6 Alat Kesehatan Canggih dan Terbaik yang ada di Indonesia

Berbicara mengenai Alat Kesehatan Canggih dan Terbaik yang pernah dan masih digunakan dalam bidang medis indonesia, pada artikel kali ini akan diulas secara lengkap.

Teknologi bidang kesehatan saat ini semakin berkembang seperti berikut ini Alat kesehatan canggih dan terbaik yang mampu meningkatkan tingkat kesehatan dunia.

Infusion Pump

Alat kesehatan Canggih dan terbaik

Alat Kesehatan Canggih dan Terbaik pertama yaitu Infusion Pump sebuah perangkat medis yang digunakan untuk memberikan cairan kedalam tubuh pasien dalam jumlah besar atau kecil.

Juga dapat digunakan untuk memberikan nutrisi atau obat, seperti insulin atau hormone lainnya, antibiotic, obat kemoterapi.

Serta sebagai penghilang rasa sakit dengan cara yang terkendali artinya penggunaanya harus dilakukan oleh orang mengerti dalam hal ini bisa dokter atau teknisi medis.

Cara Kerja Infusion Pump

  1. Pada saat pertama kali menggunakan, sambungkan kabel mesin ke sumber listrik selama 12 jam, mesin dalam posisi off.
  2. Sambungkan kabel power ke mesin dan sumber listrik.
  3. Tekan tombol power ON, mesin akan melakukan “self checking”, semua tombol alarm akan menyala.
  4. Display akan terbaca JJJJ atau tttt
  5. Bila display terbaca JJJJ (posisi 1), berarti harus digunakan set infus khusus pump TS*PA atau TS*PM.
  6. Bila display terbaca tttt (posisi 2),   berarti harus digunakan set infus biasa TS*A atau TK*A.
  7. Lakukan priming pada set infus, pastikan tidak ada udara di sepanjang selang.
  8. Posisikan roller klem di bawah pump.
  9. Buka pintu pump, geser klem yang terletak di bawah lalu pasang set infus dan pastikan posisi set infus dalam posisi lurus, tutup kembali pintu pump.
  10. Pasang drip sensor pada ruang penetesan (chamber) set infus, di antara permukaan cairan dan drip nozzle
  11. Tekan topmbol INFUSION SET “15”19”20”60”, sesuai dengan set infus yang digunakan.
  12. Alur kecepatan aliran (Delivery Rate) sesuai yang dikehendaki lalu tekan tombol
  13. ^^ Puluhan naik  ^  Satuan naik
  14. vv  Puluhan turun  v Satuan turun

Catatan : Untuk set infus “15”19”20 tetes/ml. Max kecepatan adalah 300 ml/jam atau 75 tetes/mt. Untuk set infus ‘60’ tetes/ml Max. kecepatan adalah 100 ml/jam atau 100 tetes/mnt

Hospital Bed Elektrik

Alat kesehatan canggih dan terbaik

Alat Kesehatan Canggih dan Terbaik selanjutnya Ranjang pasien atau tempat tidur pasien yaitu tempat tidur yang digunakan oleh seseorang yang menderita sakit biasa disebut pesakitan.

Ranjang ini dapat digunakan dirumah sakit, klinik, puskesmas atau dirumah, ranjang pasien yang digunakan oleh pesakitan.

Baca juga : Top 5 Aplikasi Bisnis Online Android Terbaik di Indonesia

Hendaklah ranjang yang nyaman dan aman agar pada saat digunakan untuk tidur seseorang yang sakit tidak merasakan kesakitan.

Ranjang pasien mempunyai beberapa jenis yang sesuai dengan kebutuhan yang dialami oleh pasien.

Ranjang pasien mempunyai beberapa tipe yaitu terdiri dari ranjang pasien 1 engkol/crank, 2 engkol/crank, 3 engkol/crank, dan Elektrik.

Fungsi dan Cara Kerja Tempat Tidur Elektrik

Dari ranjang tersebut memiliki beberapa fungsi dan manfaat masing-masing, untuk ranjang pasien.

Pada tipe 1 engkol/crank fungsinya agar posisi kepala dapat dinaikan dengan posisi kepala terlihat sedikit naik.

Pada tipe 2 engkol/crank fungsinya sama posisi kepala terlihat naik namun yang membedakan adalah posisi pada kaki dapat dinaikan terlihat seperti terlekuk keatas.

Pada tipe 3 engkol terdiri dari semua fungsi engkol 1 dan engkol 2 hanya yang membedakan adalah posisi tubuh sejajar dengan kepala dan kaki.

Jadi, 3 engkol/crank ini mempunyai fungsi yang 3 in 1, jika ranjang pasien fungsinya hanya untuk tidur dengan posisi badan yang sejajar tidak dapat dinaikan atau diturunkan.

Fungsi ranjang pasien 1 engkol adalah saat punggung atau kepala pasien lelah dengan posisi sejajar ranjang pasien 1 engkol dapat dinaikan posisi punggung atau kepala naik.

Ranjang 2 engkol bermanfaat saat posisi kaki lelah dengan posisi sejajar ranjang 2 engkol dapat dinaikan agar posisi kaki dapat sedikit naik.

Jika ranjang pasien 3 engkol memiliki manfaat yang 3 in 1 agar posisi tubuh seperti kepala atau kaki dapat dinaikan sedangkan posisi badan dapat disejajarkan.

Ventilator Mekanik

Alat Kesehatan Canggih dan Terbaik

Ventilator mekanik adalah alat pernafasan bertekanan negatif atau positif yang dapat mempertahankan ventilasi dan pemberian oksigen dalam waktu yang lama.

Ventilasi mekanik merupakan terapi defenitif pada pasien kritis yang mengalami hipoksemia dan hiperkapnia.

Ventilator adalah suatu alat system bantuan nafas secara mekanik yang di desain untuk menggantikan /menunjang fungsi pernafasan.

Ventilator mekanis adalah alat pernafasan bertekanan negative atau positif yang dapat mempertahankan ventilasi dan pemberian oksigen selama waktu yang lama.

Cara Kerja dengan Metode Weaning

  1. Minimal sedasi
  2. Hemodinamik stabil
  3. Pertahankan FiO2 50 % atau lebih rendah dengan PEEP tidak lebih dari 5-8 cmH2O.
  4. Jika pasien masih memerlukan PEEP tidak dianjurkan untuk proses weaning.
  5. Dua metode weaning yang dapat dilakukan:
  6. Weaning IMV, pengecekan Astrup 20 – 30 % menit setiap perubahan modus ventilasi mekanik.
  7. Weaning dapat menggunakan T-Piece atau respirasi spontan tanpa CPAP. Astrup dicek setelah penggunaan T-Piece selama 30 menit jika hasil lebih baik pasien dapat diekstubasi.
  8. Weaning harus dihentikan jika: Sistolik BP meningkat lebih dari 20 mmHg, HR meningkat lebih dari 20 kali/mnt atau diatas 110 kali/mnt, RR meningkat lebih dari 10 kali/mnt atau diatas 30 kali/mnt, Aritmia yang berkembang atau menjadi lebih sering, PaO2 turun kurang dari 60 torr, PCO2 naik diatas 50 torr, pH turun di bawah 7,3

Catatan: naiknya PA pressure sering merupakan catatan pertama abnormalitas hemodinamik pada pasien yang tidak toleran terhadap weaning. Tanda klinis pertama pada weaning yang efektif tachipneu.

Mela Find : Scanner Kanker

Alat Kesehatan Canggih dan Terbaik

Alat ini berfungsi sebagai detektor yang mampu membedakan tahi lalat yang tidak berbahaya dengan kanker kulit (melanoma).

Sejenis kanker mematikan yang menyerang kulit dan memiliki bentuk mirip tahi lalat namun, akan terus berkembang dan berbahaya.

Pemeriksaan melanoma ini umumnya menggunakan sampel jaringan atau lebih sering disebut biopsi.

Namun, terkadang prosedur tersebut dianggap tidak efektif karena bisa saja tahi lalat yang dicurigai sebagai kanker ternyata tidaklah berbahaya.

Peralatan ini memanfaatkan teknologi fotografi dengan berbagai jenis panjang gelombang elektromagnet.

Kemudian data yang didapat dicocokkan dengan database melanoma yang telah dikumpulkan sebelumnya.

Cara kerja Mela Find

Cara kerja alat ini ialah dengan memanfaatkan teknologi fotografi serta menggunakan gelombang elektromagnet sebagai alat untuk mengindikasi penyakit tersebut.

Kemudian data yang sudah didapatkan tersebut dicocokan dengan sekumpulan data atau database melanoma yang telah dikumpulkan sebelumnya pada alat ini.

Dibalik Alat Kesehatan Canggih dan Terbaik yang dimiliki oleh alat MelaFind ini, Melafind masih juga memiliki kekurangan.

Dalam pemeriksaan melanoma umumnya menggunakan sampel jaringan atau biopsi dari bagian kanker si penderita,

Namun terkadang prosedur tersebut diangkap tidak efektif dan kurang tepat karena bisa saja tahi lalat yang dicurigai sebagai kanker tersebut tidaklah berbahaya dan mematikan.

Tapi anda tidak perlu khawatir, pasalnya departemen kesehatan internasional saat ini sedang mengembangkan alat yang bernama Melafind ini agar jauh lebih sempurna lagi.

Baca juga : Top 4 Aplikasi Nonton Film Premium Terbaik

kabarnya juga setelah alat ini sudah benar-benar tidak ada kecacatan dalan sistem maupun pemrogramannya akan dipasarkan keseluruh penjuru rumah sakit didunia.

Elektrokardiogram

Alat Kesehatan Canggih dan Terbaik

Alat Kesehatan Canggih dan Terbaik berikutnya bernama Elektrokardiogram (EKG) sebuah alat tes sederhana untuk mengukur dan merekam aktivitas listrik jantung. Tes ini menggunakan mesin pendeteksi impuls listrik yang disebut elektrokardiograf.

Elektrokardiograf akan menerjemahkan impuls listrik menjadi grafik yang ditampilkan pada layar pemantau.

EKG tidak menyakitkan karena tanpa pengaliran arus listrik dan tanpa sayatan (noninvasif).

Dokter akan menempelkan elektrode, umumnya berjumlah 10 atau 12 buah, berbahan plastik dan berukuran kecil, di dada, lengan, dan tungkai.

Elektrode disambungkan dengan kabel ke mesin elektrokardiograf. Kelistrikan jantung kemudian diukur dan dicetak oleh mesin EKG.

Cara Kerja Elektrokardiogram

Elektrokardiogram (EKG) umumnya berlangsung 5-8 menit. Tes ini bisa dilakukan di rumah sakit atau klinik yang memiliki fasilitas pemeriksaan EKG.

Biasa proses pengerjaannya biasa dilakukan oleh perawat. Sebelum berbaring di tempat tidur pasien akan diminta untuk melepaskan pakaian atas.

Serta melepas aksesoris atau benda yang terdapat dalam kantong pakaian yang mungkin dapat mempengaruhi hasil pemeriksan.

Setelah berbaring di tempat tidur, elektrode-elektrode akan ditempelkan di dada, lengan, dan tungkai pasien.

Hindari melakukan pembicaraan dan menggerakkan anggota bagian tubuh karena hal itu dapat mengacaukan hasil tes.

Tiap kabel elektrode tersambung ke mesin EKG dan akan merekam aktivitas kelistrikan jantung.

Dokter akan menginterpretasi aktivitas kelistrikan jantung berdasarkan gelombang yang ditampilkan di layar pemantau dan akan dicetak pada kertas.

Finger Pulse Oximetry

Alat Kesehatan Canggih dan Terbaik

Alat Kesehatan Canggih dan Terbaik yang satu ini bernama Pulse oximetry yakni prosedur sederhana dan murah yang digunakan untuk mengukur kadar oksigen dalam darah tanpa perlu memasukkan alat apa pun ke dalam tubuh.

Tingkat kepekatan oksigen harus selalu berada di atas 95 persen. Namun, kepekatan oksigen bisa jadi lebih rendah jika menderita penyakit jantung bawaan atau pernapasan.

Persentase kepekatan oksigen dapat diukur menggunakan pulse oximeter (alat pengukur kadar oksigen dalam darah).

Alat sensor berbentuk penjepit yang diletakkan pada bagian tubuh yang tipis, misalnya daun telinga atau hidung.

Cara kerja finger pulse oximeter

Oximeter menggunakan sifat hemoglobin yang mampu menyerap cahaya dan denyut alami aliran darah di dalam arteri untuk mengukur kadar oksigen pada tubuh.

Sebuah Alat Kesehatan Canggih dan Terbaik yang dinamakan probe memiliki sumber cahaya, pendeteksi cahaya, dan mikroprosesor yang dapat membandingkan dan menghitung perbedaan hemoglobin.

Satu sisi probe mengandung sumber cahaya dengan dua jenis yang berbeda: merah dan ifnframerah.

Kedua jenis cahaya tersebut disebarkan melalui jaringan tubuh menuju pendeteksi cahaya yang terdapat pada sisi lain probe.

Hemoglobin yang lebih kaya akan oksigen menyerap lebih banyak cahaya inframerah, sedangkan yang tidak memiliki oksigen akan menyerap cahaya merah.

Mikroprosesor pada probe menghitung perbedaan kadar oksigen dan mengubah informasi tersebut ke dalam nilai digital.

Nilai tersebut kemudian ditaksir untuk mementukan jumlah oksigen yang dibawa oleh darah disini yang dimaksud adalah sel darah merah atau hemoglobin.

Untuk pengukuran penyerapan cahaya biasanya relatif dibuat beberapa kali setiap detiknya.

Pengukuran alat kesehatan canggih dan terbaik oleh mesin untuk memberikan gambaran baru setiap 0,5-1 detik.

Baca juga : Top 5 Smartphone dengan Kamera Terbaik di Indonesia Tahun ini

Gambaran selama 3 detik terakhir dalam proses pemeriksaan adalah nilai rata-rata yang akan keluar.

Demikianlah alat kesehatan canggih dan terbaik yang mampu meningkatkan teknologi bidang kesehatan.

Buat kamu yang ingin menetahui lebih tentang fungsi dan cara kerja alat – alat kesehatan canggih dan terbaik jangan lupa share ya.

Contact Us