Cara menerbangkan drone

5 Cara menerbangkan drone paling mudah untuk pemula

Baru-baru ini dunia teknologi Indonesia memiliki pengembangan alat baru, baik itu untuk fotografi, maupun untuk hal-hal pemantauan dari atas, Yup, alat itu adalah drone atau dalam bahasa indonesianya adalah pesawat nirawak. Banyak para Content Creator saat ini menggunakan Drone ini. Nah, apakah sobat sudah tahu bagaimana cara menerbangkan drone yang mudah?

Buat sobat ilmu yang ingin belajar menggunakan Drone, atau ingin menambah ilmu untuk cara menerbangkan drone. Kali ini akan Buka Ilmu bahas mulai Cara menghidupkan Drone, Cara mengoperasikan Drone, Cara menerbangkan Drone dan Cara mematikan Drone dengan benar. Berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Menghidupkan Drone

Cara menerbangkan drone

Sebelum sobat memulai cara menerbangkan Drone, terlebih dahulu sobat harus menghidupkan Dronenya, sebelum menghidupkan drone silahkan sobat hidupkan terlebih dahulu remote controllnya. Nah, di beberapa merek drone tertentu biasanya remote juga sebagai tampilan layar drone saat terbang.

Jika remote control Dronenya sudah menyala silahkan sobat hidupkan dronenya, tinggal geser daro Off ke On. Soal tombolnya bervariasi letaknya tapi biasanya ada keterangan khususnya. (bisa cek buku panduan Drone yang sudah sobat beli dengan box dronenya).

Baca juga : 5 Cara merawat baterai laptop yang wajib kamu lakukan

Cara melakukan Kalibrasi pada Drone (Mengaktifkan Return to Home)

Cara menerbangkan drone

Setelah sobat menghidupkan Dronenya, dan biasanya nanti secara otomatis Drone dengan remote controll akan terhubung, setelah itu yang harus sobat lakukan adalah melakukan kalibrasi dengan fitur khusus yaitu Fitur Return to Home.

Fungsi dari kalibrasi dan mengaktifkan fitur Return to Home pada drone ini adalah menjaga agar Drone ketika terbang bisa lebih stabil dan GPS lokasinya bisa tepat sasaran serta yang paling penting bila baterai Drone akan habis, Drone bisa kembali ke lokasi remote control berada.

Drone bisa kembali saat baterai akan habis adalah fungsi dari fitur Return to Home, dengan syarat lokasi GPS Remote Controll sudah terkunci di Drone tersebut.

Baca juga : 3 Cara mengatur kertas di Microsoft Word paling Mudah

Cara menerbangkan Drone

Cara menerbangkan drone

Setelah sobat berhasil mengkalibrasi dan mengaktifkan fitur Back to Home pada Drone, selanjutnya adalah Cara menerbangkan Drone. Cara menerbangkan Drone harus dengan hati-hati karena Control pada Drone yang super sensitif, usahakan sobat fokus ketika menerbangkannya, dan disarankan juga bisa masih mencoba-coba jangan menerbangkan drone terlalu tinggi.

Jika sobat menggerakkan sedikit saja pada, Drone sudah memberikan respons, jadi usahakan sobat tenang. Nah, misal sobat bingung atau sedang panik, lebih baik sobat lepaskan semua control dan cukup pegang saja remotenya agar drone diam tidak mengarah kemana-mana.

Di Remote Control ada 2 Joystick yang berada di bagian kiri dan kanan, tentunya ke 2 Joystick ini memiliki fungsi yang berbeda.

Pada Joystick bagian kanan memiliki fungsi

  • Jika digerakkan kebawah maka drone akan turun
  • Jika digerakkan keatas drone akan naik
  • Jika digerakkan kekiri drone akan memutar ke kiri
  • Jika digerakkan kekanan drone akan memutar ke kanan

Sedangkan di Joystick bagian kiri memiliki fungsi

  • Jika digerakkan ke atas drone akan akan berjalan maju
  • Jika digerakkan ke bawah drone akan berjalan mundur
  • Jika digerakkan ke kiri drone akan belok ke kiri
  • Jika digerakkan ke kanan drone akan belok ke kanan

Jadi, sobat harus tahu dan test dulu cara menerbangkan drone yang akan sobat gunakan. Bisa dibilang test drive dulu sebelum terbang ini agar sobat bisa lebih leluasa ketika menerbangkan drone.

Baca juga : Cara menggunakan internet gratis tanpa kuota

Cara memaksimalkan penggunaan drone saat terbang

 

Cara menerbangkan drone

Setelah sobat tahu dan berhasil melakukan Cara menerbangkan drone, selanjutnya yaitu sobat bisa memanfaatkan fitur-fitur menarik yang sudah ada pada drone, seperti pengambilan foto, pengambilan video tentunya dengan posisi dan angel yang menarik.

Misal sobat ingin membesarkan hasil tangkapan foto atau video sobat bisa menggunakan fitur optical zoom yang bisa memperbesar objek tanpa berisiko terkena benturan atau hal-hal yang dapat merusak drone.

Selain itu juga ada fitur fotografi dan video grafi yang sudah dilengkapi pada drone, seperti ISO, Shutter Speed dan pengaturan hasil tangkapan potrait atau landscape (cinematic). Nah, semua hasil tangkapan video maupun foto akan langsung tersimpan di Micro SD yang berada di pesawat, bukan di remote controlnya.

Baca juga : Cara menggunakan google drive yang paling mudah

Cara mematikan Drone

Cara menerbangkan drone

Setelah tahu bagaimana cara menerbangkan drone, yang terakhir adalah cara mematikan drone, untuk mematikan dronenya sendiri hampir sama dengan menghidupkan drone. Tapi sangat disarankan yang sobat matikan dulu adalah pesawatnya. Baru kemudian remote controlnya hal ini agar dapat memperbaiki sistem kalibrasi sinyal antara remote control dengan pesawat.

Demikianlah beberapa cara menerbangkan drone, cara menghidupkan dan mematikan drone, serta berbagai fitur yang dapat sobat gunakan untuk memaksimalkan hasil tangkapan gambar maupun video saat menggunakan drone. Karena harga drone yang mahal, sangat disarankan agar sobat selalu berhati-hati saat menggunakannya ya. Selamat mencoba!

Bantu share post ini ya :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest

Artikel Terbaru

Contact Us