4 Cara mengatasi flashdisk minta format yang aman dan simpel

Sahabat Buka Ilmu, buat kamu yang sering menggunakan Flashdisk, tentunya kamu pernah mengalami beberapa masalah yang sangat rumit ya!, bahkan kadang masalahnya kamu tidak mengetahui sama sekali caranya. Seperti jika tiba-tiba flashdiskmu minta format.

Apabila kamu sedang mengalami sebuah permasalahan flashdisk mintak format, berikut ini adalah cara mengatasi flashdisk minta format yang semoga bisa membantumu untuk memecahkan masalah yang sedang kamu hadapi saat ini. Berikut ulasan lengkapnya.

Menghubungkan Flashdisk dengan Port USB yang Lain

cara mengatasi flashdisk minta format

Flashdisk merupakan salah satu bagian dari driver. Jika kamu belum tahu, apa itu Driver. Driver adalah kumpulan file yang dapat menghubungkan komputer dengan Perangkat keras (Hardware). Jadi, Driver itu sangat penting untuk selalu di update.

Namun, kamu enggak perlu khawatir, karena laptop-laptop buatan saat ini sudah dilengkapi dengan setting auto update. Jadi, kamu enggak perlu bingung. Nah, lalu bagaimana jika Drivernya bermasalah atau gagal membaca Port USB?.

Maka efek yang paling sering timbul adalah flasdisk yang kamu hubungkan ke USB akan gagal dan cenderung mungcul perintah untuk memformat. Nah, salah satu cara mengatasi flashdisk minta format ini adalah dengan mencopot Flasdisknya lalu coba masukkan ke Laptop yang lain. (jangan gunakan laptop tersebut).

Baca juga : 7 Penyebab Baterai Laptop cepat habis yang harus kamu tahu

Restart Laptop

cara mengatasi flashdisk minta format

Seperti yang udah kita bahas pada cara mengatasi flashdisk minta format yang pertama. Jika Driver itu merupakan salah satu unsur penting dalam membaca Port USB terlebih adalah Flashdisk. Nah, apabila flashdisk milikmu ketika udah terpasang di Laptop.

Namun, tidak terbaca itu bukan berarti flashdiskmu mintak diformat. Tapi yang harus kamu lakukan untuk langkah pertama dalam pengamanan dari format flash disk adalah melakukan restart laptopmu. Jadi, jika hal ini terjadi di Flashdiskmu jangan terburu-buru di format. Tapi silahkan lakukan restart laptop terlebih dahulu. Oke!

Baca juga : 3 Cara masuk BIOS laptop HP dengan Mudah dan Aman pada System

Cek melalui Command Prompt (Cmd)

cara mengatasi flashdisk minta format

Jika cara mengatasi flashdisk minta format yang kedua tadi masih enggak bisa. Kamu masih bisa melakukan cara mengatasi flashdisk minta format yang ketiga ini dengan menggunakan Command Prompt (Cmd).

Jadi, Command Prompt (CMD) ini adalah setting atau system DOS yang berbentuk teks. Cara tercepat dan paling simpel menggunakan Cmd ini adalah dengan melalui Windows Explorer. Jika kamu belum tahu bahwasannya Cmd ini juga dapat dijadikan sebagai fasilitas yang bisa memperbaiki Flashdisk.

Caranya dengan buka Cmd nya lewat windows Explore. Tekan windows atau Start kemudian ketikkan di All programs CMD kemudian enter. setelah tampil lembar hitam ketikan chkdsk d:/f. dengan catatan huruf d tersebut tergantung pada disk flashdisk kamu. Jika f ya tinggal ganti dengan hruf f. kemudian silahkan tunggu hingga proses loadingnya selesai.

Baca Juga : 2 Cara Install Android Studio dan Spesifikasi Laptop yang diperlukan

Cek Flasdiskmu di komputer atau Laptop lain

cara mengatasi flashdisk minta format

Sedikit ada persamaan dengan cara mengatasi flashdisk minta format yang pertama tadi. Namun, penyebabnya berbeda. Dimana cara mengatasi flashdisk minta format yang pertama tadi adalah karena adanya kerusakan Driver atau mungkin adanya error pada hardisknya.

Nah, alasan mengapa menggunakan komputer atau laptop lain adalah, mungkin jika reaksi yang ditimbulkan ketika flashdisknya udah nancap. Tapi enggak bisa terbaca dan masuk, maka solusi paling simpel dan aman adalah menggunakan komputer yang lain.

Jadi, kamu enggak perlu pusing-pusing mikirin kenapa laptopmu, cukup gunakan komputer dan laptop yang lain, dan kamu bisa dengan mudah memperbaikinya. Setidaknya tidak akan memakan waktu lama untuk keperluanmu dengan file-file di Flashdiskmu.

Baca juga : 6+ Cara Screenshoot di Laptop ASUS yang wajib anda coba disemua windows

Demikianlah 4 cara mengatasi flashdisk minta format dengan beberapa permasalahan penting yang mungkin tidak bisa kamu jelasin dan temukan alasannya. Akhirnya, semoga 4 cara mengatasi flashdisk minta format ini bisa bermanfaat buat kamu. Jangan Lupa Share ya! agar lebih afdhal kwkwkwk. Selamat Mencoba dan Semoga berhasil yah.

Contact Us