5 Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang wajib kamu tahu

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memiliki catatan sejarah yang begitu gemilang, tak bisa dipungkiri bahwa teknologi kian hari makin berkembang.

Beberapa perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dicatat berdasarkan media yang yang dipakai.

Sebagai contoh jika dulu waktu ditemukannya Local Area Network, hingga terus berkembang hingga diciptakannya mesin pencari yang hari ini populer di dunia yaitu Google.

Bukan hanya sekedar mesin pencari, tapi dari google itulah muncul beberapa pengamanan media massa online seperti Algoritma Google.

Berikut ini adalah beberapa perkembangan teknologi yang sudah tercatat dan di klasifikasikan berdasarkan alat media yang dipakai di tiap eranya.

Perkembangan Media Komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam sejarah ilmu pengetahuan, ketika manusia belum menggunakan ilmu pengetahuan kira-kira 600 tahun SM.

Baru kemudian ketika manusia mulai mengenal logos (ilmu pengetahuan), dimulai dari lahirnya pemikiran-pemikiran yang menolak mistik.

Segala jenis transmisi, termasuk sistem pos berkuda, telegraf, telepon, teleks faksimile, pos elektronis (e-mail), telepon video, penyeranta.

Hingga telepon bergerak sampai dengan telepon video bergerak (seluler 3G) Internet mulai ditemukan dan diperkenalkan di masyarakat.

Baca juga : Perkembangan Teknologi Jaringan Wireles

Kecuali sistem pos berkuda, cara-cara komunikasi lainnya belum muncul hingga hampir 100 tahun yang lalu.

Komunikasi Sistem Pos Kuda

Teknologi Informasi dan Komunikasi di Tiongkok zaman dahulu mengandalkan sistem pos berkuda. Pesan-pesan dikirimkan oleh para penunggang kuda.

Setiap kali seorang tukang pos tiba di kantor kurir, ia pindah ke kuda lainnya agar ia dapat menempuh jarak kira-kira 500 kilometer dalam satu hari.

Tiongkok zaman dahulu sangat luas tetapi belum memiliki jaringan telekomunikasi, sehingga sistem pos berkuda dapat dianggap metode transmisi yang sangat nyaman dan cepat.

Telepon /Telegraf

Alexander Graham Bell, seorang Skotlandia yang belakangan berimigrasi ke Amerika Serikat. Berhasil menemukan Teknologi Informasi dan Komunikasi berbentuk telepon dan sukses menggunakan fasilitas teleponnya untuk mentransmisikan suara pada tanggal 10 Maret 1876.

Walaupun jarak transmisinya hanya beberapa kaki, itulah untuk pertama kalinya manusia dapat berbicara seketika (real-time) kepada orang-orang yang jauh. Ketika prestasi ini diulangi pada bulan Juni 1876, jarak liputannya baru beberapa ratus kaki.

Teleks /Faximile (Fax)

Teknologi Informasi dan Komunikasi Teleks dikembangkan langsung setelah telepon. Teleks menggunakan sambungan telepon dan mengharuskan baik pengirim maupun penerima memiliki alat yang sama.

Dengan sebual- keyboard, sang pengirim mengetik pesan dalam bahasa sederhana, dan seketika itu juga, mesin penerimanya akan mencetak pesannya.

Teleks juga dapat mengirimkan teks seketika (real-time), sehingga menjadi alat komersial yang bermanfaat.

Short Message Service (SMS)

Pada tahun 90-an berkembang Teknologi Informasi dan Komunikasi mesin pager yang laku keras di pasar. Berbagai perusahaan station pager berperan besar terhadap perkembangan teknologi ini.

Cara kerja SMS pager ini adalah seorang dapat mengirimkan pesan kepada orang lain yang memiliki pesawat pager.

Sehingga dengan menggunakan telepon yang digunakan untuk menghubungi stasiun radio pager, kemudian melalui operator pager ia dapat mengirim pesannya.

Surat Elektronik (E Mail)

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Internet menciptakan berbagai diversifikasi teknologi transmisi, antara lain e-mail.

Lewat Teknologi Informasi dan Komunikasi e-mail, kita akan dapat mentransfer pesan-pesan secara cepat ke berbagai tempat di dunia.

Selain mengirim surat, dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi e-mail orang bisa saling mengirim gambar, mengirim kartu ucapan selamat.

Bahkan saling mengirim apa saja yang berhubungan dengan data dan gambar (yang saat ini kita sebut file ini) biasanya digunakan pada sosial media marketing.

Telepon Video dan Telepon Bergerak

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi berikutnya, telepon seluler tidak saja berfungsi sebagai teknologi komunikasi.

Baca juga : 11 Teknologi Terbaru di Indonesia yang Canggih

Namun juga menjadi multimedia yang dapat menyediakan segala macam kebutuhan, baik sebagai media penyimpanan.

Media processing maupun sebagai media penyiaran yang dapat secara real-time berfungsi sebagaimana media transmisi.

Saat ini, dengan kemampuan telepon seluler 3G, konsep telepon seluler telah menghancurkan konsep-konsep media massa yang serba statis.

Karena seseorang dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi telepon selulernya telah dapat menyiarkan sebuah pemberitaan kepada semua orang yang memiliki telepon seluler.

Perkembangan Media Informasi

Transmisi Teknologi Informasi dan Komunikasi yang kedua adalah media penyiaran, yaitu transmisi dari satu orang ke banyak orang.

Media penyiaran yang digunakan manusia mencakup teriakan, papan pengumuman, tabuhan drum, surat kabar dan majalah, radio, TV (nirkabel, kabel atau satelit, telepon seluler dan Internet), dan ada banyak lagi.

Media-media ini memiliki ciri-ciri serta cakupannya sendiri. Media-media penyiaran yang canggih saat ini adalah satelit berorbit rendah, TV satelit, telepon seluler yang mudah dibawa ke mana-mana, dan Internet.

Suara, Papan Pengumuman, dan Tabuhan Drum

Pada masyarakat tradisional suara, papan pengumuman dan tabuhan drum digunakai untuk menyampaikan berita.

Seperti tentang perintah bekerja, ada peristiwa, bahagia, kesenangan, tarian, ada musuh, ada bahaya, maupun perang.

Pada masyarakat Islam, sejak lama, menggunakan tabuhan drum beduk untuk menunjukkan sudah masuk waktu shalat.

Sampai saat ini tabuhan drum masih digunakan oleh masyarakat tertentu untuk berbagai kebutuhan mentransmisikan pesan kepada banyak orang.

Surat Kabar dan Majalah

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Surat kabar (ataupun majalah) adalah kelanjutan dari teknologi teks dan grafis yang sudah ditemukan beberapa abad yang lalu.

Karena itu, surat kabar dan majalah hanya mentransmisikan informasi berupa teks dan grafis.

Namun surat kabar menjadi populer carena sifatnya yang sederhana menyebabkan ia hampir-hampir tak ergantikan oleh media apa pun.

Konon selama Dinasti Tang di Tiongkok, ada surat kabar resmi yang dibatasi bagi pejabat-pejabat istana.

Namun secara spektakuler, surat kabar dan majalah muncul kira-kira pada abad ke-I5, ketika Elegi Gutenberg menemukan mesin cetak pada tahun 1450.

Walaupun kemampuan mesin cetak tersebut masih sangat sederhana, namun temuan itu menjadi awal dari kebangkitan media pada abad-abad berikutnya.

Radio

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Hal berikut berbeda dengan surat kabar dan majalah, radio hanya mentransmisikan suara termasuk musik.

Pada mulanya gelombang radio ditemukan pada tahun 1887 di Jerman oleh Heinrich Hertz.

Segingga temuan ini memudahkan jalan bagi Guglielmo Marconi untuk menemukan sistem komunikasi tanpa kabel yang pertama pada tahun 1895 .

Untuk menghasilkan temuan radio dengan suara yang bagus dari datar, maka temuan-temuan mikrofon dan tabung audio berikutnya
menjadi sangat penting.

Televisi

Vladimir Kosma Zworykin menemukan ikonoskop yang dapat memproyeksikan gambar ke layar berupa sel-sel foto-elektrik yang berada di dasar sebuah tabung katoda.

Penemuan ikonoskop inilah yang menjadi cikal bakal tabung televisi modern yang digunakan saat ini.

Telepon Seluler

Telepon seluler generasi ketiga (3G), seperti yang disinggung di atas, memiliki teknologi
multimedia dan pemancar dengan menggunakan gelombang radio.

Sehingga telepon seluler memiliki kemampuan mentransmisikan pesan secara real-time. Saat ini seseorang yang ingin menginformasikan pesan kepada orang lain.

Sehingga dapat menggunakan telepon selulernya untuk menyiarkan informasi itu kepada siapa saja yang nomor teleponnya ada dalam selulernya.

Black Berry

BlackBerry dan seluler adalah sama namun BlackBerry adalah generasi baru dari seluler yang lebih progresif mengadopsi Internet.

Karena itu BlackBerry memiliki kemampuan mengakses Internet seperti di monitor komputer.

Sehingga memudahkan warga kosmopolitan beraktivitas dengar seluler bahkan dengan sesama pengguna black berry.

Demikianlah sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang di klasifikasikan sesuai dengan perkembangan masanya.

Jangan lupa share dan berikan komentar ya, karena masukan dari anda sangat berharga bagi kualitas kami. Terimakasih

Tinggalkan komentar

Contact Us