5 Model Perawatan Perangkat Keras Komputer dan Scanner

Melihat berbagai masalah yang ada di beberapa keluhan pemilik komputer adalah tentang perawatan perangkat keras, baik itu komputer, printer, LCD dan beberapa alat elektronik lainnya.

Termasuk juga penah di tulis sebuah artikel tentang cara menghidupkan laptop asus yang mati lalu ada yang bertanya dalam beberapa forum tentang perawatan perangkat keras.

Dari dasar itulah artikel ini di tulis agar anda yang bingung dengan bagaimana sih perawatan perangkat keras yang benar? berikut ini adalah pembahasannya.

Cara membersihkan kotak komputer (Tabung), keyboard dan mouse

perangkat keras

Berikut ini adalah Cara membersihkan kontak komputer, keyboard, dan mouse yang terkadang sebagai kendala kerusakan utama.

  1. Cabut steker listrik komputer dari outlet dinding sebelum dibersihkan. Genggam steker dengan kuat dan menariknya dari outlet; jangan memutuskan sambungan dengan menarik kabelnya.
  2. Gunakan kain yang bersih dan kering untuk membersihkan debu dari kotak komputer.
  3. Bila perlu gunakan kain yang bersih dan sedikit dibasahi dengan air hangat untuk membersihkan kotak komputer, dan keringkan dengan kain bersih.
  4. Hindarkan komputer dari goncangan, getaran dan hentakan apalagi saat komputer menyala. Hal ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan fatal pada hard disk.
  5. Lepaskan daya listrik dari perangkat bila tidak digunakan lebih dari 6 jam.
  6. Gunakan kain yang bersih dan kering serta alkohol pada tombol keyboard dan
    pinggirannya.
  7. Usap badan mouse dan kabelnya dengan kain ditambah cairan pembersih.

Cara Merawat Monitor Komputer

perangkat keras

Selain anda melakukan pembersihan terhadap komputer, anda juga harus melakukan perawatan berikut ini adalah cara merawat monitor komputer.

  1. Tempatkan monitor minimal berjarak 7,5 cm dari dinding atau benda lain yang mengelilinginya.
  2. Pasang monitor dekat dengan outlet yang mudah dijangkau. Putuskan sambungan monitor dengan menggenggam steker dengan kuat dan menariknya dari outlet. Jangan memutuskan sambungan monitor dengan menarik kabelnya.
  3. Matikan monitor bila tidak digunakan. Anda dapat secara berkala meningkatkan daya tahan monitor anda dengan menggunakan sebuah program screen saver dan mematikan monitor bila tidak sedang digunakan.
  4. Cabut steker listrik monitor dari outlet dinding sebelum dibersihkan.
  5. Jangan gunakan cairan pembersih atau pembersih aerosol. Gunakan kain yang lembab untuk membersihkan layar. Jika layar membutuhkan pembersihan tambahan, gunakan pembersih layar anti-statik.
  6. Slot dan lubang dalam kabinet disediakan untuk ventilasi. Lubang ini jangan sampai terhalang atau tertutupi. Jangan memasukkan benda apapun kedalam slot atau lubang kabinet.
  7. Jangan menempatkan tanaman di atas monitor. Air atau kotoran dari tanaman mungkin masuk melalui ventilasi monitor.

Cara merawat printer

perangkat keras

Langkah perawatan printer sangatlah mudah, beberapa pengalaman penulis kerusakan pada komputer sering terjadi di tipe canon MP230, berikut ini adalah perawatannya.

Cara membersihkan bagian luar printer

  1. Matikan printer, kemudian cabut kabel listrik dari bagian belakang printer.
  2. Seka bagian luar printer dengan kain halus yang sudah agak dilembabkan dengan air
  3. Jangan menggunakan jenis larutan pembersih apa pun. Pembersih dan deterjen rumah-tangga dapat merusak lapisan printer.
  4. Jangan membersihkan interior (bagian dalam) printer. Jauhkan semua cairan dari interior.

Cara merawat Printer deskjet

  1. Jangan melumasi tali logam tempat bergesernya pegangan kartrid cetak. Bunyi derau adalah normal apabila print head bergerak mundur-maju.
  2. Jika terlihat garis putih atau satu warna belang pada hasil cetak, mungkin kartrid cetak perlu dibersihkan. Lakukan pembersihan kartrid otomatis dengan menggunakan perangkat lunak yang disertakan dengan printer.
  3. Jika tiga level prosedur pembersihan kartrid otomatis telah dilakukan dan masih terlihat belang putih atau ada warna yang hilang pada halaman uji, maka mungkin perlu untuk membersihkan kontak kartrid cetak secara manual (hubungi divisi Perangkat Keras/Hardware Puskom)

Cara Merawat Printer laser

  1. Serpihan kawat staples jangan sampai terjatuh pada baki kertas atau lubang-lubang printer, karena teknologi pemanasan printer tersebut menggunakan plastic film (fuser film sleeves), sehingga mudah sekali koyak oleh benda-benda tajam dan mengakibatkan kertas lecek dan ada bercak pada hasil cetak.
  2. Jangan mencoba mencabut kertas yang “jam” dengan paksa; usahakan menarik searah saat printer mencetak. Apabila tidak bisa, lebih baik hubungi divisi Perangkat Keras/Hardware Pusat Komputer daripada dipaksa dan harus mengganti part (biasanya film dan gear) yang gampang rontok saat kertas ditarik dengan paksa.
  3. Jangan menyalakan printer terlalu lama (semalaman) tanpa dipakai.
  4. Jangan memaksakan toner yang sudah bocor untuk mencetak, karena akan menyebabkan tumpukan butiran toner pada pemanas yang berakibat menempelnya toner tersebut di heater dan pressure roller printer. Hasil print akan cacat permanen.
  5. Jika akan mencetak diatas media lain yang mengandung bahan plastik, seperti: sticker, transparancy paper, pastikan bahwa media tersebut tahan panas. jika tidak tahan panas, media bisa meleleh didalam printer dan menyebabkan kerusakan. Gunakan media yang asli dari vendor yang bersangkutan.

Cara merawat Scanner

perangkat keras

Bagi anda yang sering mengalami kerusakan pada bagian scanner yang anda miliki, berikut ini adalah beberapa cara bagaimana anda dapat merawat scanner tersebut.

Sesekali membersihkan scanner akan ikut menjamin hasil pindaian berkualitas lebih tinggi.Seberapa sering kebutuhan pemeliharaan tergantung pada beberapa faktor, termasuk jumlah penggunaan dan lingkungan.

Baca juga : cara Menghidupkan HP samsung yang mati dengan mudah

Sebaiknya lakukan pembersihan rutin sesuai kebutuhan. Bersihkan kaca scanner dalam kondisi berikut:

  1. Garis belang, goresan, atau bintik-bintik muncul pada citra.
  2. Setelah memindai dokumen yang berdebu atau kotor.
  3. Lingkungan berdebu.

Untuk membersihkan kaca scanner, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Matikan scanner, kemudian putuskan sambungan kabel USB dan kabel daya dari scanner.
  2. Buka sungkup scanner.
  3. Bersihkan kaca menggunakan kain yang lembut, tidak berbulu, dan sudah disemprot dengan pembersih kaca yang ringan, kemudian keringkan kaca menggunakan kain yang kering, lembut, dan tidak berbulu.
  4. Setelah selesai, hubungkan kembali kabel USB dan kabel daya ke scanner.

Cara merawat LCD/Proyektor

5 Model Perawatan Perangkat Keras Komputer dan Scanner

LCD atau biasa disebut dengan proyektor merupakan alat elektronik yang sering digunakan untuk presentasi baik oleh instansi maupun perusahaan, berikut ini adalah cara merawatnya agar tetap aman.

  1. Bersihkan lensa dengan menggunakan kain yang lembut, halus, dan bersih (seperti kain pembersih kacamata)
  2. Bersihkan badan proyektor menggunakan kain lembut yang bersih, khusus untuk debu yang membandel gunakan cairan pembersih khusus pada kain lap.
  3. Menyimpan proyektor sebaiknya pada tempat yang kering dan tidak terlalu lembab, lebih disarankan disimpan didalam tas aslinya.
  4. Membawa proyektor lengkap dengan tasnya ketika dipindahkan ke tempat yang jauh.
  5. Jangan membuka casing proyektor, karena didalamnya ada komponen yang tidak boleh diservis selain service center resmi.
  6. Jangan meletakkan proyektor di tempat yang tidak stabil, karena dapat jatuh atau rusak
  7. Jangan menutup lubang ventilasi dengan peralatan yang akan menghalangi proses pendinginan
  8. Jangan menggunakan pengatur keystone bagian depan lebih dari 10 derajat dan bagian belakang lebih dari 15 derajat
  9. Jangan meletakkan proyektor dalam posisi vertikal (berdiri)
  10. Jangan meletakkan peralatan lain diatas proyektor
  11. Jangan menutup lensa dengan bahan yang mudah terbakar saat proyektor hidup.
  12. Jangan meletakkan cairan didekat proyektor.
  13. Setiap 3 bulan sekali kirimkan proyektor ke Pusat Komputer untuk dilakukan perawatan.

Demikianlah perawatan perangkat keras atau biasa disebut dengan hardware yang dapat anda lakukan untuk menjaga keawetan alat elektronik anda.

Karena tidak semua barang elektronik itu awet maka lakukan perawatan diatas secara rutin, termasuk beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki IC HP anda yang rusak, karena gadget juga barang elektronik.

Jangan lupa untuk Share dan berikan komentar ya, karena masukan dari anda sangat berharga bagi kualitas tulisan kami, selamat merawat.

Contact Us