Pengenalan Microsoft Word 2010 Lengkap untuk Pemula

Microsoft word 2010 merupakan perangkat lunak (software) office versi 14, yang resmi di luncurkan pada bulan April 2010, inilah pengenalan microsoft word 2010.

Pada Pengenalan Microsoft Word 2010 Versi ini adalah penerus microsoft office yang sudah dirilis sebelumnya: office 2000, office xp (2002), office 2003, dan office 2007.

Pengenalan Microsoft Word 2010 Microsoft office 2010 tersedia dalam beberapa paket edisi yang berbeda yaitu: edisi starter, home and student, home and business,standard professional, professional academic, dan professional plus.

Baca juga : Cara membuat daftar pustaka pada microsoft Office Word 2010 

Perbedaan dalam setiap edisi office ada pada kelengkapan aplikasi dan harganya, berikut perbedaan dari kelengkapan aplikasinya:

Pengenalan microsoft word 2010

Di lihat dari tampilan dan program- program aplikasi nya Microsoft Office 2010 hampir sama dengan Microsoft Office 2007.

Yaitu dirancang untuk dapat bekerja sama serta berkolaborasi sebagai suatu program aplikasi tunggal yang diharapkan mampu menyelesaikan berbagai pekerjaan anda sehari-hari dengan lebih efisien dan efektif.

Pengenalan Microsoft Word 2010 merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi sebagai pengolah kata (Word Processor).

Microsoft word akan membantu anda mulai dari membuat surat yang sederhana sampai membuat laporan yang lengkap dengan berbagai format tampilan.

Termasuk membuat dokumen berbentuk kolom, membuat tabel, membuat dokumen atau surat yang akan didistribusikan secara masal (mail merge).

Serta masih banyak lagi yang dapat anda buat pada program aplikasi Microsofr Office Word 2010 ini.

Cara menjalan Microsoft Word

Untuk memulai atau menjalankan program aplikasi Microsoft Word 2010, langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Klik icon Windows pada pojok bawah yang ada di taskbar
  • Plih dan klik menu All Program > Microsoft Office> Microsoft Word 2010
  • Tunggu sampai jendela kerja program aplikasi Microsoft Word ditampilkan.
  • Pada saat anda memulai program aplikasi Microsoft Word 2010, secara otomatis dokumen baru yang masih kosong yang diberi nama Document 1 akan muncul dan siap anda gunakan.

Bagian – Bagian Microsoft Word

Pengenalan microsoft word 2010

Menu Ribbon

Pengenalan Microsoft Word 2010 yang pertama yaitu Menu Ribbon adalah cara yang bagus untuk membantu memahami perubahan antara Microsoft 2003 ke Microsoft 2010.

Ribbon memegang semua informasi dalam versi sebelumnya dari Microsoft Office dengan cara garis streaming lebih visual melalui serangkaian tab yang dengan berbagai fitur. Untuk pengaksesan ribbon dapat dilakukan dengan mouse (klik pada tab yang diinginkan) atau dengan menekan tombol F10 (tampil huruf atau angka pada ribbon).

Baca juga : Cara membuat daftar pustaka dari internet

Tab Home

Ini adalah tab yang paling banyak digunakan, itu menggabungkan semua fitur format teks seperti font dan perubahan paragraf.

Tab Insert

Tab ini memungkinkan untuk memasukkan berbagai item ke dalam dokumen dari gambar, clip art, tabel dan header dan footer.

Tab Page LayOut

Tab ini memiliki perintah-perintah untuk mengatur elemen halaman seperti margin,
orientasi, menyisipkan kolom, latar belakang halaman dan tema.

Tab Reference

Tab ini memiliki perintah untuk digunakan saat membuat Daftar Isi dan halaman kutipan untuk kertas.Ini menyediakan banyak solusi sederhana untuk menghasilkan dokumen.

Tab Mailings

Tab ini memungkinkan dokumen untuk mengirimkan surat seperti mencetak amplop , label dan gabungan pengolahan surat.

Tab Review

Tab ini memungkinkan membuat perubahan ke dokumen karena masalah ejaan dan tata bahasa.

Hal ini juga memegang fitur melacak perubahan yang menyediakan orang- orang
dengan kemampuan untuk membuat catatan dan perubahan dokumen orang lain.

Tab View

Tab ini memungkinkan Kita untuk mengubah tampilan dokumen kita ke dokumen dua halaman yang berbeda atau memperbesar/ memperkecil.

Cara mengoperasikan Dokumen

Berikut ini adalah cara mengoperasikan dokumen pada pengenalan microsoft word 2010.

Membuat Dokumen Baru di Microsoft Word 2010

Dalam Pengenalan Microsoft Word 2010 anda dapat membuat dokumen baru yang masih kosong, dengan menggunakan langkah -langkah berikut ini:

  • Klik tab File, kemudian klik New atau tekan tombol Ctrl+N pada keyboard. Kotak dialog New Document akan ditampilkan seperti dibawah ini.

Pengenalan microsoft word 2010

  • Pilih dan klik Blank Document kemudian klik tombol perintah create atau double klik pada Blank Document.
  • Maka akan muncul dukumen baru yang masih kosong, anda dapat mulai mengetik dengan keyboard (papan ketik).

Menyimpan Dokumen di Microsoft Word 2010

Penyimpanan dilakukan agar dokumen tidak hilang ketika komputer dimatikan, semua hasil pekerjaan anda pada program aplikasi Ms.Word 2010.

Pengenalan Microsoft Word 2010 ketika menyimpan dokumen, dapat anda simpan dengan menggunakan langkah berikut ini:

  • Klik tab File kemudian klik Save atau Save As atau tekan tombol Ctrl+S.
  • Pilih tempat penyimpanan dokumen, tentukan lokasi folder.
  • Pada kotak isian File Name, ketikkan nama file yang anda inginkan.
  • Apabila diperlukan anda dapat memilih jenis dan bentuk format penyimpanan file
  • Pada tombol daftar pilihan Save as Type
  • Klik tombol perintah Save

Catatan :

– Untuk menyimpan ulang dokumen yang pernah disimpan dengan menggunakan nama yang sama klik Save atau tekan tombol Ctrl+S pada keyboard

Baca juga : Cara membuat daftar pustaka dari jurnal

– Jika anda bermaksud untuk menyimpan dokumen, yang pernah anda simpan dengan nama yang lain/ berbeda pilih dan klik tab File lalu klik Save As

Membuka Dokumen pada Microsoft Word 2010

Untuk membuka kembali file dokumen , yang ada atau yang pernah dibuat sebelumnya, ikuti langkah berikut:

  • Klik tab File , kemudian klik open atau tekan tombol Ctrl+O
  • Pada tombol daftar pilihan Look in, pilih drive dan folder tempat dimana file tersimpan.
  • Anda juga dapat membuka kembali file yang tersimpan pada folder tertentu yang terdapat pada folder bar. Untuk menampilakan isi folder yang ada pada folder bar, cukup dilakukan dengan cara mengklik icon foldernya.
  • Pada kotak isian File Name, ketikkan nama file dokumen yang anda inginkan atau klik dua kali pada nama file yang anda inginkan.
  • Apabila diperlukan pada tombol daftar pilihan Files of Type , anda dapat memilih jenis dan bentuk format penyimpanan file yang ingin ditampilakan atau dibuka kembali
  • Klik tombol perintah Open

Menutup Dokumen pada Microsoft Word 2010

Apabila dokumen telah selesai dan tidak akan anda edit lagi, anda dapat menutupnya dengan memilih dan mengklik tab File kemudian klik tombol Close

Demikianlah pengenalan microsoft word 2010 yang dapat anda praktikan sembari belajar menguasai microsoft word. Selamat mencoba dan memahami Pengenalan Microsoft Word 2010, jangan lupa share dan komen ya, karena masukan dari anda sangat berharga bagi penulis. Terimakasih

Contact Us