6+ Cara Screenshot di Laptop ASUS untuk semua Windows

Terkadang ketika kita membuat suatu artikel atau sedang menulis tentang tata cara kebingungan jika harus Screenshoot, berikut ini adalah cara screenshot di laptop asus.

Meskipun ini berjudul laptop asus, tapi beberapa cara berikut ini dapat juga anda praktekkan di selain laptop asus, intinya cara – cara berikut ini adalah cara umum.

Baiklah langsung saja berikut adalah cara screenshot di laptop asus atau juga di laptop umum ya.

Cara Screenshot di Laptop Asus dengan Komniasi Tombol

cara screenshot di laptop asus

Selain cara screenshot dilaptop asus diatas terdapat beberapa kombinasi tombol di keyboard yang dapat anda coba untuk melakukan screenshot.

Kombinasi Tombol Screen Shoot 1

Cara screenshot di laptop ASUS yang pertama ini adalah dengan menggunakan tombol Print Screen yang dalam bahasa indonesia yaitu mencetak tampilan layar.

Nah, sebelum lebih jauh membahas tentang tutorial ini, alangkah lebih baiknya anda lihat semua keyboard dulu silahkan anda cari tombol PrtSc SysRq

setelah ketemu perlu di ingat pada cara ini tombol tersebut adalah berfungsi sebagai tombol Screenshot. Lalu ikuti langkah berikut ini.

  1. Buka File yang akan anda Screenshot terlebih dahulu.
  2. Silahkan anda tekan tombol PrtSc SysRq
  3. Silahkan anda buka microsoft Office (Bisa Ms. Word atau Excel bahkan Power Point). Jika anda tidak bisa silahkan lihat : cara memulai microsoft Excel, Word dan Power point
  4. Silahkan anda Paste (Ctrl + V) di microsoft Office tersebut
  5. Silahkan anda edit untuk memfokuskan objek yang akan anda ambil dari screenshot tersebut.

Terkadang bagi pemula yang belum faham menggunakan microsoft word silahkan anda belajar di Cara Membuat naskah di Microsoft Word.

Setelah selesai maka anda sudah melakukan screenshot dengan cara simple ini ya!

Kombinasi Tombol Screenshot 2

Cara hampir sama dengan cara yang diatas namun hasilnya berbeda, berbedanya dimana? berbedanya jika pada cara yang pertama harus melakukan paste (Ctrl+v) di Microsoft atau grafis.

Tapi cara berikut ini tidak perlu, karena anda langsung bisa membukanya di folder screenshoot. bagaimana caranya? yuk simak berikut ini.

  1. Silahkan anda membuka File yang akan di Screenshot
  2. Tekan tombol PrtSc SysRq + Windows
  3. Setelah itu, jangan kaget karena laptop anda akan berkedip sebagai simbol screenshot
  4. carilah folder screenshot di pencarian All Programs atau di Local Disk C

Setelah anda temukan folernya anda bisa langsung crop untuk mengambil bagian yang menjadi tujuan utama screenshot.

Kombinasi Tombol Screenshot 3

Pada Cara screenshot di laptop asus dengan menggunakan kombinasi PrtSc SysRq + Alt meskipun sama dengan menggunakan tombol print screen.

Namun, gambar screenshot yang dihasilkan berbeda. Apa bedanya? Jika pada 2 cara diatas gambar screenshot yang dihasilkan adalah semua gambar hingga Task barnya.

Nah, dengan cara ini yang masuk kedalam gambar screenshotnya hanyalah pada bagian File yang anda buka sehingga anda tidak perlu crop lagi.

Cara screenshot di laptop asus ini adalah sebagai berikut :

  1. Silahkan anda buka file yang akan anda screenshot
  2. Silahkan anda menekan kombinasi Tombol PrtSc SysRq + Alt
  3. Silahkan anda pastekan di semua tool microsoft Office atau grafis
  4. File Objek yang anda screenshot telah berhasil

Cara Screenshot di Laptop ASUS menggunakan Aplikasi

cara screenshot di laptop asus

Selain cara screenshot di Laptop ASUS manual diatas misalkan anda mengalami masalah pada keyboard, anda bisa menginstall aplikasi yang dikhususkan untuk screenshot maupun video screen.

Cara Screenshot di Laptop ASUS dengan Lightshot

Aplikasi screenshot di laptop ASUS ini dapat kamu install terlebih dahulu, caranya sangat mudah untuk dilakukan. Karena aplikasi screenshot ini tampilannya simpel.

  1. Caranya silahkan anda Download dulu Aplikasi Lightshot ini (Tombolnya ada di bawah Point ini ya).
  2. Setelah terdownload sempurna silahkan anda install
  3. Kemudian, klik selesai dan terlebih dahulu anda buka aplikasinya
  4. setelah itu Buka file yang akan anda screenshot
  5. setelah terbuka silahkan anda klik Icon Lightshot di menu taskbar
  6. Pilihlah area mana yang akan anda eksekusi.
  7. Simpanlah sesuai format yang anda pakai bisa Jpg atau PNG

Aplikasi Lightshot ini berukuran kecil yaitu sekitar 4-5 MB dan bisa anda install pada laptop produk windows maupun Mac.

Disini penulis hanya memberikan anda rekomendasi aplikasi screenshot Lightshot. Mengapa? karena aplikasi Lightshot ini sangat jarang mengalami masalah.

Selain itu Lightshot ini juga kompatibel dengan berbagai windows, baik itu Windows 7, Windows 8 hingga 12 yang terbaru saat ini.

Dengan ukuran yang kecil dan tampilan yang sederhana, bagi anda yang pemula saya rasa akan sangat menjadi mudah dalam menggunakannya.

Download Lighstshot for Windows & Mac

Cara Screenshot di Laptop ASUS dengan Tombol Rahasia

Disini saya memberi subjudul cara screenshot di laptop ASUSU dengan Tombol Rahasia kenapa? karena memang jarang orang yang tau fungsi tombol ini.

Bagaimana caranya? nih, saya kasih tau anda rahasianya.

Tombol Screenshot Rahasia 1

Cara Screenshot pada Laptop berikut ini ditujukan karena adanaya guncangan atau lebih tepatnya berubahnya kadar cahaya file yang akan di eksekusi.

Jadi, bisa diperkirakan cara ibi hasilnya hampir sama dengan cara anda mengambil screenshot di smartphone atau tab.

Cara untuk melakukan ini silahkan anda tekan tombol Windows dan tekan tombol volume menurun, maka nanti kadar intensitas cahaya menurun dan seketika itu screenshot dilakukan.

Note : Cara ini sekarang hanya berfungsi pada Tablet ASUS dan Laptop ASUS layar sentuh, selain itu tidak bisa.

Tombol Screenshot Rahasia 2

Cara Screenshot ini adalah cara yang jarang orang tau. karena tujuan dari screenshot ini adalah men-captureseluruh layar pada file yang akan anda screenshot kemudian, di share.

Jadi, Terlbih dahulu anda lakukan Screenshot dengan menekan tombol Windows+ H setelah proses screenshot, Windows pada laptop anda akan menampilkan Windows Share toolbar.

Kemudian, Windows akan men-screenshoot file yang anda eksekusi dan anda akan dibawa ke Windows Share toolbar. Sehingga, anda bisa langsung membaginya lewat Facebook, Twitter, email, dan media yang lain.

Demikianlah cara screenshot di laptop ASUS yang dapat membantu anda untuk belajar lebih banyak lagi dalam masalah capture screen di laptop.

Jika anda mengalami masalah atau apa yang anda lakukan gagal anda bisa langsung bertanya di kolom komentar atau bisa juga lewat WA saya di Contact us. Terimakasih

 

Kategori Tak Berkategori

Contact Us