Alat Pelebur Emas Sederhana dan Ramah Lingkungan

Saat ini emas adalah pacuan penentuan inflasi atau deflasi dolar tentunya emas tidak ditemukan dengan bentuk seperti sekarang, emas harus di lebur dahulu, inilah alat pelebur emas sederhana.

Pengertian Emas

Emas Asli

Emas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au dan nomor atom 79. Sebuah logam transisi (trivalen dan univalen) yang lembek, mengkilap, kuning, berat, “malleable”, dan “ductile”.

Baca juga : Cara Setting konfigurasi Internet Download Manager ( IDM )

Emas tidak bereaksi dengan zat kimia lainnya tetapi terserang oleh klorin, fluorin dan aqua regia. Emas adalah logam mulia yang sering ditampilkan dalam perhiasan, serta benda-benda dekoratif lainnya.

Perhiasan dan pengrajin emas sering meleburnya dan dituang atau sebaliknya membentuk kembali ke bentuk-bentuk baru.

Untuk benar2 melebur emas, Anda harus sudah memiliki pengetahuan dasar dan komposisi titik leburnya, serta alat yang tepat, peralatan dan teknik.

Komposisi Emas

Macam – macam emas dalam berbagai karat seperti emas 10K, 14K, 18K dan 24K. Emas juga dapat dilihat dalam berbagai warna seperti merah, hijau, putih dan kuning.

Perbedaan Karat dan warna emas karena mengandung logam yang berbeda. Bahkan, satu-satunya jenis emas yang murni artinya, tidak mengandung logam lainnya seperti emas 24 karat adalah emas kuning.

Delapan belas karat emas kuning juga mengandung perak dan tembaga, sedangkan 10 karat kuning emas mengandung perak dan tembaga dalam jumlah yang lebih besar.

Sedangkan Emas hijau mengandung emas dan perak, sementara emas merah mengandung emas dan tembaga.

Perbedaan-perbedaan dalam komposisi emas ini menjelaskan mengapa berbagai jenis emas memiliki titik lebur dan warna yang berbeda – beda.

Titik Lebur Emas

Alat pengkur emas

Sebuah titik lebur emas adalah jumlah derajat Farenheit (°F) di mana emas akan mencair. Titik leleh emas tergantung pada komposisi atau tipe emas.

Sebagai contoh, 18 karat emas kuning memiliki titik lebur 1.700 °F (derajat Fahrenheit). 14 karat kuning emas memiliki titik lebur 1.615 °F (derajat Fahrenheit).

Baca Juga : Cara Menggunakan Internet Gratis tanpa Kuota

Sepuluh karat emas putih memiliki titik lebur 1.975 °F (derajat Fahrenheit). Seperti yang dapat ketahui, semakin murni emas, semakin rendah suhu yang diperlukan untuk mencairkan itu.

Sehingga diperlukan waktu yang lebih lama untuk melelehkan emas yang sudah dicampur dengan logam lain.

Wadah untuk Melebur Emas

Wadah pelebur logam

Sebuah wadah untuk melwbur emas adalah wadah berbentuk kubah di mana logam mencair. Sebuah wadah sangat tahan panas artinya, dapat mencerminkan panas kembali ke logam.

Sebelum melebur dalam sebuah wadah emas, Anda harus memastikan bahwa wadah tersebut sudah bersih sehingga emas tidak menjadi tercemar.

Juga pastikan bahwa wadah untuk menuangkan terbuka, karena anda kemungkinan akan menuangkan emas yang sudah mencair ke dalam cetakan semacam.

Jenis Api Pelebur Emas

Jenis api untuk melelehkan emas, anda membutuhkan sebuah obor yang dapat menaikkan suhu yang cukup tinggi untuk melebur emas tersebut.

Obor Gas Butana, Obor Gas propana dan obor gas oxy-asetilen adalah pilihan yang baik untuk peleburan emas. Karena, obor gas tersebut memiliki derajat farenheit yang tinggi.

Sebuah obor gas butana dapat mencapai suhu 2.500 °F (derajat Fahrenheit). Obor gas propana dapat mencapai suhu setinggi 3.600 °F (derajat Fahrenheit).

Sebuah obor gas oxy-acetylene, yang juga disebut sebagai gas oxy-obor, dapat menggabungkan asetilena dengan oksigen, dan mendapat menikkan panas hingga 6.300 °F (derajat Fahrenheit).

Alat Pelebur Emas

Alat pelebur emasAlat pelebur emas sederhana

Anda juga perlu fluks suatu zat boraks yang terbuat dari logam yang membantu meleleh mengalir lebih baik dan mengaduk batang – batang terbuat dari kaca – dengan mana Anda dapat menggerakkan emas hingga meleleh.

Teknik Peleburan Emas

1. Jika Anda telah menempatkan emas yang ingin Anda lebur ke dalam wadah, kemudian tambahkan sejumput fluks kedalam wadah yang berisi emas tersebut.

2. Kemudian nyalakan obor Anda dan sesuaikan api sehingga tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Arahkan api langsung ke emas dan pastikan emas benar-benar tertutup oleh api dari obor tersebut.

Gunakan batang aduk untuk memindahkan emas yang sudah mencair tersebut sehingga emas akan mencair secepat mungkin kemudian tuangkan ke dalam cetakan segera setelah itu meleleh.

Menyolder Leburan Emas

Menyolder adalah proses bergabung bersama dua keping logam dengan logam pengisi yang mencair dan menyebabkan itu mengalir ke gabungan dari dua keping logam.

The filler logam juga disebut sebagai “solder” dan memiliki titik lebur yang lebih rendah daripada logam yang akan mudah untuk digabung.

Baca juga : Langkah – langkah untuk menghidupkan laptop ASUS yang mati secara tiba – tiba

Solder ini sangat berguna dalam pembuatan perhiasan, di mana ia digunakan untuk memperbaiki rantai emas yang rusak juga untuk pembuatan perhiasan.

Ada beberapa teknik pada alat pelebur emas sederhana yang dapat membantu anda untuk mensolder perhiasan emas yang efisien.

1. Campurkan 1 sdm.boraks dengan beberapa tetes air untuk membuat pasta encer yang dapat Anda sikat ke sendi emas yang akan .

2. Gunakan kuas untuk menyikat fluks boraks ke sendi dan keping-keping emas yang terhubung dan kemudian membuka solder emas ke dalam chip kecil dan meletakkannya diatas boraks berubah.

3. Fluks boraks memungkinkan solder cair dan mengalir secara merata ke sendi, sehingga yang solder akan mudah untuk meleburkan emas dan membentuk perhiasan emas yang sempurna.

Penggunaan Pickle

Pickle adalah alat terpenting dalam pematerian karena membersihkan kekeruhan dan penambah kilauan pada perhiasan yang disebabkan oleh proses pematerian.

Setelah selesai menyolder, gunakan pinset untuk mengambil emas dan mencelupkan ke dalam larutan Pickle, hal ini agar dapat menghapus semua residu dari perhiasan, hingga bersih dan mengkilap.

Namun, karena larutan pickle sangat beracun, anda dapat membuat sendiri dengan larutan alternatif yang memiliki efek pembersih emas dengan tingkat yang sama.

Caranya adalah dengan menggunakan tawas . Larutkan 1 sdm tawas dengan ¼ cangkir air untuk membuat perhiasan yang lebih aman dan tidak beracun.

Demikianlah alat pelebur emas sederhana yang dapat anda lakukan, ingat utamakan keselamatan dan kesehatan ketika melebur emas, mengingat senyawa leburan emas sangat berbahaya.

Gunakan masker agar senyawa leburan emas tidak terbawa dan terhirup hingga ke paru – paru anda, selamat mencoba jangan lupa share ya. Terimakasih.

Kategori Tak Berkategori

Tinggalkan komentar

Contact Us