Cara memperbaiki Keyboard Laptop

8 Cara memperbaiki Keyboard Laptop Error yang paling mudah

Halo sobat Ilmu, Buat Sobat yang lagi mengalami masalah pada keyboard laptop, pada kesempatan kali ini Buka Ilmu akan berbagai Ilmu serta Informasi terupdate mengenai Cara memperbaiki Keyboard Laptop yang benar dan tidak terlalu menyusahkan.

Sebelumnya nih, Buka Ilmu berbagi informasi ini karena ada kabar tentang beberapa kendala yang sering terjadi pada keyboard laptop sobat Ilmu, Nah mungkin disini Buka Ilmu akan lebih enak jika memberikan solusi tentang Cara memperbaiki Keyboard Laptop dengan penyebabnya.

Salahsatu penyebab utama ketika kayboard laptop tidak mau berfungsi secara tiba-tiba bisa jadi ada kesalahan teknis pada keyboard laptop bisa karena kemasukan air, terkena debu atau keyboard sudah lecet, dan beberapa hal lain yang mungkin terjadi. Nah Jika sudah seperti itu, langkah-langkah berikut ini bisa sobat ilmu lakukak ya!

Restart Laptop

Cara memperbaiki Keyboard Laptop

Langkah pertama untuk Cara memperbaiki Keyboard Laptop yang tidak berfungsi secara tiba-tiba adalah dengan melakukan restart pada Laptop sobat, karena biasanya keyboard yang tidak mau berfungsi karena adanya kegagalan system sementara.

Bisa jadi karena laptop panas atau kebanyakan cache, yang mana hal ini akan membuat laptop sobat tidak berfungsi secara tiba-tiba. Nah, Solusinya adalah silahkan sobat Ilmu Restart dulu laptopnya dan coba gunakan lagi.

Baca juga : 6+ Cara Screenshoot di Laptop ASUS yang wajib anda coba disemua windows

Cek Driver

Cara memperbaiki Keyboard Laptop

Masalah juga bisa karena Driver Laptop yang tidak update atau bisa juga Driver terkena malware atau virus, sehingga hal inilah yang menjadikan masalah pada keyboard laptop sobat. Nah, untuk Cara memperbaiki Keyboard Laptop jika yang bermasalah adalah Drivernya silahkan sobat buka dulu Device Manager kemudian lihat pada bagian keyboard.

Jika di Device Manager keyboard terdapat tanda segitiga warna kuning, sudah pasti Drivernya bermasalah. Maka solusinya adalah silahkan sobat download Driver terupdatenya di situs produksi laptop resminya, dan cara ini juga bisa menjadi solusi ketika laptop sobat keyboardnya tidak terbaca oleh laptop.

Konektor yang Lepas

Cara memperbaiki Keyboard Laptop

Setelah sobat ilmu cek driver dan ternyata tetap tidak bisa mungkin itu karena konektor laptopnya yang lepas, atau juga menekuk, rusak dan mungkin juga karena renggang sehingga keyboard tidak berfungsi meskipun drivernya sudah diupdate.

Solusinya jika sobat Ilmu mengalami hal ini adalah silahkan sobat melihat tutorialnya di You Tube ya, karena memang lebih enak dalam bentuk video langsung. Namun, apabila sobat takut malah tambah rusak mending bawa aja ke tukang servis laptop terdekat untuk mengecek.

Baca juga : 4 Cara mengatasi flashdisk minta format yang aman dan simpel

cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian

Cara memperbaiki Keyboard Laptop

System Restore adalah Cara memperbaiki Keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagain ketika terjadi masalah pada keyboard (tidak berfungsi) setelah melakukan install aplikasi atau program-program tertentu. Ini adalah masalah keyboard yang familiar ya,  karena memang sering terjadi gagal system pada konfigurasi program yang baru saja di install.

Nah, jika sobat ilmu mengalami masalah demikian solusinya adalah dengan Klik Start –> Menu –> Search –> Recovery untuk windows 7 dan 8. Sedangkan, untuk windows XP dan Vista silahkan Klik Start –> All Programs –> Accessories –> System tools –> System Restore.

Melepaskan Baterai Laptop

Cara memperbaiki Keyboard Laptop

Jika soba ilmu mengalami hal beberapa tombol keyboard yang tidak berfungsi, maka solusinya adalah mereset, agar keyboard yang tidak berfungsi tadi bisa kembali normal untuk digunakan. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Silahkan sobat ilmu Shutdown dulu laptopnya
  2. Lepaskan baterai laptop dan kabel adapternya (khusus untuk laptop dengan baterai non tanam), dan untuk baterai tanam cukup lepaskan adaptornya saja.
  3. Tekan tombol Power selama 60 detik
  4. Untuk laptop baterai non tanam silahkan masukkan lagi baterainya dan hidupkan.
  5. Tunggu proses reset dan coba lagi keyboardnya.

Mengganti Keyboard bawaan yang rusak

Cara memperbaiki Keyboard Laptop

Setelah sobat, melakukan beberap Cara memperbaiki Keyboard Laptop diatas dan ternyata tidak bisa, solusi terbaiknya adalah dengan membawanya ke tempat servis laptop dan mengganti keyboard bawaanya.

Tentunya agak mahal ya, apalagi jika sobat menggantinya dengan keyboard yang orisinil atau asli tentu harganya juga akan melambung tinggi. Namun, sepengalaman penulis nih ya, kalau udah ganti keyboard (bukan asli bawaan) biasanya enggak awet sob, pasti gak lama akan ada kendala lagi.

Baca juga : 7 Penyebab Baterai Laptop cepat habis yang harus kamu tahu

Gunakan Keyboard eksternal

Cara memperbaiki Keyboard Laptop

Solusi selain menggunakan keyboard eksternal dengan harga tinggi tapi belum tentu awetnya, mending sobat ilmu gunakan keyboard eksternal aja, dimana sobat dapat membelinya? Ada banyak kok di toko-toko online di Indonesia yang harganya sobat juga bisa milih.

Ada 2 tipe keyboard eksternal ya sob, ada yang berbentuk keyboard wireles (non kabel) dan juga ada yang berbetuk USB atau dengan kabel. Nah, Jika laptop saobat Ilmu tidak ada Bluetoothnya mending sobat pakek yang USB aja, kalau laptop sobat ada bluetoothnya bisalah pakek yang wireles.

Baca juga : 3 Cara masuk BIOS laptop HP yang Mudah dan Aman

Cara memperbaiki Keyboard Laptop Gratis tanpa biaya

Cara memperbaiki Keyboard Laptop

Keyboard On-screen mungkin bisa menjadi solusi buat sobat Ilmu yang lagi Kurmod (Kurang Modal) atau masih belum punya uang untuk membeli keyboard eksternal, yakni dengan memanfaatkan tools asli dari laptop itu sendiri, toolsnya bernama Keyboard on Screen.

Untuk mengaktikan keyboard on Screen ini sobat ilmu bisa Klik Start –> Search “On Screen Keyboard” –> enter atau Klik 2 kali. Cara menggunakannya bagaimana? Jadi, setelah sobat meng klik on screen keyboard tersebut, akan muncul keyoboard di layar laptop. Tentunya sobat akan bisa ngetik dengan mengklik hurufnya satu persatu, Buka Ilmu saranain pakek mouse aja biar enggak capek ya!

Demikain saja Cara memperbaiki Keyboard Laptop yang tiba-tiba tidak berfungsi. Yang mungkin dialami oleh sobat Ilmu ya, dan semoga dengan artikel dari Buka Ilmu ini dapat bermanfaat bagi sobat semua. Jangan Lupa share agar bisa menambah manfaatnya. Selamat mencoba ya!

Bantu share post ini ya :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest

Artikel Terbaru

Contact Us