12 Cara Memperbaiki Remot TV yang Rusak dan cara mengeceknya

Saat anda bingung bagaimana Cara Memperbaiki Remot TV yang benar, maka saat ini anda berada pada tips atau tutorial yang pas.

Penggunaan televisi hari kini kian bermacam – macam, salah satu kontrol pada TV adalah remot TV, lalu bagaimanakah ketika Remot TV anda rusak? Berikut adalah Cara Memperbaiki Remot TV.

Cara Mengecek dan Memperbaiki Kerusakan pada Remote TV

Cara memperbaiki remot tv

Cara Memperbaiki Remot TV berikut sangat penting bagi televisi sehingga, ketika ada masalah pasti televisi tidak berfungsi dengan baik, artinya hadirnya remot merupakan kemudahan bagi pengguna tersebut.

Bisa jadi kerusakan pada remot juga akan mempengaruhi kerusakan pada itu sendiri, penting cara memperbaiki remot TV anda yang rusak.

Sebelum kita membahas tentang Cara Memperbaiki Remot TV, kita harus mengecek dahulu apa yang rusak. Sehingga kita dapat menentukan apa masalah pada remot TV.

Baca juga : Cara Setting Konfigurasi pada Internet Download Manager (IDM) terbaru

Oleh karena itu, berikut ini menjadi ciri – ciri serta cara cek kerusakan pada remot TV, dan Cara Memperbaiki Remot TV.

Cek Daya Baterai

Baterai menjadi satu-satunya sumberdaya yang terdapat di dalam remot TV. Maka sangat penting memastikan bahwa baterai yang kita gunakan memang masih layak pakai.

Dan yang terpenting adalah memiliki daya cukup untuk mengoperasikan remot tv tersebut. Lakukan pengecekan tegangan baterai bisa dengan menggunakan avo meter.

Sehingga kita bisa mengetahui dengan jelas berapa tegangan baterai pada remot. Setidaknya, baterai harus memiliki tegangan lebih dari 1 volt DC.

Maka baterai bisa bekerja dengan baik sebagaimana mestinya. Jika tegangan baterai berada dibawah angka tersebut, maka bisa dipastikan remot tv tidak berfungsi.

Cek Konektor pada Baterai

Bukan hanya pada baterai saja, lakukan juga pengecekan pada bagian konektor baterai remot (tempat baterai tersebut terpasang). Ini sangat penting dilakukan sejak awal.

Sebab bisa saja konektor dalam kondisi kotor dan sedikit berkarat. Kondisi konektor yang seperti ini pasti akan menghalangi daya baterai keremot, sehingga remot tidak bisa bekerja dengan baik.

Maka jika ini yang terjadi silahkan terlebih dahulu anda bersihkan konektor remot TV dengan teliti, terutama jika terdapat karat pada bagian-bagian tersebut.

Bersihkan Keyboard Remot TV

Cara memperbaiki remot tv

Bila setelah penggantian baterai dan periksa konektor pada TV, remot TV anda masih belum juga bisa bekerja dengan baik, maka lakukan pengecekan pada bagian keypad remot.

Pada bagian keyboard remot TV ini rentan dan seringkali terkena kotoran dan bahkan cairan sekalipun, yang pada akhirnya bisa mengganggu kinerja remot TV tersebut.

Cek bagian keypad remot secara seksama dan bersihkan bagian tersebut dengan baik, sehingga kotoran yang menempel bisa hilang dengan menyeluruh.

Cek Printed Circuit Board (PCB)

Setelah keypad dibersihkan, namun belum juga membuat remot bisa bekerja sebagaimana mestinya, maka memeriksa PCB adalah langkah yang wajib dilakukan.

Jika anda memeriksa PCB anda harus bongkar dan cek PCB (bagian plat / papan yang menjadi tempat berbagai komponen remot disolder) dengan teliti.

Lakukan pembongkaran dengan hati-hati menggunakan obeng kecil ataupun cutter, sehingga bagian body dan komponen didalam remot tidak mengalami kerusakan.

Pastikan semua bagian yang tersolder memang benar-benar dalam kondisi baik, artinya tidak ada yang lepas dan rusak.

Jika komponen remot pada TV anda ternyata lepas atau putus maka anda harus solder, dan apabila rusak maka gantilah.

Sebab jika salah satu solderan saja tidak terpasang dengan baik, maka remot tersebut tidak akan bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Cek satu persatu komponen yang terpasang di remot TV, sehingga semua komponen memang berada pada posisi yang baik dan sempurna.

Cek Lampu Infrared

Cara Memperbaiki Remot TV yang selanjutnya adalah cek led infrared. Meski terbilang sangat jarang rusak, namun selalu ada kemungkinan led infrared pada remot tidak bisa bekerja dengan baik.

Cek bagian ini dengan dengan teliti, terutama pada bagian solderan yang sering kali mengalami gangguan akibat putus atau bahkan patah di bagian kaki led Remot TV anda.

Baca juga : Cara Memperbaiki Kartu Sd yang rusak pada smartphone dengan Mudah dan Aman

Jika salah satu hal tersebut terjadi pada led infrared, maka buka dan lepaskan led dari solderannya, sebab besar kemungkinan komponen ini sudah tidak bisa berfungsi dengan baik lagi.

Periksa bagian yang di Solder

Cara Memperbaiki Remot TV adalah jangan lupa untuk kembali melakukan pengecekan pada semua bagian-bagian yang sudah tersolder pada PCB remot TV anda.

Lakukan pengecekan ini secara detail, untuk memastikan semua komponen memang telah berada pada posisi yang tepat dan dalam kondisi yang baik.

Jika hal ini tidak dilakukan, tentu tidak ingin direpotkan kembali dengan Cara Memperbaiki Remot TV ketika membongkar ulang remot tersebut dari awal. Maka lebih baik anda cek dulu bagian yang sudah anda solder tadi.

Test Kembali Setelah di Periksa

Setelah melakukan pengecekan akhir dengan teliti pada semua sisi PCB yang tersolder, maka lakukan pemasangan kembali bagian PCB pada body remot tersebut.

Penting untuk melakukan hal ini dengan hati-hati, agar semua komponen yang tersolder tetap dalam kondisi baik dan tidak bergeser dari tempat semula ataupun lepas.

Sebab hal tersebut bisa saja membuat remot TV anda rusak kembali dan pekerjaan memperbaikinya hanya akan menjadi sia-sia juga remot TV anda tak dapat digunakan.

Pastikan semua komponen terpasang dengan baik sebagaimana mestinya, sehingga remot tv ini siap untuk digunakan kembali dengan normal.

Lakukan test setelah semua bagian remot TV anda terpasang dengan baik, jika semua komponen bagian dalam sudah terpasang dengan benar, maka remot tv tersebut anda sudah bisa digunakan lagi.

Mengecek Kerusakan pada TV

Cara memperbaiki remot tv

Penyebab kedua, jika Anda sudah memastikan bahwa remote tidak bermasalah dan masih berfungsi dengan baik berarti kerusakan ada pada TV sehingga tidak merespon remot, berikut juga dengan Cara Memperbaiki Remot TV.

Kerusakan pada Sensor TV

Jika Anda belum berpengalaman mengenai komponen pada mesin tv, saya tidak menyarankan Anda untuk mengikuti langkah langkah yang akan diberikan.

Karena mungkin beresiko tinggi jika diperbaiki tanpa dibekali keahlian dalam bidang ini, jadi solusinya silakan konsultasikan pada teknisi yang berpengalaman.

Lampu Indokator Hidup TV Mati

Untuk kerusakan yang ini biasanya terjadi pada regulator power supplay bekerja tetapi tegangan B+ nya naik turun atau bisa dikata tegangannya tidak stabil.

Kerusakan bisa disebabkan oleh TR horizontal jebol, fbt rusak / konslet, IC vertical rusak dan untuk mengetahui kerusakan perlu dilakukan pengecekan secara khusus.

TV Blank Tapi Bersuara

Kerusaka disebabkan sinyal video tidak masuk kerangkaian crt atau perhatikan lampu filamen di leher crt, apabila tidak menyala kemungkinan besar Resistor Heater putus.

Gambar TV tidak Penuh

Kerusakan seperti ini disebabkan oleh bagian horizontal yang bekerja sebagaimana mestinya, solusinya cek semua kapasitor di blok Horisontal.

Demikianlah cara memperbaiki remot TV anda yang rusak atau mengalami gangguan pada komponen nya, jika anda sudah melakukan dengan benar dan teliti remot tv akan normal kembali.

Baca juga : Cara Menggunakan Internet pada Smartphone dengan Gratis tanpa Kuota secara Mudah dan Aman

Juga jangan lupa ketika anda sudah benar dan teliti memperbaiki remot TV anda tapi masih tidak bisa anda harus cek pada TV anda, barangkali kerusakan terjadi pada TV anda.

Yang terkahir jangan lupa share Cara Memperbaiki Remot TV ini dan komen ya, atau anda mungkin memiliki permasalahan silahkan tulis di kolom komentar, selamat memperbaiki remot TV anda. Terimakasih

Tinggalkan komentar

Contact Us