2+ Cara membuat daftar pustaka di Word Lengkap dengan sitasinya

Pada artikel ini, akan dibahas penyusunan sitasi dan daftar pustaka secara otomatis dengan Microsoft Word, inilah cara membuat daftar pustaka di word.

Pada artikel cara membuat daftar pustaka di word berikut ini yaitu menggunakan menu References. Untuk membuat sitasi maka harus ditentukan terlebih dahulu gaya sitasi atau style yang harus di pilih.

Menentukan Gaya Sitasi atau Daftar Pustaka

Secara umum dalam MS Word hanya terdapat sedikit style, sehingga untuk mendapatkan style yang sesuai maka harus di install dalam Microsoft Office Word. Terdapat beberapa gaya sitasi yang dibuat dan diterbitkan oleh berbagai asosiasi atau individu yang digunakan oleh para penulis.

Gaya penulisan referensi yang terdapat dalam MS Word terdiri dari 10 jenis, antara lain APA, Chicago, MLA, Turabian dan sebagainya.

Baca juga : Cara mengatur kertas pada microsoft Word 2010 dan 365

Misalnya akan ditulis paragraf yang memuat sitasi dan bagaimana daftar pustaka akan muncul secara otomatis, sebagai berikut:

Berikut merupakan penulisan sitasi dengan gaya penulisan APA.

Misalkan yang diambil dari buku (Purcell, 2008). Nama penulis mungkin akan lebih dari satu (G.Bartle & R.Sherbert, 2000). selanjutnya jika dari jurnal ilmiah (Jolai & Aghdaghi, 2008).

Akan berbeda pula jika diambil dari prosiding seminar, rekaman suara atau bahkan laporan penelitian. Tinggal dipilih jenis apa yang akan disitasi.

Berdasarkan paragraf tersebut, maka dapat dimunculkan daftar pustaka secara
otomatis sebagai berikut.

Cara membuat daftar pustaka di word

Pada menu defaultnya style yang ada pada MS word sangat terbatas, untuk dapat memilikinya dengan style yang dikehendaki oleh publisher maka perlu ditambahkan style yang diinginkan.

Style sitasi dan daftar pustaka bisa
didownload pada bibword.

Memulai membuat Daftar Pustaka

Cara membuat daftar pustaka di word

Tampak bahwa dari Gambar diatas penulisan telah sesuai dengan urutan abjad dan sesuai cara membuat daftar pustaka di word yang diambil dari buku dan jurnal ilmiah.

Untuk cara membuat daftar pustaka di word dengan membuat tampilan seperti gambar diatas maka langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

Gunakan Menu References

Cara membuat daftar pustaka di word

Pada menu REFERENCE, ada banyak fitur yang ditawarkan mulai dari menyusun daftar isi, menambahkan endnote atau footnote dan yang akan dibahas adalah daftar pustaka.

Konsep dari daftar pustaka ini adalah merekam semua pustaka baik itu elektronik atau hardcopy yang pernah dibaca.

Ada empat tampilan dalam menu References yaitu Insert Citation, Style, Bibliography dan Manage Resources.

Gunakan Menu Manage Resources

 

Langkah awal untuk melakukan sitasi adalah dengan menggunakan menu Manage Resources sehingga akan muncul tampilan seperti ini

Cara membuat daftar pustaka di word

Jika fitur pada menu Reference belum pernah digunakan maka tampilan yang diperoleh adalah kosong.

Untuk dapat mengisinya maka dimulai dengan mengklik NEW, maka tampilan yang muncul adalah sebagai berikut.

 

Cara membuat daftar pustaka di word

Untuk tampilan diatas kita dapat memilih jenis pustaka yang kita masukkan ke daftar pustaka berupa buku.

Atau juga bisa bagian/chapter dari buku, jurnal penelitian, artikel ilmiah, prosiding, laporan (praktek lapang, skripsi, tesis dan disertasi), hasil wawancara, web diinternet dll.

Tentukan Jenis Style Daftar Pustaka

Pada bagian ini harus diisi karena setiap jenis tulisan memiliki informasi pustaka yang berbeda – beda.

Setelah anda menentukan jenis pustaka yang digunakan, maka mulailah untuk mengisi kolom yang ada dibawahnya.

Sebagai contoh anda memilih jenis pustakanya adalah jurnal ilmiah yang capture-nya sebagai berikut:

Cara membuat daftar pustaka di word

pada bagian jurnal tersebut ada beberapa bagian seperti judul, nama penulis, tahun dan halaman serta penerbitnya. Pada kolom Manage Resources kolom yang harus diisi adalah yang memiliki tanda bintang merah.

cara membuat daftar pustaka di word dengan menampilkan kolom yang lebih banyak maka beri tanda centang pada Show All Bibliography Field. Jika ingin lebih tepat untuk menulis nama penulis (Author) maka Klik menu Edit pada Author.

Baca juga : Cara mengoperasikan Google Classroom

Sehingga akan muncul tampilan nama depan, nama tengah dan nama belakang. Kita tinggal mengisinya sendiri dan secara otomatis sistem akan mengaturnya.

Untuk pustaka dengan penulis lebih dari satu orang setelah selesai mengisi kolom nama klik Add. Lihat berikut ini.

Cara membuat daftar pustaka di word

Informasi dari jurnal, namanya itu dipisa ya antara nama depan dan nama belakang, diisi aja, nanti dia akan ngatur sendiri, kita cuman tinggal input.

Urutkan Nama Penulis agar Rapi

Oh yacara membuat daftar pustaka di word jangan lupa masukin nama penulis jangan sembarangan urutannya, jadi harus diurut ya. (bukan urut alfabet tapi urut berdasarkan jurnalnya karena penulis yang namanya ditaruh paling awal itu biasanya yang paling andil dalam penelitian).

Setelah selesai cara membuat daftar pustaka di word, jangan lupa klik OK, trus isi kolom-kolom penting lainnya ya, jadinya kayak gini:

Cara membuat daftar pustaka di word

Setelah semua kolom terisi jangan lupa untuk klik OK agar isian kita dapat terismpan di basis data. Jika nama penulis bukan orang melainkan lembaga maka beri tanda centang pada kolom Corporate Author. Tampilan jika isian sudah tersimpan akan seperti gambar dibawah.

Pada bagian kotak merah merupakan tampilan akan muncul pada sitasi di tulisan maupun tampilan pada daftar pustaka. Lakukan pengisian untuk pustaka selanjutnya, sampai selesai.

Cara membuat daftar pustaka di word

Jika pengisian basis data pustaka telah selesai maka tampilan yang muncul adalah seperti pada gambar.Pada kolom kiri (master List) sudah terisi dan pada current list masih kosong.

Tips Format Penyusunan Daftar Pustaka

cara membuat daftar pustaka di word berikutnya untuk dapat digunakan dalam mensitasi dan dapat menyusun daftar pustaka. Maka harus dipindahkan dari kolom kiri kekolom kanan. cara membuat daftar pustaka di word yang harus dilakukan adalah cukup dengan memblok daftar di kolom kiri kemudian Klik Copy.

Cara membuat daftar pustaka di word

Jika ingin semua data dimasukan maka cukup klik pada daftar teratas, scroll ke bawah sampai daftar paling bawah. Tekan tombol SHIFT pada keyboard dan bersamaan dengan itu klik pada daftar paling akhir. Terakhir klik tombol CLOSE.

Ketika kita menulis Tinjauan Pustaka akan memerlukan sitasi, kita tidak perlu lagi menulis ulang setiap pustaka yang kita rujuk cukup gunakan basis data yang kita buat.

Setelah kita melakukan pensitiran baik dengan menuliskan argumen atau pernyataan dari penulis, klik menu Insert Citation dan pilih nama penulis yang akan disitasi.

Tips penambahan Isi Daftar Pustaka

cara membuat daftar pustaka di word selanjutnya apabila kita tidak menemukan nama penulis yang dimaksud kita dapat memasukkan lagi ke basis data dengan cara Klik Add New Source. Jika dalam tahapan penulisan mengalami perubahan isi dan sitasi ataupun isi dari daftar pustaka. Sehingga kita harus menghapus sitasi yang sudah ada ATAU mungkin kita harus menambahkan sitasi baru.

Baca juga : Cara melihat password Wifi di Smartphone

Cukup tambahkan melalui Manage Resources, kemudian klik Update Citation and Bibliografi, selanjutnya sistem akan memperbarui secara otomatis. Demikianlah cara membuat daftar pustaka di word yang dapat anda lakukan untuk mengerjakan tugas anda.

Jangan lupa untuk share dan komen ya, karena kritik dan saran yang membangun sangat penulis butuhkan untuk lebih baik lagi.

Contact Us