Cara melihat tipe laptop

5 Cara melihat tipe laptop paling mudah untuk semua merk

Makin banyaknya kebutuhan mengenai penggunakan perangkat laptop, juga makin banyak beberapa hal yang harus diketahui oleh sobat ilmu yang akan membe laptop. selain merawat bagaimana agar laptop tetap aman terjaga, tentunya hal yang paling penting adalah mengetahui bagaimana cara melihat tipe laptop yang benar, bisa langsung dari dalam laptop maupun dari luarnya.

Buat sobat yang sudah membeli laptop atau sedang bingung bagaimana cara melihat type laptop yang sudah sobat beli. Kali ini Buka Ilmu akan membahas mengenai beberapa cara yang bisa sobat lakukan untuk mengetahui laptop sobat tipe berapa dan menggunakan prosessor berapa.

Cara Melihat Tipe laptop melalui Dus Laptop

Cara melihat tipe laptop

cara melihat type laptop yang pertama adalah dengan melihat pada kardus laptop saaat pertama kali sobat membeli, biasanya akan ada keterangan lengkap mengenai spesifikasi laptop yang sedang sobat beli. Nah, jika sobat membeli laptop second atau bekas.

Pastikan sobat menanyakan tentang kadusnya, terlebih itu juga akan sangat bermanfaat bagi sobat ketika sedang membeli laptop second. Hal ini tentu menjadi pengaman, agar ketika di cek spesifikasi laptop dengan kardus sama, dan juga misalkan dijual kembali juga akan memperoleh nilai lebih dimana pembeli.

Baca juga : 3 Cara masuk BIOS laptop HP yang Paling Mudah

Cara Melihat Tipe laptop melalui DXDIAG

Cara melihat tipe laptop

Cara melihat tipe laptop selanjutnya adalah melaui DXDIAG yang sudah terdapat pada sistem laptop sobat, mungkin sobat akan kelihatan lebih canggih jika melihat melalui DXDIAG, karena didalamnya akan ada spesifikasi laptop sobat secara lengkap seperti RAM, VGA, Prosessor dan beberapa spesifikasi lain. Pokoknya lengkap dah.

Nah, untuk cara melihat tipe laptop melalui DXDIAG bisa sobat lakukan sebagai berikut .

  1. Tutup semua program yang sedang berjalan biar aman.
  2. Klik Start yang terdapat pada bagian kiri pojok bawah, ketik Run dan klik atau sobat juga bisa menggunakan tombol Windows + R.
  3. Setelah masuk ke menu Run, ketikkan DXDIAG pada kolom search
  4. Setelah berhasil akan tampil informasi dan spesifikasi lengkap mengenai laptop sobat
  5. Sobat juga bisa cek pada System Manufacture dan System Model, untuk mengetahui model dan tipe laptop sobat.

Baca juga : 6 Laptop ASUS yang bisa dilipat dan Touchscreen paling murah

Cara Melihat Tipe Laptop melalui System Information

Cara melihat tipe laptop

cara melihat tipe laptop berikutnya yaitu dengan menggunakan system informasi yang berada di windows, fitur ini bisa dipastikan ada semua disemua laptop yang menggunakan windows, dengan menggunakan cara ini dapat melihat tipe yang lebih detai dan lebih spesifik dari pada menggunakan DXDIAG. Berikut ini cara yang bisa sobat lakukan untuk melihat tipe melalui System Informasi.

  1. Tutup dulu beberapa program laptop yang sedang berjalan
  2. Klik Start yang berada pada bagian pojok kiri bawah
  3. Cari menu System Informasi, dengan mengetikkan “System Informasi” pada kolom pencarian di menu start tadi. Kalau udah ketemu, langsung klik System Informasi.
  4. Setelah proses berhasil akan muncul tampilan System Informasi tentang laptop sobat. Secara rinci tipe laptop sobat akan muncul pada bagian System Name, System Manufacturer, System Model dan System Type. Tinggal sobat pilih mau lihat yang bagian apa.
  5. Selain untuk melihat tipe laptop, sobat juga bisa melihat secara luas informasi mengenai laptop dengan mengklik tab di sebelah kiri pada jendela System Informasi seperti Hardware Resources, Component dan Software Environment.

Baca juga : 7 Penyebab Baterai Laptop cepat habis yang harus kamu tahu

Cara Melihat Tipe Laptop melalui BIOS

Cara melihat tipe laptop

Cara melihat tipe laptop yang ke 4 adalah melaui BIOS Laptop, BIOS atau Basic Input/Output System adalah sebuah sistem yang dibuat oleh perusahaan yang merilis laptop sebelum mulai di jual belikan di pasar laptop dunia. Jadi, secara tidak langsung laptop sobat sudah sebelum dirilis sudah di buat spesifikasinya oleh pabriknya. Nah, untuk cara melihat type laptop melalui BIOS ini bisa lakukan langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Nyalakan laptop sobat
  2. Ketika sedang proses hidup atau booting silahkan klik salah satu tombol antara F1 hingga F12, Del atau Esc sebelum proses booting selesai dan masuk ke jendela Windows. Hal ini karena pengaturan BIOS pada tiap merk laptop berbeda-beda, Oleh karena itu, sobat harus mengeceknya dengan tombol F1 hingga F12.
  3. Jika sudah bermasil masuk ke BIOS, Silahkan sobat cari System Informastion untuk melihat spesifikasi laptop sobat

Baca juga : Rekomendasi Laptop ASUS yang bagus untuk mahasiswa dan siswa SMP serta SMA

Cara Melihat Tipe Laptop melalui Control Panel

Cara melihat tipe laptop

Cara melihat tipe laptop yang terakhir adalah dengan melalui Control Panel laptop sobat, karena laptop sekarang kebanyakan sudah menggunakan windows 8 keatas maka kali ini Buka Ilmu akan membahas melalui Control Panel yang terdapat pada windows 8 ketas. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Klik Windows pada keyboard atau pilih start menu.
  2. Pilih Control Panel, dan cari dengan mengetikkan Control Panel, kemudian Enter
  3. Setelah masuk pada Control Panel, silahkan sobat pilih menu System and Security.
  4. Pilih opsi System
  5. Jika berhasil Laptop sobat akan menampilkan model dan tipe laptop dengan spesifikasi lengkap.

Demikianlah 5 Cara melihat tipe laptop yang bisa coba sobat lakukan ketika sobat bingung bagaimana cara mengetahui spesifikasi laptop sobat, dengan menggunakan cara ini mungkin akan sangat berguna bagi sobat yang ingin membeli laptop bekas atau laptop second. Baiklah untuk semua sobat ilmu dimanapun berada selamat mencoba.

Bantu share post ini ya :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest

Artikel Terbaru

Contact Us