7 Cara Menghidupkan Laptop Asus yang Mati Yang wajib kamu tahu

Berbicara mengenai Cara Menghidupkan Laptop Asus yang Mati karena Perkembangan teknologi bukan hanya mengajarkan kita untuk menguasai teknik dalam mengoperasikannya namun juga mencari solusi permasalahannya, inilah cara menghidupkan laptop ASUS yang mati.

Kerusakan pada beberapa komponen laptop yang harus anda ketahui sebelum membahas cara menghidupkan laptop asus yang mati, berikut ini yang harus anda lakukan.

Cek Permasalahan pada Baterai

Cara Menghidupkan Laptop Asus yang Mati

Sumber daya utama pada laptop dihasilkan dari baterai, bisa jadi baterai kehabisan daya. Namun setelah terhubung ke laptop dengan adaptor, masih tidak menyala.

Cara mengatasinya adalah tunggu beberapa saat hingga baterai terisi beberapa persen sebelum menghidupkannya.

Hal ini terjadi karena baterai habis total dan butuh beberapa waktu (rekomendasi waktu 25 menit) untuk mengisi daya kembali yang hilang.

Apabila anda sudah menunggu, dan laptop masih tidak menyala, coba lepas baterai dari laptop (jika laptop tersebut bukan baterai tanam), kemudian pasang baterai lagi.

Jika setelah baterai terpasang, dan laptop berhasil menyala, berarti kerusakan yang terjadi pada baterai atau konektor pada baterainya.

Cek Power Supply

Cara menghidupkan laptop yang mati

Jika lampu indikator pada laptop anda mati, sedangkan adaptornya dalam keadaan normal, periksa dahulu soket DC yang berada pada power supply anda.

Soket yang rusak menyebabkan listrik tidak stabil atau mengalir dengan tidak seimbang ke dalam komponen laptop. Sehingga laptop tidak akan bisa menyala.

Voltase / tengangan listrik yang tinggi sering terjadi, jika ini sering terjadi bisa menyebabkan kerusakan komponen power pada laptop ASUS anda sehingga usahakan menguranginya.

Juga yang paling penting adalah periksa tombol on/off power supply, lalu periksa juga ic power. Input daya listrik yang berbeda juga dapat menyebabkan laptop tidak menyala.

Silahkan lepaskan charger, lalu tekan tombol power ON 30 detik hingga daya habis (lampu dalam keadaan mati). Kemudian pasang kembali charger laptop anda dan coba hudupkan kembali.

Cek RAM Laptop

Permasalahan selanjutnya lampu indikator hidup, kipas menyala, dan mesin masih berjalan dengan baik seperti biasanya.

Namun, pada layar tidak ada tampilan apapun atau blank, kemungkinan besar penyebab permasalahannya adalah kerusakan pada RAM laptop anda.

Caranya coba anda lepaskan RAM, kemudian bersihkan PIN-nya dengan menggosok – gosokan pada penghapus pensil, kemudian pasang kembali ke tempat ram semula.

Atau pasang pada socket yang berbeda. Jika pada laptop anda terdapat dua socket RAM berbeda, coba lihat dulu pada mainboard laptop anda. sebelum melakukan Cara Menghidupkan Laptop Asus yang Mati.

Cek Processor Laptop

Processor merupakan komponen otak pada laptop dan komputer. Jadi, ketika processor pada laptop mengalami kerusakan.

Otomatis mesin atau komponen pada laptop kehilangan kontrol dan tidak mampu memberikan perintah untuk komponen lain sehingga sistem laptop tidak bekerja maksimal.

Penyebab umum processor rusak terjadi karena overheating (panas yang berlebihan). Penyebab overheating sangat beragam mulai dari pasta processor yang kering, fan, dan heat sink processor yang kotor, hingga tidak seimbang antara processor dengan RAM.

Cek Motherboard Laptop

Motherboard atau mainboard berfungsi sebagai komponen induk yang menjadi komponen utama untuk menghubungkan komponen satu dengan komponen lain agar menjadi satu kesatuan.

Kerusakan motherboard sering ditandai dengan adanya bunyi “bip..bip..bip..”. Kemudian, laptop anda mati total tak ada komponen atau lampu supply yang hidup maka ini sudah jelas pada motherboard.

Jika anda sudah cek beberapa permasalahan yang sering terjadi pada laptop diatas sekarang laptop asus anda mati inilah cara menghidupkan laptop asus yang mati.

Lampu Power tidak Menyala / Mati

Jika hal ini terjadi berarti tidak ada daya dari adaptor AC atau komponen utama yang tidak berfungsi dengan baik dan perangkat gagal booting. Cara Menghidupkan Laptop Asus yang Mati simak berikut ini.

  1. Pastikan menggunakan adaptor AC dan power cord AC dengan spesifikasi sesuai dengan yang disediakan oleh ASUS.
  2. Cek apakah steker adapter longgar (ditandai pada gambar dibawah ini A-steker power cord, B- steker sisi , C- steker sisi NB) atau coba masukan ke outlet yang berbeda.
  3. Cek apakah ada kerusakan pada kabel adaptor AC. Apabila ada silahkan coba gunakan adaptor lainnya.
  4. Lepaskan semua perangkat eksternal, seperti USB, memory Card, kabel interet, HDMI, CD-ROM, dll.
  5. Sebelum disfungsi terjadi, apakah ada ekspansi hard drive atau memori, silahkan lepaskan terlebih dahulu.
  6. Lepaskan baterai (Untuk model baterai yang dapat dilepas) dan langsung gunakan adaptor AC untuk charging perangkat.
  7. Lepaskan adaptor AC, kemudai tekan dan tahan tombol power selama 40 detik untuk merest CMOS.
  8. Pasang kembali baterai (untuk model baterai yang dapat dilepas) dan hubungkan adaptor AC, kemudian coba restart laptop Anda.

Lampu Indikator Menyala tapi Layar Mati

Cara menghidupkan laptop asus yang mati

Hal ini berarti power cord dan adaptor AC berfungsi normal, tetapi perangkat gagal booting karena permasalahannya pada komponen utama. Cara Menghidupkan Laptop Asus yang Mati berikut ini.

  1. Silahkan coba tekan function key (hotkey) [Fn+F7] untuk mengaktifkan/menonaktifkan tampilan untuk memastikan apakah tidak ada respon pada layar karena tampilan dimatikan.
  2. Silahkan coba function key (hotkey) [Fn+F6] untuk menyesuaikan kecerahan untuk memastikan ada kecerahan yang cukup untuk melihat tampilan pada layar.
  3. Coba hubungkan ke monitor eksternal ke monitor anda, kemudian tekan function key (hotkey) [Fn+F8] untuk beralih antara tampilan laptop dan monitor eksternal untuk memastikan tampilan pada eksternal monitor normal.
  4. Remove semua perangkat eksternal portable, seperti perangkat USB, memori card, kabel internet, HDMI, CD-ROM, dll.
  5. Sebelum disfungsi terjadi, apakah adaa ekspansi hard drive atau memori, silahkan lepaskan terlebih dahulu.
  6. Lepaskan baterai (Untuk model baterai yang dapat dilepas) dan langsung gunakan adaptor AC untuk charging perangkat.
  7. Matikan Laptop ( tekan dan tahan tombol power selama 15 detik sampai Lampu power mati untuk memaksa shutdown) dan lepaskan adaptor AC, kemuadian tekan dan tahan tombol power selama 40 detik untuk melakukan reset CMOS.
  8. Pasang kembali baterai (untuk model baterai yang dapat dilepas) dan hubungkan adaptor AC, kemudian coba restart laptop Anda.

Cara Menghidupkan Laptop Asus yang Mati dalam mengatasi permasalahan laptop asus yang mati memang mirip – mirip namun yang membedakan adalah masalah yang terjadi.

Demikianlah Cara Menghidupkan Laptop Asus yang Mati yang dapat anda lakukan untuk cara menghidupkan laptop asus yang mati selamat mencoba semoga tidak ada merusakan yang krusial pada latop anda ya.

2 pemikiran pada “7 Cara Menghidupkan Laptop Asus yang Mati Yang wajib kamu tahu”

  1. Hallo selamat pagi.salam Rahayu. Baru satu bulan saya beli laptop. Tapi sdh tdk bisa nyala. Tapi lampu batre dan lampu nya nyala. Semua petunjuk sdh saya lakukan namun tidak ada hasil. Padahal laptop dalam kondisi bagus. Bantu donk biar ngak rugi beli. Anak sy juga ngak bisa online.

Tinggalkan komentar

Contact Us