2+ Cara Membuat Daftar Isi Makalah secara otomatis

Cara Membuat Daftar Isi Makalah di Microsoft Word 2007 akan membuat pekerjaan kita lebih cepat dan mudah. Ini sangat diperlukan.

Terutama jika para pembaca sering membuat tulisan baik dalam bentuk naskah atau tulisan bebas yang terdiri dari banyak halaman.

Fungsi dari daftar isi itu sendiri antara lain adalah untuk memudahkan kita ataupun pembaca mencari dengan mudah apa yang dituju.

Jika sebelumnya kita teah membahas tentang cara membuat nomor halaman yang berbeda di microsoft word. Nah, sekarang kita akan membahas tentang daftar isi makalah.

Langkah Langkah Membuat Daftar Isi

Langkah-langkah pembuatan daftar isi makalah dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara :

Pertama kita membuat dahulu tulisan/naskah tersebut sampai selesai baru kemudian membuat format daftar isi.

Kedua pada saat menulis/membuat kita bisa langsung tentukan mana yg akan dimasukkan kedalam daftar isi.

Pembuatan daftar isi makalah itu sendiri jika bisa menggunakan styles, contohnya : Heading 1, Heading 2.

Ada beberapa pilihan styles yang bisa dipilih atau kita pun bisa memodifikasi sendiri style-nya atau menggunakan style yang ada untuk menentukan pembuatan daftar isi makalah itu sendiri secara otomatis.

Sebelum melakukan pembuatan Daftar isi makalah, kita sudah harus mengetahui berapa level yang akan kita buat ini yang kita sebut dengan heading.

Contoh Daftar isi makalah :

daftar isi makalah

Setelah mengetahui mana yang sebagai heading 1/ level 1, heading 2 / level 2, atau heading 3 / level 3.

Kemudian langkah selanjutnya dalam membuat Daftar isi Makalah adalah sebagai berikut :

Membuat Daftar Isi Makalah dengan menggunakan styles

Berikut ini adalah cara membuat daftar isi makalah dengan menggunakan styles, sebagai berikut :

  1. Klik Home pilih Styles jika akan menggunakan styles standar untuk heading1/level1 blok kalimat (yang akan tampil dalam daftar isi) sebagai Heading 1/ level1 klik Heading 1.
  2. Untuk heading 2 / level 2 blok kalimat (yang akan tampil dalam daftar isi) klik Heading 2
  3. Selanjutnya tentukan mana yang sebagai heading 1/level 1, heading 2/ level 2 dan seterusnya.daftar isi makalah
  4. Kitapun bisa memodifikasi styles yang telah ada, contohnya kita akan akan memofilasi/merubah styles Heading 1, klik kanan di heading 1 kemudian klik modify.Daftar isi makalah
  5. Setelah heading/level ditentukan selesai, langkah selanjutnya adalahpilih menu References klik Table of Content kemudian pilih format daftar isi yang telah ditentukan atau jika heading/levelnya lebih dari 3.
  6. Maka klik insert table of content kemudian akan muncul kotak dialog pada general pilih show level dan tentukan berapa level yang kita perlukan. Setelah itu pilih bentuk daftar isi yang diinginkan.Cara Membuat Daftar Isi Makalah
  7. Sebelum memilih bentuk daftar isi yang dikehendaki, tempat dahulu posisi kursor dimana akan ditempatkan halaman untuk daftar isi tersebut, setelah itu baru klik table of content.

Cara Membuat Daftar Isi Makalah Otomatis Auto Update

Penulisan Daftar Isi secara manual (selain karena lama/menyita waktu, juga terlalu rumit perbaikannya jika terjadi perubahan isi pada naskah disertasi). Oleh karena itu, sebaiknya dibuat secara otomatis.

Sehingga dapat dipastikan pencantuman halaman pada Daftar Isi makalah akan selalu sesuai dengan isi di dalam naskah, sekalipun terjadi banyak perubahan (penambahan/pengurangan).

Untuk memberi daftar isi secara otomatis dan auto-update, maka berikut langkah – langkahnya:

1. pada menu Home, di deretan bawah menu tersebut terdapat Styles.

Kemudian klik pada bagian panah kecil disamping Styles sebagaimana dilingkari pada gambar. Maka akan muncul box Styles sebagaimana tampak di gambar.

Daftar isi makalah

2. Letakkan kursor atau blok pada bagian kata-kata yang akan anda masukkan kedalam daftar isi, (misalnya Kata Pengantar, BAB 1 Pendahuluan, BAB 2 …dst…), kemudian pada kotak Styles klik Heading 1.

2+ Cara Membuat Daftar Isi Makalah secara otomatis

Maka kata PENDAHULUAN akan berubah warna menjadi warna biru atau ter-blok, dan di box style ada tanda blok pada option Heading 1 (lihat gambar di atas).

Begitu anda lakukan pada setiap halaman. Misalnya lagi untuk BAB 1, BAB 2, dst.

3. Adapun jika yang anda masukkan merupakan sub/bagian dari BAB, misalnya bagian dari BAB 1 yaitu Latar Belakang, Rumusan masalah, Tujuan, Manfaat, dll.

Maka letakkan kursor atau blok pada kata Latar Belakang, kemudian pada kotak Styles-nya klik Heading 2 sebagaimana gambar berikut :

Daftar isi makalah

4. Jika merupakan anak bagian dari sub BAB, Misalnya pada BAB 1, Pada sub Tujuan. memiliki sub sub Tujuan Umum dan Tujuan Khusus, maka yang anda klik adalah Heading 3.

Cisco Webex Meetings

Demikian seterusnya, untuk bagian dari sub-sub BAB tadi maka yang di klik adalah adalah Heading 4, dan seterusnya seperti itu.

Biasanya, setelah dilakukan proses heading, maka akan terjadi perubahan format pada kata-kata judul Bab atau sub Bab yang di blok.

Tenang, tidak usah panik, langsung saja diedit sesuai format font dan format penulisan yang dikehendaki.

Baik setelah anda selesai dan sukses anda tinggal bisa copy data yang sudah ada, dan selanjutnya anda bisa mencoba sendiri, kalau masih bingung tulis di kolom komentar ya atau di contact us.

Selamat mencoba dan semoga sukses!

Contact Us