5 Cara merawat baterai laptop yang wajib kamu lakukan

Buat sobat Ilmu yang sering mengalami kerusakan pada baterai laptop, baik itu baterai laptop versi baterai lama yang bisa di lepas dan dipasang, atau baterai tanam seperti yang ada di laptop-laptop saat ini. Baterai laptop model tanam akan sangat mahal jika sobat menggantinya karena rusak, nah kali ini Buka Ilmu akan membahas mengenai Cara merawat baterai laptop yang mudah untuk sobat.

Serius nih, memahami cara merawat laptop baterai yang baik dan benar sangat penting, karena kita kadang sering lalai saat menggunakan laptop baik itu saat kerja maupun saat main game. Nah, biar kita sama-sama paham dan sama-sama belajar. Berikut ini Cara merawat baterai laptop dengan benar.

Atur Cahaya ke Resolusi Rendah saat menggunakan Laptop

Cara merawat baterai laptop

Cara merawat baterai laptop pertama yaitu mengatur resolusi cahaya low saat menggunakan laptop. Selain dapat menjaga mata dari kerusakan akibat radiasi cahaya laptop yang sobat gunakan setiap hari, mengatur Cahaya dengan resolusi low atau rendah saat menggunakan laptop juga akan membuat baterai sobat awet baik itu awet dalam prosentase daya maupun juga ketahanan baterai laptop.

Jadi, bila sobat ingin baterai laptopnya awet langsung saja gunakan resolusi rendah, saat menggunakan laptop baik saat kerja maupun kegiatan yang lain.

Baca juga : 5 Cara membuka file apk paling mudah diberbagai Device

Kurangi pemakaian aplikasi aktif

Cara merawat baterai laptop

cara merawat baterai laptop selanjutnya adalah dengan mengurangi pemakaian aplikasi aktif, maksutnya tentunya apabila sobat sedang menggunakan laptop usahakan tidak menggunakan beberapa aplikasi. Misal sobat membuka Microsoft Word, membuka Google Chrome, membuka aplikasi photoshop dan aplikasi yang lain.

Nah, hal itu sebisa mungkin sobat hindari. Karena hal itu akan membuat baterai laptop sobat cepat habis. Juga akan membuat kerja RAM Laptop sobat makin berat. Jadi, Jangan lupa untuk kurangi menggunakan aplikasi aktif secara bersamaan.

Baca juga : Cara menghidupkan laptop asus yang mati paling mudah

Matikan Laptop saat dicharge

Cara merawat baterai laptop

Hal yang paling sering kita lakukan adalah menggunakan laptop sambil dicharge, padahal itu adalah hal yang sangat membahayakan bagi baterai laptop sobat. Oleh karena itu, cara merawat baterai laptop yang baik adalah memaikan laptop saat di isi daya atau dicharge.

Jika memang mendesak, bolehlah sekali dua kali menggunakan laptop dengan dicharge, tapi jangan lama-lama. Karena itu yang akan membuat baterai laptop sobat cepat error. 

Baca juga : Cara screenshoot di laptop ASUS yang paling mudah

Hindari penggunaan laptop hingga overheat

Cara merawat baterai laptop

Terkadang secara tidak sadar kita menginstall aplikasi, yang berat. Hal ini akan membuat RAM laptop sobat bekerja dengan berat, jika sobat teruskan laptop sobat akan panas, ketika laptop sobat panas maka segera matikan, jika siteruskan maka laptop akan terkena overheat alias panas yang berlebih.

Jika laptop sudah overheat, maka sudah dapat dipastikan jika akan ada kerusakan secara perlahan. Baik itu kerusakan dibagian mesin laptop atau dibagian baterai laptop sobat. Sehingga lebih baik jika sobat hindari penggunakan sampai overheat.

Baca juga : Penyebab Baterai laptop Cepat Habis yang wajib kamu tahu

Hindari baterai habis total atau charge terlalu lama

Cara merawat baterai laptop

cara merawat baterai laptop yang terakhir adalah hindari menggunakan laptop, sampai baterainya habis 1% atau mati dengan sendirinya. sebisa mungkin jika batterai sudah menunjukkan angka 20% segera lakukan charge jika sobat masih terus menggunakannya dan laptop menshutdown sendiri maka akan berdampak pada kerusakan baterai.

Juga jangan sampai sobat mencharge baterai terlalu lama, banyak kebiasaan yang sering kita lakukan tanpa sadar hal itu dapat merusak baterai laptop, misalkan menonton film sampai baterai dicharge terlalu lama padahal sudah full. ini akan sangat berbahaya. Jadi Hindari ya.

Mungkin itulah 5 cara merawat baterai laptop yang benar versi Buka Ilmu, dan semoga bisa membantu sobat agar laptop sobat baterainya awet. Memang sih ya, baterai laptop awet harus dirawat, dan itu mau nggak mau harus sobat lakukan. Jangan lupa share kepada teman dan saudara sobat yang bingung tentang merawat laptop yang baik yah. Baiklah selamat mencoba!

Bantu share post ini ya :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest

Artikel Terbaru

Contact Us