Berbisnis di tahun 2021? Wajib Coba Sosial media marketing adalah solusinya

Sedang ramai dibicarakan sosial media marketing adalah alasan berkembangnya berbagai media sosial di indonesia, beberapa diantaranya adalah media sosial baru.

Sosial media marketing adalah proses meraih kunjungan pengguna internet sebaganyak- banyaknya ke situs tertentu atau perhatian khalayak ramai melalui situs sosial media.

Kegiatan pemasaran dengan menggunakan Sosial media marketing adalah berdasar pada produk sebuah perusahaan untuk menciptakan konten yang menarik perhatian khalayak ramai.

Sehingga dapat mendorong pembaca atau visitor untuk membagikan konten tersebut melalui jejaring media sosial milik mereka.

Berikut ini sosial media marketing yang saat ini populer dan banyak para marketer dunia menggunakannya untuk bisnis.

Facebook

Sosial media marketing adalah

Sosial media marketing adalah Facebook Inc. merupakan sebuah layanan media sosial yang  berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat dan dirilis pada bulan Februari 2004.

Baca juga : Top 3 Affiliate Marketing terbaik dan terpercaya

Facebook Inc. didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama dengan teman sekamarnya yaitu mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes.

Cara memulai Facebook Marketing

Berikut ini Sosial media marketing adalah adalah cara atau langkah – langkah untuk memulai facebook marketing.

1.Buat Halaman Facebook

Untuk memulainya anda membuat halaman page terlebih dahulu yang mana kemudian anda arahkan untuk memilih salah satu dari beberapa kategori yang tersedia. Perlu diingat bahwa beda kategori maka berbeda pula fitur yang disajikan pada page facebook tersebut.

2. Gunakan model page pesaing sebagai referensi

Jika waktu membuat anda belum yakin dengan model page yang dipilih, maka sebaiknya untuk mencari referensi lainnya seperti melihat dari halaman pesaing Anda. Perlu diingat bahwa pesaing yang dimaksud adalah memiliki like dan komentar terbanyak bukan dari jumlah follower

3. Gunakan Nama Brand Produk

Masukkan nama brand yang sudah Anda tetapkan sebelumnya. Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk membuat nama sebuah brand. Seperti gunakan nama brand, singkat (2-3 kata optimal) dan jangan menggunakan nama sesuai dengan jenis produk atau layanan.

4. Lengkapi profil dan deskripsi brand produk

Amda harus melengkapi profil mulai dari deskripsi, URL, foto, cover dan beberapa keterangan tambahan yang dibutuhkan. ikuti langkah langkah berikut ini.

  • Profil picture, pastikan untuk menggunakan logo dengan resolusi yang tinggi.
  • Cover, anda harus menggunakan gambar yang menarik tentu saja dengan resolusi yang tinggi.
  • About us, pada laman ini Anda harus menjelaskan terkait bisnis Anda dengan singkat dan menarik.

Instagram

Sosial media marketing adalah

Instagram merupakan aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai jejaring sosial.

Cara memulai Instagram marketing

Berikut ini adalah cara atau langkah untuk memulai instagram marketing yang dapat anda coba.

1. Gunakan Akun Instagram Bisnis

Instagram bisnis (Instagram for Business) didalamnya mempunyai beberapa fitur yang tak ada di akun Instagram pribadi.

Baca juga : Top 3 Fasilitas Google untuk Pendidikan

Beberapa di antaranya Anda bisa membuat Instagram Adsense serta Anda juga bisa mengakses Insights instagramnya.

2. Optimasi Profil untuk Bisnis

Profil yang bagus dan profesional bisa mengubah calon konsumen menjadi konsumen tetap.

3. Gunakan username yang simpel dan mudah dikenali

Manfaat menggunakan username dengan nama bisnis. Selain agar mudah ditemukan, orang-orang juga tak akan salah tag saat posting atau berkomentar.

4. Gunakan foto Profil Brand

Gunakanlah foto profil yang menggambarkan brand atau bisnis Anda. Karens, akun bisnis menggunakan logo bisnis/perusahaan sebagai foto profil mereka.

5. Tulis Bio yang Menarik dan Informatif

Tulislah bio yang menjelaskan apa bisnis Anda serta manfaat yang akan didapatkan oleh konsumen.

6. Ketahui Jenis Postingan di Instagram

Setelah Anda menggunakan akun bisnis, kini  saatnya untuk membuat konten-konten berkualitas.

Konten tersebut dibagi menjadi empat, yakni feed Instagram, Instagram Stories, Instagram Live, dan Instagram TV.

Twitter

Sosial media marketing adalah

Twitter sosial media marketing adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks.

Teks pada twitter hingga 140 karakter akan tetapi pada tanggal 07 November 2017 bertambah hingga 280 karakter yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet).

Cara memulai Twitter Marketing

Sosial media marketing adalah cara atau langkah untuk memulai twitter marketing yang dapat anda lakukan.

1. Maksimalkan Profil

Tampilan profil merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Ibarat orang, profil adalah wajah dari usaha Anda. Bagian itulah yang pertama kali dilihat dan menentukan reputasi bisnis Anda.

2. Gunakan Username Bisnis

Pastikan Anda menggunakan username yang sesuai dengan nama usaha Anda. Jika memungkinkan, pilihlah username yang pendek.

Sehingga Anda akan menghemat karakter tweet. Username pendek juga cenderung mudah diingat dan praktis ketika akan disebut di dalam tweet.

3. Gunakan Foto Profil bisnis

Gunakanlah logo usaha Anda sebagai profile picture Twitter. Ini adalah cara termudah untuk meningkatkan branding dan reputasi usaha Anda.

4. Perindah Header Image

Gunakan untuk memperkuat reputasi usaha dengan memamerkan penghargaan dan pencapaian, promosi dan produk terbaru, atau sekedar tagline

5. Gunakan Bio yang Jelas

Ketika menulis bio, Anda perlu fokus memperkenalkan apa usaha Anda dan apa yang Anda lakukan.

You Tube

Sosial media marketing adalah

Sosial media marketing adalah YouTube sebagai sebuah situs web yang dirancang untuk berbagi video. Jutaan pengguna dari seluruh dunia telah membuat akun youtube. Sehingga mereka bisa mulai untuk upload video agar dapat ditonton pengguna di seluruh dunia.

Cara memulai You Tube Marketing

Berikut ini adalah cara atau langkah untuk memulai you tube marketing bagi newbie atau pemula.

1. Maksimalkan Kualitas Suara Agar Nyaman Didengar

Usahakan suara yang mengiringi visual dalam video tidak kalah oleh musik latar ataupun terganggu suara-suara dari lingkungan.

2. Sertakan Lighting Yang Bagus Dalam Proses Shooting

Ketika merekam video dalam ruangan maka Anda perlu pencahayaan yang memadai dengan pencahayaan yang tepat maka hasilnya pun tak kalah bagus.

3. Gunakan Teknik Jump Cut Dalam Editing Video

Teknik Jump cut merupakan pemotongan adegan dalam video yang lalu disambung dengan adegan atau sudut pengambilan yang berbeda.

4. Gunakan Kamera Untuk Proses Perekaman

Sosial media marketing adalah menggunakan kamera yang memiliki kualitas memadai. Sesuaikan saja dengan ketersediaan budget Anda saat ini.

Baca juga : Top 4 Aplikasi terbaik untuk rapat online

Jadi, kesimpulannya media marketing adalah langkah yang tepat untuk anda menaikkan kualitas atau menambah sarana bisnis anda sehingga pendapatan memuncak. Buat anda yang masih newbie atau masih baru memulai sebuah bisnis saya sarankan Sosial media marketing adalah menggunakan sosial media marketing. Jangan lupa share dan komen di kolom komentar, Terimakasih

Contact Us