya di bawah ini.

  1. Buka Pengaturan atau Settings pada handphone sobat.
  2. Scroll dan pilih menu Cadangkan dan reset (biasanya ada tulisan Reset data pabrik)
  3. Pilih Reset data pabrik.
  4. Pilih yes dan tunggu sampai prosesnya selesai

Akan lebih aman jika sebelum sobat melakukan reset ulang handphone (factory reset) pindah data yang ada di memori telepon ke kartu SD. Agar aman.

Baca juga : Cara install android studio yang paling mudah khusus untuk Pemula

Cara Flash Ulang HP

Cara instal ulang hp

Cara instal ulang hp dengan melakukan flash ulang adalah cara yang sedikit berbahaya jika dilakukan oleh pemula. Biasanya cara ini dilakukan oleh orang yang sudah belajar terlebih dahulu. Dengan melakukan flash ulang ini bukan hanya akan membersihkan handphone sobat.

Tapi juga akan mengupgrade Operating System android sobat ke versi terbaru, sehingga sangat disarankan untuk melakukan Flash Ulang sobat membayar pihak ketiga yang memang bisa melakukan flash ulang.

Tapi misalkan sobat ingin melakukan percobaan atau eksperimen, berikut adalah cara-caranya, sekali lagi ini hanya untuk pengetahuan buat sobat saja ya!

  1. Cari Firmware berdasarkan spesifikasi HP yang akan sobat flash (mencari firmware bisa dilakukan secara online dan Simpan di Kartu Memori)
  2. Selanjutnya silahkan akses Recovery Mode dengan menekan tahan Tombol Power dan Volume bawah secara bersama-sama.
  3. Lakukan Wipe Data, Wipe Dalvik dan Wipe Partition dengan mengklik Apply for Update from SD Card
  4. Cari firmware yang sudah sobat download secara online dan tersimpan di SD Card tadi. Pilih dan tunggu prosesnya sampai selesai
  5. Pilih reboot Now, tunggu sampai Hand Phone Sobat selesai melakukan booting.
  6. selesai

Baca juga : Cara Scan Barcode di HP Paling mudah untuk pemula

Cara Instal Custom ROM di HP

Cara instal ulang hp

Cara instal ulang hp dengan menggunakan Intal Custom ROM bisa memungkinkan untuk perombakan system android sobat, yang mana di smartphone keluaan terbaru biasanya sudah tersedia secara default. Nah, pastinya dengan melakukan install Custom ROM ini akan meningkatkan performa dan kinerja Handphone sobat.

Lalu bagaimana cara install Custom ROM HP Yang benar? Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Silahkan install dulu TWRP Andorid
  2. Silahkan unduh secara online Custom ROM dan Simpan Custom ROM tadi di Penyimpanan insternal HP Sobat
  3. Silahkan ke Mode TWRP dan Pilih Install
  4. Buka Custom ROM yang sudah sobat download tadi
  5. Konfirmasi untuk ke instalasi tunggu sampai selesai
  6. Agar aman saat proses istalasi, silahkan sobat pilih Wipe pada TWRP (hal ini bertujuan untuk cleaning secara menyeluruh untuk meminimalisir instalasi gagal)
  7. Jika proses instalasi Custom ROM selesai silahkan lakukan booting HP sobat dengan Pilih Reboot di TWRP
  8. Silahkan tunggu hingga proses booting selesai.

Baca juga : Cara Back Up data HP paling mudah dengan dan tanpa root

Demikianlah  3 Cara instal ulang hp yang dapat sobat lakukan sendiri di rumah, pastinya akan terdapat berbagai permasalahan yang terjadi seperti error atau instalasi gagal. Hal ini biasanya terjadi karena banyak faktor. Oleh karena itu, Buka Ilmu sarankan gunakan Cara instal ulang hp dari 4 Cara diatas, gunakan Cara yang paling mudah. Selamat mencoba

Bantu share post ini ya :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest

Artikel Terbaru

Contact Us