6 Urutan Chipset Terbaik yang terdapat pada Smartphone Canggih Dunia

Jika mungkin anda sedang berkeinginan untuk membeli sebuah smartphone, selain fitur canggih yang wajib menjadi ukuran adalah perangkat systemnya apakah menggunakan chipset terbaik ataukah tidak.

Nah, pada artikel kali ini buka ilmu akan membahas tentang apa saja urutan chipset terbaik yang digunakan dalam system android.

Apa itu Chipset?

Chipset terbaik

Jadi, Chipset adalah sebuah prosesor atau biasa dikenal dengan CPU (Central Processor Unit) yang berfungsi sebagai Pusat pengendali (Master of Glen) atau otak adri semua proses kinerja mesin.

Memang pada awalnya Chipset atau Prosessor ini terdapat pada Perangkat Komputer (PC). Namun, sejak ditemukan smartphone chipset juga digunakan pada system smartphone.

Apalagi jika kita lihat saat ini para pemilik perusahaan smartphone sedang berlomba-lomba menyempurnakan systemnya dengan mengembangkan chipset terbaik nya.

Sebagai contoh kecil awal ponsel adalah ponsel biasa. Namun, ketika chipsetnya di kembangkan maka ponsel tersebut akan lebih canggih, sehingga jadilah sebutan smartphone (Ponsel pintar).

Urutan chipset terbaik

Berikut ini adalah urutan chipset terbaik yang banyak digunakan pada system smartphone pada saat ini.

Qualcomm Snapdragon

Chipset terbaik

Dikenal sebagai chipset yang saat ini sudah diklaim dengan system kualitas dari berbagai seri SoC nya.

Chipset Qualcomm Snapdragon saat ini menjadi salah satu chipset yang berkelas. Hal ini dibuktikan dengan adanya produk-produk smartphone yang memanfaatkannya untuk fitur unggulan.

Sedangkan, Qualcomm ini mengguanakan GPU Andreno dengan beberapa tingkatan seperti Adreno 130, Adreno 200, Adreno 220, Adreno 225 hingga Adreno 330.

Mediatek

urutan chipset terbaik

Pernah menjadi produsen yang terfokus untuk jumlah loading yang banyak, juga dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau.

Sempat dulu mediate menjadi chipset yang kurang bagus karena tidak akan bisa menyaingi Qualcom snapdragon.

Namun, belakangan ini mediate telah merilis sebuah produk baru (MT6735). Dengan kemampuan Soc (System on Chip) sebesar 64-bit yang didukung Prosessor quad core GPU dan ARM yang kemampuannya sudah mendekati kemampuan chipset Qualcomm.

Intel Atom

chipset terbaik

Memiliki keunggulan teknologi thread yang menggunakan CPu dual Core seakan-akan memiliki empat inti utama.

Itulah alas an Intel atom ini menjadi salah satu chipset terbaik. Smartphone yang menggunakan prosesor intel seperti Lenovo K900, ASUS Zenfone dan lain-lain.

OMAP

urutan chipset terbaik

Mungkin kita akan sedikit asing dengan salah satu urutan chipset terbaik ini, karena Prosesor OMAP adalah Produk dari Texas Instrumen.

Namun, jangan salah, OMAP ini telah digunakan pada prosesor beberapa smartphone handal seperti SAMSUNG Galaxy Nexus, Hwawei Ascend P1 S dan Tab Archos.

Yang menjadi kelebihan OMAP ini adalah proses tampilan situs atau website pada internet mirip dengan tampilan website di Perangkat Komputer (PC).

Dengan kata lain Prosesor OMAP sangat friendly terhadap user interface yang lebih cepat dan menggunakan besaran daya yang kecil.

Nvidia Tegra

chipset terbaik

Berfokus pada kekuatan prosesor yang khusus membidangi game. Prosesor Nvidia sangat mendukung bagi anda para gamers.

Ini terjadi karena, Nvidia tegra menghadirkan membawa jumlah core yang sangat efektif, sebagaimana adanya smartphone yang menjalankan game berat dengan lancer.

Dengan menjalankan aplikasi berat semua inti prosesor bekerja dengan baik, jika menjalankan aplikasi ringan hanya menjalankan satu inti prosesor.

Untuk tegra, pertama kali dikenalkan untuk media player Zune HD 2008 dengan beberapa jenis diantaranya tegra 2, tegra 3, tegra 4 dan tegra K1.

Exynos

urutan chipset terbaik

Chipset eksklusif ini adalah chipset terbaik milik SAMSUNG Ltd. Jadi, Prosesor Exynos hanya khusus untuk perangkat premium produk SAMSUNG. Lihat : HP SAMSUNG Terbaru dengan Chipset Canggih

Chipset Exynos Samsung menawarkan performa yang mirip dengan Qualcomm Snapdragon sehingga Chipset ini mejadi khas dari produk SAMSUNG.

Prosesor Exynos ini juga disempurnakan dengan GPU dan ARM Mali-400 yang memiliki kelebihan Tampilan Game 3D serta Multitasking.

Saat ini beberapa jenis smartphone yang menggunakan GPU ARM MaliĀ  telah mecapai 95% di Dunia.

Dan Jenis GPU Mali yang tercepat yaitu GPU ARM Mali versi T-720. Namun, saying banyak smartphone yang tidak menggunakan GPU versi T-720.

Itulah urutan Chipset terbaik yang saat ini banyak digunakan pada prosesor smartphone di dunia.

Jika anda sedang mencari smartphone yang harus anda jadikan pertimbangan adalah fiturnya juga yang tidak kalah penting adalah prosesor SoC nya.

Contact Us